26 June 2018

7 Manfaat Kafein untuk Kesehatan

manfaat kafein

Halodoc, Jakarta – Saat terserang kantuk atau kurang semangat dalam beraktivitas, kopi menjadi sesuatu yang sering disarankan untuk dikonsumsi. Pasalnya, kopi memiliki kandungan kafein yang dapat memberi efek semangat dan merangsang otak. Kamu termasuk orang yang membutuhkan secangkir kopi di pagi hari?

Selama ini, kafein mungkin lebih dikenal sebagai zat adiktif alias zat yang bisa membuat penikmatnya merasa kecanduan. Kecanduan yang terjadi mungkin akan memberi dampak negatif, seperti keinginan untuk terus mengonsumsinya. Meski terdengar seperti sesuatu yang bisa memberi dampak buruk, ternyata kafein juga memiliki sisi positif, lho!

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi bisa membantu menghambat reseptor adenosine yang bisa membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat. Selain itu, ada juga manfaat lain yang bisa didapat dari konsumsi kafein secukupnya. Apa saja?

1. Anti Diabetes dan Penyakit Jantung

 

 

Kafein yang ada dalam kopi disebut memiliki kandungan asam klorogenat (Chlorogenic acid). Asam tersebut ternyata berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes. Tapi yang perlu diingat, kafein yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh berlebihan.

2. Antioksidan

 

 

Selain kopi, teh juga memiliki kandungan kafein. Bahkan, kafein dalam teh disebut dapat berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan penyakit, terutama kanker. Nyatanya antioksidan yang tinggi bisa mencegah risiko kanker usus besar serta membantu meningkatkan pembakaran gula dalam tubuh.

Baca juga: Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

3. Daya Ingat dan Kemampuan Kognitif

 

 

Rutin mengonsumsi segelas kopi di pagi hari ternyata tak hanya memberi dampak apda tubuh, tapi juga otak. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi kafein dari kopi setiap pagi cenderung memiliki kemampuan kognitif dan daya ingat lebih baik dibanding yang tidak minum kopi.

4. Mengontrol Berat Badan

 

 

Kafein bisa menekan nafsu makan, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan. Selain itu, kafein juga dapat menstimulasi terjadinya termogenesis, yaitu proses pengubahan makanan menjadi panas dan energi oleh tubuh.

Selain itu, kafein juga bisa membantu meningkatkan performa saat sedang berolahraga. Artinya, akan semakin banyak kalori yang akan terbakar saat tubuh lebih aktif bergerak.

Baca juga: Minum Kopi Saat Hamil Harus Ikuti Aturan Ini

5. Meredakan Nyeri Otot

 

 

Salah satu efek dari kafein adalah peningkatan performa saat berolahraga. Hal ini ternyata juga berkaitan dengan masalah otot. Kafein dalam kopi disebut dapat meredakan gejala sakit otot yang biasa muncul setelah berolahraga.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

 

 

Rutin mengonsumsi kafein juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. Hal itu didasari sebuah penelitian yang mengaitkan hubungan protektif antara konsumsi kafein dengan risiko kedua penyakit tersebut. Selain itu, penelitian lain juga menemukan bahwa konsumsi kafein dapat memperlambat proses penurunan fungsi otak karena usia lanjut.

7. Mengobati Sakit Kepala

 

 

Saat sakit kepala menyerang, seseorang mungkin akan cenderung langsung menelan obat. Padahal, kebiasaan itu ternyata tidak terlalu baik. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba menenggak segelas kopi. Sebab kafein bisa memberi efek menenangkan pada pembuluh darah sering mengurangi dan membantu meredakan sakit kepala.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Bahayanya Kebanyakan Minum Kopi

Saat sakit kepala dan kehabisan obat, jangan khawatir. Lebih mudah beli obat dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!