• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Tips Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu bahwa ketombe adalah masalah yang menimpa setengah populasi manusia? Ya, serpihan putih kecil atau agak besar ini membuat banyak orang tidak percaya diri. Apalagi saat mereka mengenakan baju hitam, bahu mereka secara tidak sengaja akan penuh dengan serpihan ketombe ini. 

Ketombe juga bisa sebabkan kulit kepala terasa gatal, munculnya bercak berminyak pada kulit kepala dan perih pada beberapa area kulit kepala. Penyebab ketombe paling umum adalah kulit kering, dermatitis seboroik, sensitivitas terhadap produk rambut dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala.

Ada banyak produk penghilang ketombe yang dirancang untuk mengobati ketombe. Namun, kamu juga bisa memilih obat alami yang lebih aman dan mungkin lebih efektif. Berikut ini tips sederhana menghilangkan ketombe di rumah dengan bahan-bahan alami: 

Baca juga: Ketombe Bandel, Jangan-Jangan Dermatitis Seboroik

Tea Tree Oil

Sudah sejak lama tea tree oil atau minyak pohon teh digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari jerawat hingga psoriasis. Bahan alami ini juga terbukti memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang kuat, yang kemudian efektif mengurangi gejala ketombe.

Bahkan, menurut satu ulasan yang dilansir Healthline, minyak pohon teh efektif melawan jenis spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Studi lain juga meneliti efek tea tree oil pada ketombe dengan merawat 126 orang setiap hari selama satu bulan dengan sampo yang mengandung minyak pohon teh sebanyak 5 persen.

Pada akhir penelitian, minyak pohon teh terbukti mengurangi keparahan gejala sebesar 41 persen dan mencegah gatal dan minyak berlebih pada kulit kepala. Sebagian orang bisa sangat sensitif akan tea tree oil. Jadi, sebelum memutuskan menggunakannya, coba beberapa tetes dahulu ke kulit kepala sebelum mengaplikasikannya ke permukaan kulit. 

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dikenal luas karena berbagai manfaat kesehatannya. Minyak nabati satu ini sering digunakan sebagai obat alami untuk ketombe. Minyak kelapa membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan, yang dapat memperburuk gejala ketombe. Sebuah penelitian kecil terhadap 34 orang menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit. Penelitian lain menemukan, minyak kelapa membantu dalam perawatan eksim, suatu kondisi kulit yang dapat menyebabkan ketombe.

Menerapkan minyak kelapa ke kulit selama delapan minggu efektif mengurangi gejala sebesar 68 persen, dibandingkan dengan hanya 38 persen pada penggunaan minyak mineral. Minyak kelapa dan senyawanya juga terbukti memiliki sifat antimikroba. Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian tentang efeknya pada strain spesifik jamur yang menyebabkan ketombe. 

Baca juga: Benarkah Ketombe Menjadi Pertanda Alami Stres?

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah jenis sukulen yang sering ditambahkan ke salep, kosmetik, dan lotion kulit. Ketika diaplikasikan pada kulit, lidah buaya dipercaya dapat membantu merawat kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis dan luka dingin. Tanaman ini juga bisa bermanfaat dalam pengobatan ketombe.

Aloe vera memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga dapat membantu melindungi terhadap ketombe. Lidah buaya diduga efektif melawan beberapa spesies jamur spesifik penyebab ketombe dan rambut rontok dari kulit kepala. Lidah buaya juga diyakini mampu mengurangi peradangan akibat ketombe dan meredakannya. 

Cuka Apel

Cuka apel juga telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti untuk menghilangkan ketombe. Keasaman cuka apel dipercaya dapat membantu menstimulasi pelepasan sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga dikatakan menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan sehingga efektif melawan ketombe.

Namun, studi akan cuka apel untuk mengatasi ketombe masih perlu diteliti lebih lanjut. Sejauh ini, cuka apel dapat mencegah pertumbuhan jenis jamur tertentu. Jika kamu ingin mencoba cuka apel untuk mengatasi ketombe, tambahkan beberapa sendok makan ke sampo. Bisa juga kombinasikan dengan minyak esensial lainnya dan semprotkan langsung ke rambut.

Baca juga: Ini Kesalahan Umum pada Perawatan Rambut 

Kamu juga bisa tanyakan pada dokter di Halodoc mengenai cara ampuh menghilangkan ketombe. Ambil smartphone kamu sekarang dan manfaatkan fitur chat di aplikasi Halodoc untuk mengatasi semua keluhan kesehatan yang kamu alami. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies to Get Rid of Dandruff Naturally.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Natural Remedies for Dandruff.
Reader's Digest. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Dandruff with Natural Treatments.