01 August 2018

Waktu yang Tepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

 waktu untuk menurunkan berat badan, waktu tepat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, diet setelah melahirkan,berat badan,menurunkan berat badan

Halodoc, Jakarta – Sejatinya tubuh butuh waktu untuk memulihkan diri setelah melahirkan bayi. Maka dari itu, secara medis ibu tidak disarankan untuk langsung melakukan diet setelah melahirkan. Paling masuk akal adalah ibu menerapkan pola makan sehat dan memulai olahraga ringan setelah badan terasa fit.

Pemeriksaan pasca melahirkan biasanya dilakukan tiga hari sampai enam minggu setelah melahirkan. Saat ini lah ibu sebaiknya berdiskusi dengan dokter mengenai waktu dan cara yang tepat menurunkan berat badan.

Atur Pola Makan dan Olahraga

Setidaknya ada cara atau pun tips aman yang dilakukan ibu untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Semuanya dimulai dari mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih sepanjang hari supaya terhidrasi dengan baik. Kalau ingin mengudap, sebaiknya pilih camilan sehat. Kebiasaan ini akan memberikan ibu energi yang dibutuhkan setelah memiliki bayi dan membantu ibu menurunkan berat badan dengan waktu yang stabil.

Selain mengonsumsi makanan sehat, tips lain yang bisa dilakukan ibu untuk menurunkan berat badan adalah meluangkan waktu untuk sarapan pagi hari. Dengan sarapan setiap pagi, ibu akan tetap bisa memberikan asupan nutrisi yang baik untuk buah hati. Jangan lupa juga menyertakan makanan yang kaya serat, seperti gandum dan kacang-kacangan, ke dalam menu sarapan.

Serat memang penting, tetapi makanan yang mengandung karbohidrat juga penting sebagai sumber energi ibu dalam beraktivitas. Hindari makanan cepat saji, manisan, kue, biskuit, serta minuman bersoda. Jangan lupa memperhatikan ukuran porsi makanan dari waktu ke waktu, serta asupan camilanmu di antara jam makan.

Sebenarnya menggabungkan makanan sehat dengan olahraga adalah kombinasi paling efektif untuk menurunkan berat badan. Sebab, ibu dapat menghilangkan lemak lewat aktivitas fisik. Tidak hanya menghilangkan lemak, berolahraga juga sangat disarankan untuk dilakukan ibu pasca melahirkan untuk menjaga kebugaran, meningkatkan energi, dan memperbaiki mood.

Tentukan Jenis Olahraga yang Tepat

Menemukan dan menentukan jenis latihan yang tepat terkadang rumit. Sementara ibu disibukkan dengan kegiatan menjaga anak dan beradaptasi dengan tugas baru, kapan lagi ibu bisa berolahraga?

Ibu bisa menyesuaikan waktu yang tepat untuk berolahraga setelah melihat siklus istirahat bayi dan waktu senggang. Cobalah untuk meminta pasangan atau orang lain untuk menjaga bayi. Barulah ibu bisa keluar, baik itu untuk melakukan morning walk atau pun bergabung dengan klub olahraga.

Ada juga beberapa latihan yang bisa ibu lakukan di rumah, seperti olahraga panggul (kegel), squat, atau jenis high intencity interval training yang bisa diperoleh di youtube. Stretching ringan juga baik dilakukan oleh ibu untuk meregangkan otot-otot yang lelah setelah disibukkan dengan mengurus bayi.

Kesemuanya ini bisa dilakukan pelan-pelan dan jangan terlalu dipaksakan. Sebetulnya yang paling penting adalah membuat fisik ibu bugar, bukan semata menurunkan berat badan.

Menggendong bayi dan membawanya berjalan mengelilingi komplek juga termasuk latihan setelah melahirkan. Menurunkan berat badan setelah kelahiran baik dilakukan untuk menurunkan risiko peningkatan berat badan drastis di kehamilan selanjutnya. Komplikasi kelebihan berat badan setelah melahirkan bisa mengembangkan beberapa penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, serta melahirkan bayi dengan ukuran besar di kehamilan selanjutnya.

Punya banyak pertanyaan lain seputar waktu yang tepat menurunkan berat badan serta tips diet yang sehat setelah melahirkan seperti apa, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.