Tips Mengecek Gula Darah dan Kolesterol di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tips Mengecek Gula Darah dan Kolesterol di Rumah

Halodoc, Jakarta – Cek darah diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan menyeluruh dan mendeteksi kemungkinan adanya penyakit. Itu sebabnya pemeriksaan darah menjadi bagian dari medical check up yang dilakukan sesuai anjuran dokter. Di antara banyak jenis pemeriksaan, cek gula darah dan kolesterol menjadi bagian yang rutin dilakukan. Tujuannya untuk memantau kadar gula darah dan kolesterol untuk mencegah diabetes dan kolesterol tinggi. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan di fasilitas kesehatan, tapi tes gula darah dan kolesterol juga bisa dilakukan di rumah.

Baca Juga: Alasan Harus Puasa Sebelum Cek Darah

Cara Mengecek Gula Darah di Rumah

Cek gula darah bisa dilakukan di rumah. Kamu hanya perlu menyediakan alat pengecek gula darah yang bisa dibeli di apotek terdekat. Alat tersebut terdiri dari jarum kecil (lanset), perangkat lancing (untuk menahan jarum), alkohol swab, strip uji, meteran glukosa, kotak portabel, dan kabel untuk mengunduh data (jika diperlukan). Setelah alat tersedia, berikut langkah pengecekan gula darah di rumah yang bisa dilakukan:

  • Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum menggunakan alat.

  • Buka alat, masukkan lanset ke dalam perangkat lancing, tutup kembali alat, dan coba apakah lanset terpasang dengan benar.

  • Setelah lanset terpasang, masukkan strip tes ke meteran glukosa.

  • Usap ujung jari dengan alkohol swab yang tersedia.

  • Tusuk ujung jari dengan lanset agar darah keluar dan bisa diambil.

  • Letakkan setetes darah pada strip tes dan tunggu hasilnya keluar pada meteran glukosa.

Jika kamu ingin mengecek gula darah orang lain, gunakan sarung tangan lateks agar steril dan lakukan langkah yang sama. Agar hasil lebih akurat, lakukan pengujian pada jari. Kamu bisa melakukan pengecekan gula darah saat puasa, sewaktu, maupun 2 jam setelah makan. Tujuannya untuk melihat pengaruh diet yang dijalani dengan kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Sederhana Mengendalikan Gula Darah

Cara Mengecek Kolesterol di Rumah

Cek kolesterol bisa dilakukan di rumah dengan tingkat keakuratan setidaknya 95 persen. Meski begitu, cek kolesterol dengan alat praktis tidak boleh menggantikan tes kolesterol rutin yang dilakukan di fasilitas kesehatan. Hal yang perlu diketahui adalah, cek kolesterol dengan alat praktis hanya bisa mengukur kadar kolesterol total, bukan kadar LDL (low density-lipoprotein) dan HDL (high density-lipoprotein).

Pengecekan kolesterol bisa dilakukan dengan metode kertas maupun elektronik. Cara menggunakannya hampir sama, yakni bersihkan jari menggunakan alkohol, menusukkan ujung jari dengan lancet, dan letakkan tetesan darah ke strip. Hal yang membedakan adalah cara pengukurannya. Pada cek kolesterol kertas, strip tes mengandung zat kimia khusus yang bisa berubah warna dalam beberapa menit. Perhatikan warna terakhir yang muncul dan cocokkan dengan daftar warna pada kemasan alat. Sedangkan pada metode elektronik, alat secara otomatis menunjukkan kadar kolesterol dalam tubuh. Alat ini mirip dengan tes glukosa yang digunakan untuk memantau kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Wanita

Itulah hal yang perlu dilakukan sebelum cek gula darah dan kolesterol di rumah. Kalau kamu ingin melakukan pengecekan lebih detail, gunakan fitur Lab Service yang ada di aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu menentukan jenis dan waktu pemeriksaan, lalu petugas Lab akan datang ke rumah sesuai waktu yang ditentukan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!