Benarkah Tumbuh Gigi Sebabkan Demam pada Anak?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Benarkah Tumbuh Gigi Sebabkan Demam pada Anak?

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit ibu yang mengira bahwa demam yang dialami Si Kecil menandakan bahwa tubuhnya sedang melakukan adaptasi terhadap hal baru, misalnya tumbuh gigi. Gigi yang bertumbuh sering membuat anak menjadi kurang nyaman, membuatnya lebih rewel dan sering menangis.

Namun, benarkah demikian? Sebenarnya, tidak salah, karena demam bisa menjadi salah satu gejala yang mengindikasikan bayi mengalami masalah mulut dan gigi. Tetapi, benarkah selalu terjadi hal tersebut setiap kali giginya bertumbuh? Atau apakah demam mengindikasikan gangguan lain pada tubuhnya?

Benarkah Demam adalah Tanda Masalah pada Mulut dan Gigi?

Faktanya, demam tidak selalu menandakan bahwa telah terjadi masalah mulut dan gigi. Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Melissa Wake yang merupakan seorang pendiri Centre for Community Child Health di kawasan Melbourne berhasil membuktikan bayi yang mengalami tumbuh gigi tidak turut mengalami kenaikan suhu tubuh.

Baca juga: Orang Tua Perlu Tahu, Faktor Risiko Radang Gusi pada Anak

Namun, bukan berarti demam ini tidak mungkin terjadi ketika Si Kecil mengalami tumbuh gigi. Demam ini bukan dari tumbuhnya gigi, melainkan karena terjadinya infeksi yang membuat suhu tubuhnya mengalami peningkatan. Kuman dan bakteri yang masuk ke tubuh Si Kecil bisa menyebabkan infeksi, dan demam terjadi sebagai respon untuk melawan masuknya zat asing tadi.

Gigi bayi bertumbuh ketika usianya berada di antara 4 hingga 7 bulan dan berakhir ketika usianya mencapai 24 bulan. Di usia yang terbilang emas ini, Si Kecil suka mengenal dan mempelajari hal baru. Ia akan memasukkan semua benda yang berhasil digenggamnya ke dalam mulut.

Bukan iseng, ini dilakukan Si Kecil untuk membuatnya lebih nyaman ketika gusi atau giginya sedang bertumbuh. Namun, benda-benda ini mengandung banyak kuman, dan ketika masuk ke mulutnya, kuman ini mudah berpindah, menyebabkan munculnya infeksi yang memicu terjadinya demam atau diare.

Baca juga: Tips Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Lalu, Apa Tandanya Jika Si Kecil Tumbuh Gigi?

Jika bukan demam, lalu apa tandanya jika anak sedang mengalami tumbuh gigi? Berikut beberapa di antaranya yang perlu ibu cermati, yaitu:

  • Gusi membengkak dan memerah.

  • Sering ngiler.

  • Si Kecil menjadi lebih mudah marah.

  • Sering menangis dan rewel.

  • Sulit tidur.

  • Selalu ingin memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya dan menggigitnya.

  • Nafsu makan Si Kecil mengalami penurunan.

Jika Si Kecil menunjukkan salah satu tanda di atas, kemungkinan ia sedang mengalami masalah mulut dan gigi. Gejala ini berlangsung dalam kurun waktu beberapa hari, ketika giginya baru bertumbuh. Meski begitu, terkadang bayi atau anak yang baru tumbuh gigi tidak memiliki atau menunjukkan gejala apa pun. Ini tentu saja membuat ibu kesulitan mengetahui apakah giginya memang sedang bertumbuh.

Baca juga: Kenalan dengan Abses Gigi pada Anak

Namun, ibu tidak perlu lagi khawatir, karena sekarang ada aplikasi Halodoc yang bisa ibu manfaatkan kapan saja untuk bertanya langsung pada dokter. Apa pun keluhan yang ibu alami, atau dialami oleh Si Kecil bisa ibu tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Bukan sembarangan, dokternya spesialis, lho, dan tentu bisa membantu ibu kapan saja. Ibu juga hanya perlu download aplikasinya di ponsel untuk bisa mulai menggunakannya.