• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips untuk Menjalani Hari dengan Semangat

4 Tips untuk Menjalani Hari dengan Semangat

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu bangun dari tidur dan merasa malas untuk beraktivitas? Apalagi saat pagi hari adalah hal yang krusial untuk memulai hari, suasana hati kamu sepanjang hari ditentukan di waktu ini. Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan waktu di pagi hari. Caranya, menerapkan tips-tips yang bisa bikin semangat setiap hari dan pastinya bermanfaat. Pagi yang diawali dengan energi positif membuat hari jadi lebih produktif hingga di penghujung hari.

Baca juga: 4 Tips Atasi Rasa Malas

Nah, buat kamu yang ingin agar hari-harinya selalu semangat, ini tips supaya kamu semangat setiap hari, yaitu dengan:

  • Luang Waktu untuk Melakukan Hal yang Disuka

Buat kamu yang terjebak dalam pekerjaan yang sebetulnya bukan sepenuhnya minat kamu, maka kamu bisa melakukan cara ini. Mereka yang kerap mengeluhkan bahwa dirinya tidak pernah memiliki waktu bisa mencoba metode ini. Luangkanlah waktu 15 menit sehari untuk melakukan sesuatu yang kamu suka, seperti misal berkebun, melukis, atau apa saja. Setelah melakukannya dengan rutin, setidaknya selama satu bulan, maka kamu bisa takjub dengan hasilnya. Kamu pasti jadi lebih antusias untuk memulai hari, karena kamu memulainya dengan sesuatu yang kamu sukai. Kamu bisa memetik manfaat atau keuntungan dari sana. Jika kamu gemar berkebun, maka beberapa bulan kemudian kamu bisa memetik hasil panennya. 

  • Tidur yang Cukup

"Sleep is for the loser", itu adalah ungkapan yang mungkin sering kamu dengar. Sangat disayangkan sekali anggapan seperti ini sudah dianggap sebagai hal yang biasa, padahal untuk tetap sehat, kamu wajib mendapatkan tidur yang cukup. Faktanya, kurang tidur kronis tidak hanya menghabiskan energi dan membuat kamu tidak lagi antusias, tetapi juga berkontribusi pada masalah kesehatan yang serius. Ada banyak hal yang terpengaruh ketika kurang tidur, mulai dari menurunnya kemampuan belajar, daya ingat, metabolisme dan berat badan, kesehatan kardiovaskular, suasana hati, dan fungsi kekebalan tubuh. Mungkin bagi sebagian orang mendapatkan tidur yang cukup bisa sangat sulit, tetapi menjadikannya prioritas memberikan efek yang baik untuk meningkatkan suasana setiap hari. 

  • Makan Makanan yang Sehat

Makanan cepat saji tidak hanya membahayakan bagi jantung, tulang, dan pencernaan tetapi juga menjadi malapetaka bagi otak dalam menggunakan energi. Ketika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, maka dapat memengaruhi zat kimia otak, yang kemudian juga memengaruhi suasana hati, memori, dan fungsi kognitif. Beralih ke pola makan nabati yang rendah glikemik sebenarnya bisa mengubah fungsi otak, yang kemudian bisa membantu meningkatkan suasana hati, membantu mengatasi stres, dan membuat kamu lebih bersemangat setiap hari. 

  • Cobalah untuk Lebih Aktif!

Faktanya tubuh kamu tidak dirancang untuk hanya duduk delapan jam sehari. Tubuh kita dibuat untuk bergerak, untuk beraktivitas, dan lain-lain. Olahraga tidak hanya penting untuk mencegah obesitas dan menjaga otot, hati, dan tulang kita tetap sehat, tetapi juga mampu meningkatkan suasana hati. Di dalam buku yang ditulis oleh Dr. John Sarno, Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain, dijelaskan bahwa olahraga dapat meningkatkan proses berpikir, fokus, dan kreativitas. Olahraga juga efektif mengatasi depresi daripada obat. Ketika kamu sedang merasa tidak antusias, kamu mungkin ingin bermalas-malasan. Namun, lebih baik kamu melakukan sesuatu yang bisa membuat kamu berkeringat. Setelah itu, kamu lebih mudah untuk menjadi antusias kembali. 

Baca juga: Yang Terjadi pada Otak saat Tertawa

Mungkin terdengar sederhana, tetapi sebaiknya kamu tidak menyepelekan tips membuat semangat setiap hari di atas. Jika kamu terus merasa tidak bersemangat, kamu bisa chat psikolog di Halodoc untuk menceritakan permasalahan kamu. Psikolog di Halodoc akan selalu siaga memberikan solusi untuk setiap permasalahan psikologis kamu.

Referensi:
Lifehack. Diakses pada 2020. The Simplest Ways to Stay Enthusiastic in Life .
Guided Mind. Diakses pada 2020. Steps to Becoming More Enthusiastic About Life.