18 September 2018

Turunkan Berat Badan, Lebih Baik Tahu atau Tempe?

menurunkan berat badan, berat badan, tahu, tempe

Halodoc, Jakarta - Protein nabati, terutama protein dalam kedelai, telah lama dikenal sebagai salah satu jenis nutrisi yang baik bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan. Berbagai penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa pola makan tinggi protein nabati dari kedelai, dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mampu membantu membakar kalori lebih banyak.

Di Indonesia, tidak sulit menemukan bahan makanan berbahan dasar kedelai. Ada tahu dan tempe, yang telah lama menjadi makanan favorit banyak kalangan. Namun, meski sama-sama terbuat dari kedelai, mana yang paling efektif untuk menurunkan berat badan ya? Tahu atau tempe?

Sebelum itu, ada baiknya kita ketahui lebih dulu perbedaan kandungannya masing-masing, yuk! Berikut kandungan gizi dalam 100 gram tempe dan tahu, berdasarkan data komposisi pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan RI.

Kandungan gizi dalam 100 gram tempe:

- Energi: 150 kalori.

- Protein: 14 gram.

- Lemak: 7,7 gram.

- Karbohidrat: 9,1 gram.

- Serat : 1,4 gram.

- Kalsium: 517 miligram.

- Natrium: 7 miligram.

- Fosfor: 202 miligram.

Kandungan gizi dalam 100 gram tahu:

- Energi: 80 kalori.

- Protein: 10,9 gram.

- Lemak: 4,7 gram.

- Karbohidrat: 0,8 gram.

- Serat : 0,1 gram.

- Kalsium: 223 miligram

- Natrium: 2 miligram.

- Fosfor: 183 miligram.

Dari kandungan gizi tempe dan tahu itu, dapat terlihat bahwa tempe memiliki kandungan nutrisi yang lebih padat dibanding tahu. Tempe memiliki jumlah kalori, protein, karbohidrat, dan lemak yang lebih tinggi daripada tahu. Selain itu kandungan serat dalam tempe dan proses fermentasi yang dilaluinya, membuat tempe dapat dicerna dengan mudah dalam tubuh.

Sementara tahu lebih banyak mengandung air dan mineral yang berasal dari senyawa koagulan yang memadatkan sari kedelai. Kandungan kalorinya yang relatif lebih rendah juga cocok bagi mereka yang sedang menjalankan diet rendah kalori.

Mana yang Lebih Cocok untuk Turunkan Berat Badan?

Jika tempe dan tahu memiliki kandungan nutrisi yang sama-sama baik untuk tubuh, lantas mana yang lebih cocok untuk menurunkan berat badan? Jawabannya adalah keduanya cocok dan sangat baik untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak, apalagi ketika kamu menjalankan program penurunan berat badan.

Seperti dikutip dari Livestrong, protein yang terkandung dalam kedelai memiliki efek yang lebih besar dalam penurunan berat badan, dibanding jenis protein lainnya. Sebuah penelitian pun menemukan bahwa orang yang mendapatkan asupan protein hanya dari makanan berbahan dasar kedelai, mengalami penurunan massa lemak tubuh, dan kolesterol lebih banyak, ketimbang mereka yang mendapatkan asupan proteinnya dari daging.

Hanya saja, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan banyak mengonsumsi tahu dan tempe, sebaiknya perlu juga perhatikan cara pengolahannya, ya. Sebaiknya olah tahu dan tempe dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau dengan cara lainnya yang hanya menggunakan sedikit minyak. Sebab, jika kamu selalu mengolahnya dengan menggoreng menggunakan minyak yang banyak, tidak ada jaminan berat badanmu akan menurun.

Jika kamu butuh panduan diet dari ahli gizi, kamu juga bisa menghubungi dokternya langsung melalui fitur Chat atau Voice/Video Call pada aplikasi Halodoc. Jadi, jangan lupa download aplikasi Halodoc ya, dan dapatkan juga kemudahan memesan obat secara online, kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: