• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Ampuh untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk

Tips Ampuh untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tips Ampuh untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk

“Nyatanya, bukan hanya mengonsumsi secangkir kopi saja lho yang bisa menghilangkan rasa kantuk. Kamu bahkan bisa mengusirnya hanya dengan melakukan beberapa langkah sederhana.”

Halodoc, Jakarta – Salah satu langkah mujarab untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan mencukupi waktu tidur. Idealnya, orang dewasa harus mencukupi waktu tidur selama 7–9 jam setiap malam jika tidak ingin kantuk menyerang di siang hari. Lantas, bagaimana jika kantuk datang di siang hari? Berikut ini beberapa langkah sederhana untuk menghilangkan rasa ngantuk:

Baca juga: 4 Mitos Lamanya Waktu Tidur yang Perlu Diluruskan

1. Tidur Siang

tidur siang yang cukup

Untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan tidur siang dilakukan di bawah jam 3 sore. Jika lebih dari itu, jam tidur malam bisa saja terganggu. Jangan lupa untuk setel alarm agar kamu bisa melanjutkan kegiatan setelahnya.

2. Minum Air Putih

minum air putih

Lelah menjadi salah satu pemicu kantuk. Penyebabnya sendiri karena tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik. Untuk menghilangkan rasa ngantuk, disarankan untuk mengonsumsi cukup air putih untuk menormalkan sel-sel tubuh, sehingga metabolisme pun dapat berjalan dengan lancar.

3. Mencuci Muka

mencuci muka

Mencuci muka dengan air dingin menjadi tips menghilangkan rasa ngantuk selanjutnya. Kamu bisa melakukan cara ini sesering mungkin untuk menghilangkan rasa lelah pada mata dan membangkitkan kembali semangat untuk beraktivitas.

Baca juga: Tidur Bisa Memengaruhi Kesehatan Mental, Ini Alasannya

4. Sarapan Pagi

sarapan pagi

Seperti ulasan sebelumnya, lelah menjadi salah satu pemicu kantuk. Saat kamu melewatkan sarapan pada pagi hari, bukan hanya rasa lapar yang datang lebih cepat. Kamu pun lebih mudah lelah karena kehabisan energi, sehingga rasa kantuk pun datang. 

5. Camilan Sehat

cemilan sehat

Rasa lapar berlebihan yang menjadi pemicu kantuk dapat diatasi dengan mengonsumsi camilan sehat, seperti buah-buahan. Buah yang direkomendasikan, yaitu pisang, alpukat, apel, pir, dan lain-lain. Sebaiknya hindari buah citrus (buah yang memiliki rasa asam).

6. Olahraga Ringan

olahraga ringan

Olahraga mampu meningkatkan kualitas tidur di malam hari, sehingga rasa cemas dan stres pun dapat dicegah. Jika sudah memiliki kualitas tidur yang baik, kamu pun akan terhindar dari rasa kantuk saat siang hari.

Baca juga: Apa Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan?

Jika beberapa langkah tersebut tidak efektif untuk menghilangkan rasa ngantuk, cobalah untuk mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh. Namun, jika kamu mengidap gangguan kesehatan yang mengharuskan untuk membatasi asupan kafein, diskusikan terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

Referensi:
Johnston Health Care. Diakses pada 2021. 6 Benefits of Drinking Water.
Northwestern Medicine. Diakses pada 2021. 7 Ways to Wake Up Without Coffee.
WebMD. Diakses pada 2021. How to Stay Awake Naturally.