Trik Traveling Seru Tanpa Menggerutu Meski Bawa Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Trik Traveling Seru Tanpa Menggerutu Meski Bawa Anak

Halodoc, Jakarta - Traveling adalah hal yang menyenangkan dan dapat menghilangkan stres. Walau begitu, liburan dengan membawa anak mungkin menjadi hal yang rumit dan cukup menantang. Alasannya, kamu tetap harus menjaga anak meskipun sedang berliburan ke suatu tempat. 

Traveling dengan anak, terutama yang masih kecil pasti ia akan rewel karena banyak hal. Padahal, jika kamu banyak menghabiskan waktu dengan anak saat liburan akan menjadi pengalaman menyenangkan baginya. Berikut ini beberapa trik traveling dengan anak yang dapat dilakukan agar mood orangtua dan anak tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: Ingin Lebih Akrab dengan Anak? Jangan Ragu untuk Lakukan Traveling

Trik Traveling dengan Anak Agar Tetap Seru

Saat kamu sudah buntu dengan pekerjaan, traveling adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Hal yang menjadi masalah adalah ketika kamu harus membawa sang buah hati. Kondisi ini akan jauh lebih rumit ketika kamu belum pernah untuk membawa anak jauh dari rumah.

Trik terpenting saat traveling dengan anak adalah persiapan. Kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya sejak berniat untuk traveling. Hal tersebut karena kamu harus menyesuaikan cara bepergian dengan kendaraan apa, karena kenyamanan sang anak yang paling penting agar ia tidak rewel. Kendaraan yang dipakai untuk traveling akan menentukan segala persiapan lainnya, seperti peralatan dan perlengkapan anak yang harus dibawa. Tentunya bepergian menggunakan jalur darat akan berbeda apabila kamu bepergian dengan pesawat. 

Setelah itu, persiapan selanjutnya adalah melakukan banyak persiapan barang dan agar tidak tertinggal coba untuk memulai dengan membuat daftar barang. Hal ini menghindari ada barang penting yang tertinggal ketika jalan-jalan.

Berikut ini beberapa trik traveling dengan anak agar seru, yaitu:

  1. Pilih Tempat yang Ramah dengan Anak-Anak

Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai trik traveling dengan anak untuk meningkatkan kedekatan dan pengalaman anak adalah memilih tempat yang ramah pada anak kecil. Untuk anak yang lebih besar, kamu bisa memilih lokasi dengan ruang terbuka agar dapat meningkatkan kreativitasnya.

Baca juga: Traveling Sehat dengan Si Kecil, Bawa 5 Benda Ini

  1. Pilih Destinasi yang Baru

Trik traveling yang aman dan unik dengan anak lainnya dengan memilih destinasi yang baru. Anak mungkin bosan dengan lokasi liburan yang sama setiap kali dilakukan. Cobalah untuk pergi ke pantai atau pegunungan sebagai alternatif lain agar anak belajar sesuatu yang baru.

Selain itu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait penyakit yang mungkin kambuh saat liburan, dokter dari Halodoc dapat membantu. Kamu hanya perlu untuk download aplikasi Halodoc di smartphone kamu untuk menjaga anak tetap sehat. Ibu juga dapat membeli obat secara online dengan obat akan diantar dalam waktu satu jam.

  1. Jangan Bawa Barang Berlebihan

Umumnya, orangtua membawa banyak barang agar tidak cepat bosan saat liburan dilakukan. Padahal, seharusnya saat liburan anak melakukan hal yang berbeda dibandingkan rutinitasnya sehari-hari. Coba untuk tidak membawa barang terlalu banyak, karena umumnya kamu dapat membeli sesuatu yang dibutuhkan di tempat tujuan.

  1. Jelaskan Tentang Lokasi Liburan

Sebelum merencanakan liburan, kamu dapat memberikan gambaran tentang tempat liburan yang akan dikunjungi. Kamu dapat menjelaskan tentang lokasi liburan di antara pilihan tersebut dan hal yang dapat dilakukannya di sana. Jika tidak dilakukan, mungkin saja anak ibu merasa tidak nyaman dan bahagia.

Dengan menjelaskan lokasi yang dituju sebagai trik traveling dengan anak, ia dapat memahami situasi yang akan dihadapinya. Jika perjalanan menggunakan kendaraan umum, kamu dapat bertanya pada anak bagaimana ia ingin menghabiskan waktu di perjalanannya. Jangan sampai kebosanan melanda yang bisa membuat anak menjadi rewel.

Baca juga: Alami 7 Gejala Ini? Saatnya Ajak Teman-Teman Travelling

Itulah trik traveling dengan anak yang dapat kamu lakukan. Selalu pastikan anak ibu menginginkan liburan ini dan sangat menantikannya. Hal ini juga dapat meningkatkan hubungan orangtua dengan anak. Selain itu, hal ini mungkin akan menjadi kenangan manis yang akan diingat anak selama hidupnya.

Referensi:
Full Suitcase.Diakses pada 2019.15 Tips and Tricks for Traveling with Kids
Upgraded points.Diakses pada 2019.33 Best Tips for Amazing Family Travel With Your Kids (Less Stress & More Fun!)