03 January 2019

5 Cara Diet Sehat Bagi yang Selalu Sibuk Bekerja

5 Cara Diet Sehat Bagi yang Selalu Sibuk Bekerja

Halodoc, Jakarta - Kecanggihan teknologi di zaman modern ini membuat hidup terasa lebih mudah. Kecanggihan ini juga membuat hidup lebih sibuk, lebih cepat dengan tuntutan yang lebih beragam, membuat waktu untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh tersisa lebih sedikit.

Nyatanya, ketika kamu berada pada tingkatan stres terdalam dan tenggat kerja yang tidak ada habisnya, adalah ketika tubuh kamu paling membutuhkan olahraga dan nutrisi yang baik. Namun, dengan segala kesibukan yang kamu jalani setiap hari, menciptakan gaya hidup sehat seperti hal yang tidak mungkin. Nah, supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, coba ikuti cara diet sehat berikut ini.

  • Awali Hari dengan Baik, Biasakan Sarapan

Kesibukan sering membuat kamu lupa sarapan, terlebih jika semalam kamu lembur dan harus begadang, membuat kamu bangun kesiangan keesokan harinya. Padahal, sarapan jelas penting untuk memberikan energi pada tubuh dan membantu mengontrol gula darah. Meski begitu, kamu perlu memperhatikan asupan nutrisi untuk sarapan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Kerja yang Bisa Picu Penyakit

Sebisa mungkin, hindari makan sarapan yang tinggi karbohidrat dan gula. Seperti yang dituliskan dalam laman naturallysavvy, sarapan sehat yang bisa kamu pilih adalah mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat dan protein, serta mengandung lemak baik. Pilihannya seperti gandum, oatmeal, sereal gandum, buah-buahan, sayuran, dan yoghurt.

  • Jangan Bergantung pada Kafein

Kopi menjadi minuman favorit kaum milenial beberapa waktu terakhir ini. Sepertinya, hari terasa lebih buruk tanpa kopi. Padahal, sebaliknya, kopi tidak seharusnya menjadi andalan. Konsumsi kopi berlebihan dapat membebani hati dan membuat dehidrasi karena bersifat diuretik. Selain itu, minum kopi disinyalir meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Cara diet sehat yang baik adalah dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan kopi dalam berbagai menu makanan dan minuman sehari-hari kamu. Sebagai gantinya, kamu bisa konsumsi teh hijau, teh ginseng, teh oolong, atau teh peppermint yang baik untuk detoksifikasi tubuh.

Baca juga: 7 Risiko Penyakit di Tempat Kerja

  • Jaga Asupan Cairan

Tidak hanya nutrisi, asupan cairan harian perlu diperhatikan. Sibuk kerja membuat kamu lupa minum. Jika dibiarkan, ini membuat kamu dehidrasi, apalagi kalau kamu bergantung pada kopi untuk membantu pikiran tetap berkonsentrasi. Laman health24 memberikan tips sederhana, yaitu menyiapkan sebotol air minum di meja kerjamu. Jika habis, carilah dispenser yang letaknya tidak terlalu dekat dengan tempat kamu duduk, supaya kamu bisa berjalan dan mengistirahatkan tubuh sejenak.

  • Sediakan Camilan Sehat

Keinginan untuk makan camilan tertentu sering kali menjadi sebab gagalnya diet sehat yang kamu lakukan. Jadi, mulai sekarang hilangkan pikiran bahwa kamu ingin mengonsumsi makanan tertentu, terlebih jika jam-jam coffee break sore. Solusinya, sediakan camilan sehat di meja, seperti snack bar, oatmeal, kacang panggang, yoghurt atau biskuit gandum dan coklat hitam.

  • Hindari Soda

Cara diet sehat terakhir yang bisa kamu coba adalah menghindari konsumsi minuman bersoda. Seperti yang ditulis pada laman healthline, minuman bersoda tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan tinggi kandungan gula. Konsumsi berlebihan bisa membuat kamu rentan mengalami penyakit diabetes tipe 2 dan menyebabkan gigi mudah rusak.

Baca juga: Orang Kantoran Bisa Kena Fibrilasi Atrium Kalau Terlalu Stres Kerja

Itu tadi beberapa cara diet sehat yang bisa kamu lakukan meski pekerjaan seperti tidak ada habisnya. Pastikan daya tahan tubuh tetap terjadi dengan konsumsi vitamin. Supaya lebih mudah, pesan lewat layanan Beli Obat dari Halodoc. Segera download aplikasi Halodoc, yuk!