15 October 2018

Untuk Pecinta Makanan Jepang, Ini Manfaat Makan Tempura Udang

Untuk Pecinta Makanan Jepang, Ini Manfaat Makan Tempura Udang

Halodoc, Jakarta – Selama ini orang selalu beranggapan segala sesuatu yang digoreng itu akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Padahal sebenarnya, tidak semua makanan yang digoreng harus dihindari, termasuk tempura udang.

Pengolahan yang Benar

Ini semua bukan hanya soal rasanya saja, tetapi juga kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan laut yang mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Semua manfaat tersebut akan lebih memberikan faedah apabila kamu konsumsi dengan sajian makanan lain, seperti labu, ubi jalar, ataupun irisan sayur mentah yang sudah dicuci bersih sebelumnya.

Kemudian, hal yang membuat tempura udang ini bermanfaat dikonsumsi adalah ketika kamu mengelolanya dengan cara yang sehat. Seperti jenis minyak yang digunakan untuk menggoreng. Kamu bisa menggunakan beberapa alternatif pilihan minyak goreng mulai dari minyak zaitun, minyak canola, minyak biji anggur, minyak kacang, dan minyak wijen. Intinya, minyak yang bagus adalah minyak yang mengandung kadar lemak tidak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Dalam adonan tempura udang, sebaiknya udangnya jangan terlalu tebal yang justru malah menyerap minyak lebih banyak. Bikin seringan mungkin dengan pilihan tepung jagung atau almond yang terbukti mengandung serat dan protein yang lebih tinggi dibanding jenis tepung yang lain. Bahkan, kandungan karbohidrat pada kedua jenis tepung ini lebih sehat ketimbang tepung terigu biasa.

Manfaat Makan Udang

Setelah melewati tahapan pengolahan yang benar, maka kamu akan mendapatkan manfaat yang sesungguhnya dari makanan ini.

  1. Sumber Nutrisi

Udang apapun pengolahannya akan memberikan manfaat protein. Di setiap tiga ons udang panggang atau dipanggang, mengandung 20 gram protein dan sedikit lemak dan karbohidrat.

Selain protein, udang menyediakan berbagai nutrisi yang cukup mengesankan. Mulai dari selenium, vitamin B12, fosfor, kolin, tembaga, dan yodium. Selain sebagai mineral yang berperan dalam kekebalan dan fungsi tiroid, selenium adalah antioksidan penting yang membantu melawan partikel yang merusak yang disebut radikal bebas.

  1. Membantu Penurunan Berat Badan

Udang adalah sumber protein dan vitamin D yang sangat baik tanpa penambahan unsur karbohidratnya. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, bentuk makanan laut sederhana ini adalah pilihan yang baik. Tingkat seng yang tinggi juga bermanfaat karena seng adalah salah satu cara untuk meningkatkan kadar leptin dalam tubuh.

Leptin adalah hormon dan merupakan bagian integral dari pengaturan penyimpanan lemak tubuh, nafsu makan, dan penggunaan energi secara keseluruhan dalam tubuh. Dengan meningkatkan kadar leptin dalam tubuh, orang dapat menghindari masalah-masalah umum seperti makan berlebihan.

  1. Anti Penuaan

Sinar matahari adalah salah satu penyebab utama penuaan kulit. Tanpa perlindungan, bahkan beberapa menit paparan sinar matahari dan UVA dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik, atau kulit terbakar. Dengan menambahkan udang ke pola makan, kamu sekaligus melakukan perawatan kulit. Ini dikarenakan udang mengandung astaxanthin yang merupakan antioksidan kuat yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan akibat sinar matahari dan sinar UVA.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat udang ataupun olahan makanan laut lainnya untuk kesehatan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: