13 August 2018

Ini 4 Ikan Laut untuk Otak Cerdas

manfaat makan ikan laut, ikan laut untuk kecerdasan otak,ikan laut

Halodoc, Jakarta – Rutin makan ikan telah terbukti dapat membantu merangsang dan meningkatkan kecerdasan otak. Sebab, ikan merupakan jenis makanan dengan kandungan omega-3 yang berfungsi baik untuk otak. Selain baik untuk otak, rutin makan ikan juga bisa memberi manfaat lain untuk kesehatan tubuh, lho.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa kandungan omega-3 yang ada pada ikan laut ternyata juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Omega-3 pada ikan disebut dapat menekan kadar lemak tinggi, sehingga membuat jantung lebih sehat.

Dari banyaknya jenis ikan, 4 ikan laut ini ternyata sangat populer, banyak dikonsumsi, dan berperan dalam menjaga kesehatan jantung serta kecerdasan otak. Apa saja?

Baca juga: Ini Alasan Makan Ikan Bikin Anak Cerdas

1. Ikan Tuna

 

 

Ikan tuna menjadi salah satu jenis ikan yang bisa menjaga kesehatan jantung. Dalam setiap 100 gram tuna, ada kandungan protein sebanyak 23,4 gram. Jumlah ini tergolong cukup besar dan membuat tuna menjadi ikan yang memberi asupan protein lebih berkualitas.

Tuna merupakan jenis ikan laut yang paling banyak mengandung protein. Sayangnya, jenis ikan yang satu ini juga disebut sebagai makanan laut yang paling banyak dan rentan mengandung merkuri. Sehingga, dibutuhkan proses lebih panjang sebelum bisa dikonsumsi dengan aman. Panjangnya proses tersebut dikhawatirkan dapat menurunkan bahkan menghilangkan kandungan nutrisi dalam ikan tuna.

2. Salmon

 

 

Jenis ikan yang satu ini sering menjadi buruan para ibu untuk dijadikan menu dalam MPASI Si Kecil. Pasalnya, ikan salmon sudah sangat dikenal sebagai jenis ikan yang bisa membantu mencerdaskan anak. Faktanya, dalam setiap 100 gram salmon terdapat kandungan omega-3 yang mencapai hingga 2,018 miligram.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang banyak mengonsumsi asam lemak, cenderung memiliki hasil yang lebih baik saat menjalani tes mental. Selain itu, kandungan tersebut juga berperan dalam meningkatkan ketajaman dalam berpikir. Salmon merupakan salah satu ikan yang memiliki lemak, yaitu omega 3 DHA dan EPA.  Lemak tersebut sangat bagus untuk fungsi otak serta perkembangannya.

Baca juga: 5 Makanan Berlemak yang Baik untuk Kesehatan

3. Ikan Kerapu

 

 

Jenis ikan laut yang satu ini ternyata juga baik dikonsumsi untuk mendapatkan jantung yang lebih sehat. Selain itu, tentu saja ikan kerapu juga mengandung nutrisi yang dapat membuat otak lebih cerdas. Bagi kamu pencinta makanan laut, jangan lupa untuk memasukkannya dalam menu makanan wajib, ya!

4. Ikan Teri

 

 

Kecil-kecil cabe rawit. Istilah ini agaknya tidak berlebihan untuk menggambarkan jenis ikan yang satu ini. Pasalnya, ikan teri ternyata masuk dalam daftar ikan yang memiliki asam lemak omega-3 cukup tinggi. Selain itu, ikan teri ternyata juga mengandung kalsium yang tinggi. Sehingga, selain bermanfaat untuk kecerdasan otak dan kesehatan jantung, rutin mengonsumsi ikan teri juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Baca juga: Makan Malam Sehat untuk Pengidap Kolesterol

Tak hanya itu, ikan teri juga disebut dapat menekan kolesterol dalam darah. Sayangnya, proses pengolahan ikan teri sering dilakukan dengan cara yang kurang baik. Ikan teri seringnya diolah dengan cara diasinkan. Artinya, hal tersebut menyebabkan kandungan garam yang tinggi dan bisa memicu kemunculan berbagai masalah kesehatan.

Wah, makan ikan ternyata bisa memberi manfaat yang luar biasa, ya? Yuk, rutin makan ikan dan jangan lupa untuk melengkapinya dengan konsumsi vitamin atau suplemen agar kesehatan otak dan jantung tetap terjaga. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!