Turunkan Kolesterol dengan Apel, Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Turunkan Kolesterol dengan Apel, Ini Caranya

Halodoc, Jakarta – Kolesterol tinggi itu berbahaya, lho. Sebab dapat menjadi pemicu berbagai penyakit serius lainnya, seperti stroke dan serangan jantung. Oleh karena itu, kolesterol tinggi perlu diturunkan, dengan berolahraga teratur dan minum obat untuk kolesterol yang diresepkan dokter. Apakah cukup? Tentu saja tidak. Orang dengan kolesterol tinggi juga perlu memperhatikan asupan makanannya sehari-hari.

Mulailah dengan mengurangi berbagai makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, dan perbanyak makan buah dan sayur. Bicara soal buah, sebenarnya ada banyak jenis buah yang bisa bantu turunkan kolesterol, lho. Salah satu buah yang disarankan untuk banyak dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi adalah apel. Mengapa?

Apel menjadi buah terbaik untuk menurunkan kolesterol karena mengandung pektin (terutama bagian kulitnya), yaitu serat larut air yang dapat turunkan kolesterol dalam tubuh. Jenis serat ini bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, lalu dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses.

Baca juga: Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Wanita

Tak hanya itu, apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol, yang dapat bantu kurangi peradangan dalam tubuh. Manfaat lainnya dari buah ini adalah kandungan seratnya yang tinggi, sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan keinginan untuk makan makanan tidak sehat pun bisa dihindari.

Buah-buahan Lain yang juga Efektif untuk Turunkan Kolesterol

Di awal telah disebutkan bahwa sebenarnya ada banyak jenis buah yang baik dikonsumsi oleh orang dengan kolesterol tinggi. Pada dasarnya, buah-buahan mengandung serat larut air, yang dapat mengikat asam empedu sehingga penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah dapat menurun. 

Tak hanya serat, buah-buahan juga mengandung senyawa-senyawa yang dapat tingkatkan kadar kolesterol baik, sehingga aliran darah dapat lebih lancar. Namun tetap saja, selain buah-buahan, pengidap kolesterol tinggi juga harus mengonsumsi makanan sehat lain, dan menjalani pola makan rendah lemak.

Seperti apa pola makan yang perlu diterapkan? Kamu bisa berkonsultasi pada dokter gizi. Agar lebih mudah, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan gunakan untuk berkonsultasi dengan dokter gizi lewat chat, yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja. 

Baca juga: Menurunkan Kolesterol atau Berat Badan, Mana yang Lebih Dahulukan?

Nah, kembali lagi ke persoalan buah-buahan, berikut beberapa jenis buah selain apel, yang Halodoc rekomendasikan sebagai buah yang dapat bantu turunkan kolesterol:

1. Alpukat

Sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung, alpukat mengandung tinggi vitamin, mineral, dan senyawa yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Itulah sebabnya mengonsumsi 1 buah alpukat per hari dapat turunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

2. Pir

Kandungan serat alami yang cukup tinggi, membuat buah pir masuk ke dalam daftar buah penurun kolesterol. Sama seperti apel buah pir mengandung jenis serat pektin, yang dapat mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh.

3. Pepaya

Selain efektif untuk turunkan kolesterol, buah pepaya juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan E. Kandungan vitamin C dan E dalam buah ini dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah. Oksidasi kolesterol adalah proses menempelnya kolesterol pada pembuluh darah, sehingga membentuk plak dan menutupi pembuluh.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

4. Buah Beri

Sama seperti apel, kelompok buah beri seperti stroberi, blueberry, dan cranberry, kaya akan pektin yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Hal ini membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuh menurun dan tergantikan oleh kolesterol baik. 

5. Anggur

Buah anggur memiliki kandungan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol pada usus halus. Tak hanya itu, anggur juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat tingkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

6. Jambu Biji

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam jambu biji bermanfaat untuk melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium dan serat larut air dalam jambu biji juga dapat bantu turunkan kolesterol dan tekanan darah, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

7. Kiwi

Buah bercita rasa asam ini juga termasuk salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk turunkan kolesterol jahat dan tingkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Di sisi lain, buah kiwi juga mengandung serat larut air yang dapat bantu serap air di dalam sistem pencernaan, yang juga dapat membentuk gel untuk menghalangi penyerapan kolesterol dalam usus.

Referensi:
CCM. Diakses pada 2019. Fruit Which Reduce Cholesterol.
Eating Well. Diakses pada 2019. 10 Foods That Lower Cholesterol.