29 December 2017

Tips Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Para ibu hamil sering mengeluhkan timbulnya rasa nyeri dan panas pada bagian dada dan ulu hati. Kondisi ini dinamakan heartburn dan biasanya sering muncul di trimester ketiga kehamilan. Jangan khawatir ketika mengalami heartburn, karena kondisi tersebut bukan pertanda adanya gangguan jantung. Ibu dapat mengatasi heartburn dengan cara-cara ini.

Heartburn merupakan kondisi ketika ibu hamil merasakan rasa panas atau terbakar pada dadanya. Selain itu, sensasi lainnya yang juga dialami ibu hamil ketika heartburn adalah daerah ulu hati terasa sakit seperti ditusuk-tusuk benda tajam. Penyebab heartburn bisa terjadi adalah karena makanan yang sudah berada di dalam lambung terdesak naik ke arah kerongkongan atau dikenal juga dengan istilah asam lambung naik akibat rahim yang membesar. Akibatnya, dinding kerongkongan bisa iritasi karena makanan yang sudah bercampur dengan asam lambung sifatnya asam dan dapat melukai dinding kerongkongan.

Salah satu pemicu naiknya asam lambung adalah meningkatnya hormon progesteron selama masa kehamilan. Hormon progesteron akan memperlambat kerja sistem pencernaan dan membuat otot-ototnya mengendur. Hal ini bertujuan agar makanan yang dikonsumsi ibu hamil dapat diserap dengan baik oleh bayi. Selain itu, otot polos yang terdapat pada area rahim dan katup di antara perut dan kerongkongan juga ikut mengendur, sehingga menyebabkan asam lambung dapat naik hingga ke kerongkongan. Wanita yang memiliki penyakit maag akan lebih berisiko mengalami heartburn ketika hamil. Namun, jangan khawatir, berikut adalah tips-tips mengatasi heartburn untuk ibu hamil:

1. Makan dalam Porsi Sedikit tapi Sering

Sama seperti penanganan pada orang yang sakit maag, ibu hamil yang mengalami heartburn juga disarankan untuk makan dalam porsi yang sedikit tapi sering. Walaupun napsu makan ibu sedang meningkat, tapi usahakan agar tidak mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar, karena sistem pencernaan ibu tidak bisa mencerna makanan secara cepat, sehingga makan dalam jumlah yang banyak dapat memicu terjadinya heartburn. Sebaliknya, ibu dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil tapi ditingkatkan frekuensinya menjadi 5-6 kali dalam sehari misalnya. Cara ini bertujuan untuk mencegah perut ibu kosong dalam waktu yang lama, sehingga asam lambung bisa dinetralisasi.

2. Hindari Jenis Makanan Ini

Makanan yang berlemak, berbumbu tajam, bercita rasa asam dan pedas, serta minuman yang mengandung kafein dan soda dapat memicu timbulnya heartburn. Karena itu, ibu hamil sebaiknya menahan diri untuk tidak mengonsumsi jenis makanan tersebut agar dapat terhindar dari kondisi heartburn.

3. Minum Air di Sela Makan

Untuk membantu melancarkan pencernaan dan meredakan rasa panas di dada, minum lah air di sela-sela makan. Jangan minum air terlalu banyak, tapi minum lah sedikit-sedikit dengan cara diseruput.

4. Jangan Tiduran detelah Makan

Setelah selesai makan, hal yang paling enak dilakukan adalah berbaring atau tidur-tiduran. Namun kebiasaan ini ternyata dapat memicu terjadinya heartburn lho, karena posisi berbaring dapat membuat asam lambung naik dengan cepat menuju kerongkongan. Jadi, usahakan untuk duduk atau berjalan-jalan sebentar minimal 2 sampai 3 jam setelah makan.

5. Makan Pelan-pelan

Kebiasaan makan secara cepat atau terburu-buru akan membuat perut ibu bekerja sangat keras untuk mencerna makanan. Akibatnya, ibu akan merasa begah dan perut menjadi tidak nyaman.

6. Gunakan Pakaian yang Sedikit Longgar

Selama masa kehamilan, gunakan lah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Menggunakan pakaian yang ketat akan membuat ibu semakin tidak nyaman saat kondisi heartburn muncul. Selain itu, pakaian yang ketat juga akan menekan perut ibu dan dikhawatirkan dapat mengganggu bayi di dalam kandungan. Jadi, kenakanlah pakaian yang sedikit longgar yang akan membuat ibu hamil merasa lebih nyaman.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu ibu mengatasi heartburn dan membuat kehamilan ibu menjadi lebih nyaman. Jika ibu mengalami gejala-gejala kesehatan tertentu selama kehamilan, ibu bisa membicarakannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/ Voice Call dan Chat, ibu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.