Timun Bisa Mengatasi Tukak Lambung, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Timun Bisa Mengatasi Tukak Lambung, Benarkah?

Haldoc, Jakarta – Timun banyak dikonsumsi sebagai lalapan dan sering ditemukan pada acar. Sama seperti jenis sayuran lain, timun punya banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya mengatasi dehidrasi, mengendalikan tekanan darah, menyehatkan jantung, menguatkan tulang, mengatasi iritasi kulit, menghilangkan kantung mata, mengatasi bau mulut, hingga meredakan nyeri sendi. Tapi, benarkah timun bisa membantu mengatasi tukak lambung? Ini faktanya.

Baca Juga: Sering Ditemukan pada Acar, Apa Sebenarnya Manfaat Timun?

Manfaat Timun untuk Atasi Tukak Lambung Masih Dipertanyakan

Anggapan timun bisa mengatasi tukak lambung muncul dari beberapa ahli, seperti ahli gizi bernama Priyam Ahuja dan ahli pengobatan herbal bernama Dr. Jeff Warber. Para ahli tersebut berpendapat bahwa timun memiliki kemampuan alkali yang bisa mencegah gastritis kambuh. Namun, anggapan tersebut belum terbukti secara ilmiah karena pada sebagian orang, konsumsi timun dapat memicu iritasi lambung yang berujung pada tukak lambung.

Coba Cara Ini untuk Atasi Tukak Lambung

Timun belum terbukti ampuh mengatasi tukak lambung. Maka itu, kamu bisa mencoba cara lain untuk mengatasi tukak lambung, yaitu di antaranya:

1. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin A dan C

Makanan sumber vitamin A antara lain wortel, brokoli, bayam, paprika merah, dan ubi jalar. Sedangkan makanan sumber vitamin C antara lain jeruk, stroberi, kiwi, kubis, kembang kol, dan pepaya. Meski vitamin A dan C bisa didapatkan dari suplemen tambahan, kamu lebih dianjurkan mendapatkannya dari buah, sayuran, dan makanan lainnya.

2. Makanan Sumber Probiotik

Tukak lambung bisa disebabkan oleh H. pylori. Itulah alasan kamu dianjurkan konsumsi makanan dan minuman sumber probiotik yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi bakteri. Asupan probiotik bisa diperoleh dengan mengonsumsi yogurt, tempe, kimchi, dan kefir.

3. Batasi Alkohol dan Berhenti Merokok

Batasi konsumsi alkohol harian dan berhenti kebiasaan merokok untuk mengatasi tukak lambung. Pasalnya, kedua kebiasaan ini bisa menipiskan selaput pelindung dinding lambung.  

4. Hindari Konsumsi Susu

Tidak semua pengidap tukak lambung perlu menghindari konsumsi susu. Pada sebagian orang, susu bisa meredakan nyeri perut akibat tukak lambung. Susu fermentasi diduga menurunkan risiko tukak lambung dibandingkan susu murni. Meski begitu, kamu perlu berbicara pada dokter untuk memastikan boleh atau tidaknya konsumsi susu.

Baca Juga: 4 Cara Pilih Makanan Terbaik untuk Pengidap Maag

5. Rutin Cuci Tangan

Tukak lambung disebabkan oleh infeksi bakteri. Maka itu, kamu dianjurkan untuk rutin cuci tangan untuk mencegah infeksi bakteri yang bisa memperparah gejala tukak lambung. Waktu cuci tangan yang diprioritaskan adalah sebelum makan, saat menyiapkan makanan, sebelum menyentuh wajah, setelah menyentuh hewan, dan setelah dari toilet.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Maag

Itulah hal yang perlu diketahui tentang manfaat timun untuk atasi tukak lambung. Kalau kamu mengidap tukak lambung dan sering kambuh, segera bicara pada dokter Halodoc untuk mencari cara penanganan yang lain. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!