Tetap Hidup Sehat, Hindari 5 Penyakit yang Mengincar Ibu Rumah Tangga

Tetap Hidup Sehat, Hindari 5 Penyakit yang Mengincar Ibu Rumah Tangga

Halodoc, Jakarta - Tidak pernah mudah menjadi ibu rumah tangga. Tidak mengherankan, segala pekerjaan yang berkaitan dengan rumah menjadi tanggung jawabnya. Belum lagi mengurus sang buah hati. Jika tidak dilakukan dengan sabar, menjadi ibu rumah tangga tak lebih dianggap sebagai beban.  Jangan sampai karena hal ini, hidup sehat menjadi tidak bisa dijalani.

Beban tanggung jawab sebagai seorang ibu rumah tangga memang terbilang berat. Inilah mengapa, wajib bagi ibu rumah tangga untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Pasalnya, ada banyak penyakit yang mengintai para ibu rumah tangga. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

  • Kelelahan

Bekerja mengurus rumah, seperti bersih-bersih dan memanjakan sang buah hati tentu menguras waktu, terlebih tenaga. Sudah pasti, lelah tubuh tak dapat dihindari. Meski dibebankan pekerjaan rumah yang seperti tak ada habisnya, ibu tetap harus beristirahat, tidak memaksakan diri dengan terus bekerja.

Berikan jeda setiap ibu selesai melakukan satu pekerjaan, misalnya menyapu dan mengepel lantai rumah. Duduklah sebentar dengan menyesap teh hangat, sebelum ibu melanjutkan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Sempatkan pula tidur siang, agar tubuh kembali fit untuk beraktivitas pada sore hari.

  • Stres

Tidak hanya memberi jeda setiap akan menyelesaikan pekerjaan rumah lain, ibu perlu menyisihkan waktu untuk memanjakan diri, seperti pergi ke salon, berbelanja, atau sekadar berjalan-jalan atau berlibur ke tempat favorit. Menghibur diri sendiri di tengah banyaknya tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga membuat ibu terhindar dari stres.

Pasalnya, stres ternyata lebih sering terjadi pada ibu rumah tangga dibandingkan dengan wanita karier. Terlebih jika hanya berkutat pada tugas rumah dan tidak menyisihkan waktu untuk bersosialisasi atau melakukan hobi untuk hiburan diri. Jika dibiarkan, ibu bisa mengalami depresi.

  • Nyeri Otot

Jangan berlebihan ketika bekerja, tetap jalani hidup sehat karena ibu rumah tangga punya kemampuan maksimalnya. Hampir semua pekerjaan rumah tangga menuntut pergerakan fisik, dan jika dilakukan berlebihan, kondisi ini membuat ibu mudah mengalami nyeri otot. Apalagi jika ibu tidak terbiasa bekerja terlalu keras.

Nyeri otot bisa sembuh dengan sendirinya, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi komplikasi yang lebih serius jika ibu tidak mengistirahatkan tubuh. Apabila ibu mulai merasa nyeri pada otot tubuh, hentikan pekerjaan dan beristirahatlah. Kompres area yang sakit dengan air hangat atau gunakan krim pereda nyeri.

  • Perlemakan Hati

Gaya hidup yang tidak sehat mampu membuat penyakit rentan menyerang. Luangkan waktu sejenak dan perhatikan bagaimana pola hidup ibu. Apakah ibu sudah makan dengan teratur? Apakah asupan nutrisi tubuh ibu sudah terpenuhi? Bagaimana dengan asupan cairan hariannya?

Ibu perlu tahu, pola hidup tak sehat, terlebih yang berhubungan dengan makanan, bisa memicu terjadinya penyakit pada bagian saluran pencernaan. Salah satunya adalah perlemakan hati. Pola makan dan asupan makanan yang tidak diperhatikan bisa menyebabkan ibu mengalami kelebihan berat badan.

  • Sakit Kepala

Sakit kepala menjadi penyakit yang paling sering mengganggu. Gangguan kesehatan ini ternyata lebih sering terjadi pada wanita, tak terkecuali ibu rumah tangga. Kondisi ini erat kaitannya dengan pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang berperan penting terhadap aktivitas kimiawi yang terjadi di otak. Sakit kepala sering terjadi ketika wanita mengalami menstruasi.

Itu tadi beberapa penyakit yang mengincar ibu rumah tangga yang perlu diketahui. Jangan memaksakan diri, tetap jalani hidup sehat dengan istirahat dan pola makan yang baik, agar terhindar dari penyakit. Konsumsi suplemen untuk menunjang imunitas tubuh. Supaya lebih mudah, ibu bisa membelinya melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Baca juga: