Sering Mood Swing, Hati-Hati Gejala Bipolar

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Sering Mood Swing, Hati-Hati Gejala Bipolar

Halodoc, Jakarta – Tentu, setiap orang pasti pernah mengalami perubahan suasana hati, baik wanita atau pria. Perubahan suasana hati sangat wajar dialami oleh setiap orang. Perubahan suasana hati adalah kondisi psikologis yang terjadi pada seseorang sebagai reaksi emosional terhadap lingkungan atau situasi tertentu.

Baca juga: Moody pada Wanita, Kelainan Mental atau Hormon?

Namun, sebaiknya perhatikan perubahan suasana hati yang terjadi begitu cepat dengan kondisi yang bertolak belakang. Bisa jadi kondisi ini menandakan kamu alami mood swing. Mood swing adalah perubahan suasana hati yang terlihat dengan jelas dan terasa. Sebaiknya perhatikan kondisi mood swing yang mengganggu aktivitas sehari-hari, karena bisa jadi ini sebagai gejala gangguan mental, salah satunya bipolar.

Selain Mood Swing, Ketahui Gejala Bipolar Lainnya

Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang ditandai perubahan emosi yang cukup drastis. Seseorang yang alami bipolar dapat mengalami kondisi yang senang atau terpuruk. Tidak hanya itu, pengidap gangguan bipolar mengalami perubahan suasana hati dari percaya diri menjadi pesimis.

Penyebab bipolar adalah adanya gangguan pada senyawa alami yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak. Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang alami gangguan pada neurotransmitter, seperti faktor genetik, sosial, lingkungan serta fisik.

Perubahan suasana hati wajar dialami oleh seseorang, namun perubahan suasana hati yang disertai dengan gejala lain dapat menunjukkan gangguan bipolar pada seseorang, seperti:

  1. Berbicara dengan sangat cepat, sering, dan terlihat tidak normal;

  2. Terkadang seseorang yang mengalami bipolar memiliki semangat yang sangat besar;

  3. Pengidap bipolar memiliki rasa percaya diri yang berlebihan;

  4. Gangguan tidur juga akan dialami oleh seseorang yang mengalami bipolar;

  5. Tidak nafsu makan;

  6. Terganggunya konsentrasi sehingga mudah mengalami penurunan fokus.

Baca juga: 5 Fakta Tentang Mood yang Perlu Diketahui

Pengidap bipolar dapat mengalami kondisi mania dan terpuruk secara bersamaan. Kondisi ini dikenal juga sebagai kondisi mixed state atau kondisi campuran.

Apakah Mood Swing Hanya Dialami Gangguan Bipolar?

Tidak hanya gangguan bipolar, gangguan mental lainnya yang dapat menyebabkan pengidapnya alami perubahan suasana hati yang begitu cepat atau mood swing, di antaranya adalah:

1. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Pengidap ADHD juga dapat alami perubahan suasana hati dengan begitu cepat atau mood swing. Banyak pengidap ADHD yang tidak terdiagnosis dengan cepat sehingga pengobatan cukup sulit untuk dilakukan. Seseorang yang mengalami kondisi ADHD harus mampu beradaptasi dengan kondisi kesehatannya. Namun, ketidakmampuan beradaptasi mengakibatkan seseorang alami stres yang menyebabkan mood swing.

2. Gangguan Kepribadian Ambang

Perubahan suasana hati atau mood swing yang dialami pengidap gangguan kepribadian ambang membuat pengidap tidak mampu untuk memelihara hubungan pribadi dan sosial dengan baik. Masalah sosial, akademis, ekonomi, dan hukum dapat muncul akibat mood swing yang tidak diatasi dengan baik.

Baca juga: Olahraga Bisa Tingkatkan Suasana Hati, Kok Bisa?

3. Depresi

Depresi yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan seseorang alami mood swing. Selain mood swing, depresi juga mengakibatkan terganggunya hubungan sosial pengidap depresi. Tidak ada salahnya untuk lakukan pengobatan pada rumah sakit terdekat untuk mengatasi masalah gangguan mental yang dialami.

4. Penyakit Lain

Mood swing dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan yang memengaruhi sistem saraf pusat, seperti penyakit demensia, tumor otak, dan meningitis.

Perubahan suasana hati adalah hal yang normal terjadi, namun apabila perubahannya terjadi begitu cepat dan terasa, maka sebaiknya cek kembali kesehatanmu karena bisa saja itu menjadi indikasi dari suatu penyakit tertentu.

Referensi:
Good Health. Diakses pada 2019. 15 Common Causes of Mood Swings
Web MD. Diakses pada 2019. Are My Mood Swings Normal?
Web MD. Diakses pada 2019. Mood Swings and Bipolar Disorder