03 August 2018

Ini Alasan Makan Ikan Bikin Anak Cerdas

makan ikan bikin anak cerdas,

Halodoc, Jakarta – Rutin makan ikan bisa membuat anak tumbuh cerdas ternyata bukan bualan belaka. Sebab, jenis makanan yang satu ini ternyata memiliki segudang kandungan yang berperan dalam pembentukan otak anak. Ikan laut merupakan sumber protein dan lemak yang baik. Selain itu, ada juga kandungan nutrisi baik lainnya yang menjadi alasan untuk selalu menyantap ikan, terutama pada anak.

Ikan laut banyak mengandung omega 3 dan omega 6 yang berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan sel otak. Hal itu diyakini akan memberi dampak yang baik berupa peningkatan kecerdasan anak. Sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini menyebut, anak yang rutin mengonsumsi ikan cenderung memiliki skor IQ yang lebih tinggi dibanding anak yang tidak makan ikan.

Selain itu, anak yang rutin makan ikan pun disebut memiliki risiko lebih rendah mengalami gangguan pemusatan perhatian alias Attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD). Kandungan asam lemak omega 3 dan minyak ikan juga ternyata dapat membantu memperbaiki perilaku anak yang mengidap gangguan ADHD.

Baca juga: Fakta Soal Anak ADHD yang Harus Orang Tua Tahu

Makan Ikan dan Hubungannya dengan Kualitas Tidur Anak

Selain memiliki kecerdasan dan skor IQ yang lebih tinggi, anak yang rutin makan ikan ternyata juga memiliki pola tidur yang baik. Sebuah penelitian yan dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports menunjukkan bahwa ada hubungan antara kandungan omega-3s pada ikan dengan kenaikan IQ dan perbaikan pola tidur pada anak.

Rutin makan ikan, setidaknya satu kali dalam seminggu, dapat membantu Si kecil tidur dengan lebih nyenyak di malam hari. Hal ini tentu akan memberi banyak manfaat baik, terutama bagi kesehatan anak. Cukup tidur dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar dan bersemangat dalam beraktivitas. Hal ini juga berkaitan dengan kesiapan otak untuk menerima pelajaran atau hal baru pada keesokan harinya.

Selain meningkatkan kecerdasan dan kualitas tidur, rutin makan ikan ternyata juga masih menyimpan banyak manfaat lain. Berikut 4 manfaat yang bisa didapat jika rutin mengonsumsi ikan laut!

Baca juga: 5 Manfaat Makan Ikan

 

  • Jantung yang Lebih Sehat

 

Makan ikan disebut dapat membantu menurunkan risiko gangguan jantung. Artinya, banyak makan ikan juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Hal itu merupakan dampak dari kandungan lemak omega 3 yang dapat membantu menekan tingkat lemak pada darah. Sehingga, risiko penyakit jantung atau gangguan lain pun akan menurun pula.

 

  • Menjaga Kesehatan Tulang

 

Asupan Vitamin D sangat penting dipenuhi untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu sumber alami vitamin ini adalah sinar matahari, tapi ternyata kamu juga bisa mendapatkannya dari ikan laut. Kandungan vitamin D pada ikan laut dapat membantu mendukung kesehatan tulang dan mencegah serangan penyakit yang berkaitan dengan tulang.

 

  • Kulit yang Cantik

 

Asam lemak omega 3 yang ada pada ikan dapat membantu menjaga kulit dan rambut tetap tampak sehat. Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal dari makanan yang satu ini, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang tepat, ya! Hindari mengolah ikan dengan cara digoreng dengan minyak yang banyak. Sebab, hal itu malah bisa menyebabkan makanan itu mengandung lemak yang “berbahaya” untuk kesehatan.

Baca juga: 7 Manfaat Salmon Untuk Kesehatan & Kecantikan

Selain makan ikan, jangan lupa mengonsumsi vitamin tambahan untuk menjaga kesehatan. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.