Traveling Makin Seru, Hindari 9 Kebiasaan Buruk Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
 kebiasaan buruk, traveling

Halodoc, Jakarta - Traveling merupakan hal yang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan ketika suntuk dan bosan dengan rutinitas harian. Biasanya, seseorang akan memilih gunung, pantai, atau wisata dalam negeri atau luar negeri sebagai destinasi. Perasaan senang dan menggebu-gebu pasti akan dirasakan, apalagi, jika traveling dilakukan ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Agar liburanmu semakin menyenangkan, hindari kebiasaan buruk ini saat traveling, ya!

Baca juga: Keasyikan Liburan, Hati-Hati Post Holiday Blues

  • Persiapan

Mepet Jika kamu pergi ke daerah yang lumayan jauh, seperti luar negeri, sebaiknya persiapkan segala macam yang ingin dibawa lima hari sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertinggalnya barang-barang yang dibutuhkan.

  • Terlalu Banyak Membawa Barang Bawaan

Saat traveling, pastikan agar tidak membawa barang yang berlebihan, meskipun koper yang kamu gunakan dapat menampung banyak barang. Jika terlalu banyak barang yang dibawa, kamu akan repot dengan barangmu sendiri dan tidak menikmati liburan dengan maksimal.

  • Tidak Cukup Waktu Tidur

Jangan begadang sehari sebelum keberangkatan. Pasalnya, tidur cukup sangat diperlukan untuk menjaga stamina dan kesehatan saat traveling. Jadi, jangan sampai kamu merasa lelah dan jatuh sakit di tempat tujuan, ya.

Jika sampai hal ini terjadi, kamu bisa langsung diskusikan masalah kesehatan yang kamu alami dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc untuk mengetahui langkah penanganan yang tepat untuk mengatasi sakit yang kamu alami. Jadi, jaga selalu kesehatanmu saat sedang traveling, ya. 

  • Membuang Sampah Sembarangan

Hindari kebiasaan buruk yang satu ini di mana pun kamu berada. Apalagi, jika kamu sedang traveling ke negara yang memiliki aturan ketat dalam hal buang sampah sembarangan. Bisa-bisa kamu dikenai denda dan agenda travelingmu menjadi berantakan.

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

  • Mengambil Foto Seenaknya

Terkadang, ada beberapa spot foto yang memang tidak bisa digunakan, tetapi banyak turis yang masih melanggar aturan yang satu ini. Sebaiknya kamu menghormati peraturan yang sudah dibuat, karena kamu adalah tamu di tempat itu.

  • Corat-Coret

Saat traveling, jaga tanganmu agar tidak jahil pada benda atau pepohonan di sekitar. Jika ingin corat-coret, silahkan pergi ke beberapa negara yang sudah menyediakan tembok untuk mencoretkan sesuatu.

  • Tidak Mau Antre

Budaya menyelak memang masih banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia, tetapi jangan asal serobot ketika berada di negeri orang lain, ya. Alih-alih berwisata, kamu bisa saja memancing keributan karena hal ini.

  • Buang Air Kecil Tidak Disiram

Jika pergi liburan ke tempat umum, kamu pasti akan menemukan toilet bau pesing dan kotor. Meski begitu, tetap jaga kebersihan dengan menyiramnya setelah memakainya. 

  • Lupa Mengisi Kuota Internet

Di era milenial ini akan menuntut seseorang untuk selalu update di media sosial perihal apa yang mereka lakukan. Nah, rasanya kurang lengkap jika saat liburan kamu malah melewatkan moment yang satu ini. Jadi, jangan lupa isi kuota sebelum traveling, ya.

Baca juga: 5 Obat-obatan Ini Harus Ada Saat Liburan Tahun Baru 2019

Selalu usahakan untuk menghindari 9 hal buruk tersebut untuk menciptakan suasana yang kondusif saat liburan. Jangan lupa untuk merencanakan dengan matang tentang destinasi liburan dan hal-hal yang ingin kamu lakukan. Pasalnya, jika liburan dilakukan tanpa perencanaan, alih-alih mengasikan, uangmu akan habis begitu saja karena perhitungan yang kurang matang.

Referensi:
The Travel. Diakses pada 2019. 10 Bad Travel Habits To Quit (10 Great Ones That Can Replace Them).
Responsible Travel. Diakses pada 2019. 15 Bad Travel Habits to Give Up for Good.