Tips Mempercepat Kesembuhan Candidiasis di Sekitar Kelamin

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tips Mempercepat Kesembuhan Candidiasis di Sekitar Kelamin

Halodoc, Jakarta - Infeksi jamur pada alat kelamin adalah peradangan umum yang terjadi di sekitar area alat kelamin karena pertumbuhan jamur berlebih, yaitu jamur jenis candida. Gejala dari gangguan kesehatan ini menimbulkan sensasi tidak nyaman pada area intim, seperti rasa sakit dan terbakar ketika melakukan hubungan seksual, pembengkakan, keputihan berlebih dan tebal, ruam, dan gatal.

Seringnya, pengobatan hanya didasarkan pada gejalanya, bukan mengatasi sumber yang menyebabkan terjadinya infeksi. Ini yang menyebabkan kesembuhan pada infeksi ini terasa cukup lama. Normalnya, organ intim memang memiliki jamur dalam jumlah yang seimbang, termasuk jamur jenis candida dan bakteri. Bakteri jenis tertentu (lactobacillus) membantu untuk mencegah pertumbuhan jamur berlebih pada area ini.

Namun, keseimbangan ini juga bisa terganggu. Pertumbuhan jamur berlebih bisa menyebabkan timbulnya infeksi dan peradangan pada area intim. Penyebab bisa karena penggunaan antibiotik, kehamilan, diabetes, imunitas tubuh yang terganggu, hingga penggunaan alat kontrasepsi yang meningkatkan hormon estrogen.

Baca juga: Ini 4 Jenis Candidiasis yang Perlu Diketahui

Bagaimana Cara Mempercepat Kesembuhan Infeksi Jamur Candida?

Jika dibiarkan, area sekitar organ intim kamu terasa tidak nyaman. Rasa gatal rentan menyerang, terlebih jika kamu sering bergerak, karena lipatan kulit yang bergesekan terus-menerus justru bisa menimbulkan lecet. Supaya infeksi atau peradangannya segera sembuh, coba ikuti tips berikut ini.

  • Perbaiki Pola Makan

Salah satu penyebab terjadinya infeksi dan pertumbuhan jamur berlebih pada area intim adalah kelebihan berat badan. Ini akan membuat kamu mudah berkeringat dan bagian tubuh, terutama lipatan kulit lebih cepat lembap. Kondisi ini akan menjadi lingkungan yang baik untuk jamur bertumbuh dan berkembang.

Inilah mengapa penting untuk menjaga pola makan agar berat badan bisa terkontrol. Hindari konsumsi makanan berlemak tinggi, karena ini memicu pertambahan berat badan yang berdampak pada obesitas. Jangan lupa, imbangi dengan olahraga.

Baca juga: Akibat Jamur, Begini Tips Mencegah Candidiasis

  • Hindari Menggunakan Celana Dalam Terlalu Ketat

Kelembapan akan sangat sering terjadi jika kamu mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat. Ini disebabkan karena kulit tidak mampu bernapas dengan baik, terlebih jika kamu banyak beraktivitas. Gesekan berulang yang sering terjadi ditambah dengan kelembapan berlebih membuat kulit di sekitar area kelamin rentan ditumbuhi jamur dan lecet.

  • Mandi Menggunakan Air Dingin

Mandi menggunakan air panas sebenarnya tidak ada salahnya, terlebih jika cuaca sedang sangat dingin. Namun, kamu juga perlu tahu, air panas menyebabkan area kelamin mudah lembap. Jika kamu ingin mandi air panas, pastikan kamu mengeringkan tubuh sampai benar-benar kering.

  • Pastikan Area Sekitar Kelamin Terjaga Kebersihannya

Sering terlupa, sebagian besar orang, terutama wanita, tidak terlalu memperhatikan kebersihan area intimnya, terlebih pada area lipatan. Padahal, kebersihan juga penting untuk mencegah pertumbuhan jamur candida. Jadi, mulai sekarang, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan dan higienitas area intim, ya!

Baca juga: Infeksi Jamur Candidiasis Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?

  • Hindari Penggunaan Bahan-Bahan yang Berpotensi Memperburuk Iritasi

Ada beberapa bahan yang bersifat iritan atau membuat kondisi iritasi maupun peradangan menjadi semakin buruk. Bahan ini seperti pembalut yang mengandung pewangi, tisu basah, atau pembersih yang khusus digunakan untuk alat kelamin. Saat kamu terinfeksi jamur candida, sebisa mungkin hindari penggunaan bahan-bahan tersebut.

Itu dia beberapa tips yang membantu mempercepat penyembuhan jamur candida yang menyerang area kelamin. Jika belum membaik, kamu bisa langsung bertanya pada dokter obat apa yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya. Gunakan aplikasi Halodoc supaya kamu lebih mudah untuk tanya dokter maupun beli obat. Aplikasi Halodoc bisa kamu download langsung di ponsel dari Play Store maupun App Store.