Tetap Sehat Meskipun Duduk Seharian, Lakukan 4 Cara Ini!

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tetap Sehat Meskipun Duduk Seharian, Lakukan 4 Cara Ini!

Halodoc, Jakarta - Pekerjaan di kota-kota besar kini kebanyakan memaksa seseorang untuk duduk seharian menatap layar komputer. Apalagi jika pekerjaan yang mereka lakukan jarang mewajibkan mereka untuk bertemu orang lain, selama hampir delapan jam sehari seseorang hanya duduk. Meski terlihat santai, tetapi ini bukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Sebagai salah satu langkah untuk hidup sehat adalah banyak bergerak. Beberapa penyakit yang terjadi akibat terlalu banyak duduk tersebut, antara lain ambeien, nyeri otot leher, nyeri punggung dan pinggang, serta obesitas.

Baca juga: 5 Kebiasaan Kerja yang Bisa Picu Penyakit

Buat kamu yang ingin tetap sehat meski duduk seharian di kantor, yuk simak tips sehat yang bisa dilakukan berikut ini:

  • Minum Menggunakan Cangkir

Supaya kamu tetap aktif bergerak, disarankan agar kamu memilih minum menggunakan cangkir. Sebab minum menggunakan cangkir akan membuat kamu lebih sering jalan untuk mengambil air ketimbang membawa botol minum. Dengan minum menggunakan cangkir, kamu akan bangun, berdiri, dan berjalan dari tempat duduk untuk mengisi cangkir kembali dengan air putih lebih sering. Terdengar sepele tetapi tindakan sederhana ini ampuh membuat kamu tetap aktif bergerak walaupun pekerjaan memaksa untuk banyak duduk. 

  • Lakukan Olahraga Sederhana

Duduk seharian bukan alasan kamu tidak banyak bergerak. Kamu bisa menyempatkan diri untuk melakukan peregangan sederhana, bahkan ini bisa dilakukan sambil duduk. Beberapa gerakan peregangan membantu kamu mengurangi tekanan, stres, sekaligus ketegangan pada otot tubuh. Alhasil, kamu terbebas dari nyeri otot. Nah, ini jenis rekomendasi gerakan peregangan yang bisa dilakukan di kantor supaya tetap sehat, yaitu:

  • Leg extension. Coba duduk tegak di kursi dan angkat satu kaki lurus ke depan. Kamu harus menahannya dalam tiga hitungan dan ulangi pada kaki yang satunya. Kamu bisa lakukan sebanyak 3 set dengan 10 kali pengulangan di setiap kaki.
  • Arm Circles. Tetaplah duduk dalam posisi tegak, kemudian rentangkan tangan ke arah samping, membentuk huruf T. Kamu bisa memutar pundak ke depan sebanyak 20 kali putaran dan ke belakang dengan jumlah yang sama. Setelah itu, ulangi gerakan sebanyak 2 hingga 3 kali agar tidak sakit leher. 
  • Seated press up. Gerakan ini perlu dilakukan di kursi yang tanpa roda agar lebih aman. Duduklah tegak dengan telapak kaki menempel di lantai. Kemudian letakkan tangan di samping tubuh sehingga menyentuh pegangan. Dengan menumpu pada tangan dan kaki, kamu bisa mengangkat tubuh sehingga bokong sedikit melayang di atas bangku. Tahan tubuh di atas sebanyak 3 hitungan, kemudian kembali letakkan bokong ke kursi. Kamu bisa melakukannya sebanyak 10 kali pengulangan.

Untuk jenis olahraga lain yang mungkin bisa mengatasi rasa lelah saat bekerja, kamu bisa bertanya pada dokter di Halodoc. Hanya dengan smartphone, kamu bisa bicara langsung dengan dokter untuk menyampaikan keluhan kesehatan kamu di mana saja dan kapan saja. Baca juga: 5 Cara Diet Sehat Bagi yang Selalu Sibuk Bekerja

  • Kurangi Camilan Tinggi Garam dan Gula.

Obesitas adalah masalah serius yang mungkin terjadi pada para pekerja kantoran yang hampir sepanjang hari duduk. Risiko ini juga meningkat apabila kamu kerap konsumsi makanan tinggi garam dan gula tanpa terkendali. Apalagi jika hal ini sampai menyebabkan kolesterol dan tekanan darah naik, gangguan kesehatan seperti masalah jantung bisa jadi masalah tersendiri.

  • Perhatikan Posisi Duduk.

Beberapa hal seperti posisi duduk, letak keyboard, dan layar komputer yang salah juga ternyata mampu sebabkan masalah otot dan postur tubuh yang buruk. Oleh karena itu, pastikan agar kamu mengatur posisinya supaya tubuh tetap sehat dan postur tubuh tidak menjadi bungkuk. Pastikan agar tidak duduk dengan tubuh yang terlalu condong ke depan, belakang, maupun ke samping. Posisikan keyboard, monitor, dan mouse kamu ada di lokasi yang tepat. Pastikan monitor juga tidak jauh supaya pandangan tetap nyaman. 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. 10 Tips to Improve Your Health at Work. 
Prevention. Diakses pada 2019.  9 Exercises You Can Do While Sitting Down.