12 October 2018

Wanita Wajib Coba Olahraga Tinju, Inilah Alasannya

Olahraga tinju bagi wanita,olahraga,olahraga tinju

Halodoc, Jakarta - Tinju merupakan olahraga dan seni bela diri yang bisa dilakukan oleh dua orang. Olahraga ini mengharuskan kedua pemainnya memiliki berat badan yang serupa untuk bertanding. Biasanya, pertandingan tinju akan berinterval satu atau tiga menit yang disebut ronde.

Biasanya, olahraga satu ini akan lebih diminati oleh kaum pria. Pasalnya, tinju termasuk sebagai salah satu olahraga keras dan membutuhkan tenaga lebih. Meskipun begitu, wanita juga harus mencoba olahraga satu ini. Apa saja manfaat tinju untuk wanita? Ini ulasan selengkapnya!

Membakar Lemak dan Kalori dengan Cepat

Tinju merupakan salah satu jenis olahraga yang membutuhkan dan menguras tenaga paling banyak. Jika dilakukan secara teratur, tinju merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Rata-rata, satu jam latihan tinju dapat menghilangkan 200-300 kalori. Hal ini terjadi karena olahraga tinju merupakan olahraga dengan intensitas tinggi.

Enggak hanya itu, kamu juga bisa menghilangkan lemak visceral dengan melakukan tinju. Lemak visceral adalah lemak yang terdapat pada bagian perut. Hal bermanfaat lainnya adalah, saat melakukan olahraga ini kamu bisa mengkombinasikannya dengan olahraga pertahanan lain, seperti press up, lunges, dan jumping squats yang dilakukan bersamaan dengan skipping. Hal ini sangat efektif untuk membakar lemak berlebih pada tubuh.

Menguatkan Otot Lengan dan Pundak

Wanita umumnya memiliki lengan yang besar bahkan bergelambir, karena memang simpanan lemaknya lebih banyak daripada pria. Nah, gerakan tinju memfokuskan kekuatan pada otot-otot yang berbeda di lengan seperti, trisep, bisep, dan bahu. Gerakan-gerakan dalam tinju dapat membantu menguatkan tubuh bagian atas sekaligus mengencangkan lengan.

Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Wanita berolahraga untuk terlihat fit secara fisik. Namun, jangan sampai kamu melupakan tujuan utama berolahraga, yaitu agar memiliki tubuh yang sehat. Untuk memastikan tubuh kamu dalam keadaan sehat, kamu memerlukan jantung yang kuat selama mungkin.

Seorang pelatih kebugaran dari LA Fitness di Los Angeles bernama John Kalu, mengatakan, "Bertinju yang baik akan membuat kamu bernapas secara berat dan meningkatkan detak jantung, jantung kemudian memompa darah ke seluruh penjuru tubuh. Detak jantung yang meningkat akan memperkuat otot-otot jantung dan menurunkan kemungkinan kamu mengalami penyakit kardiovaskular sekaligus stroke".

Meredakan Stres

Kamu mungkin berpikir bahwa terus-menerus meninju samsak akan menjadikan kamu lebih agresif. Namun, Kalu mengatakan bahwa tinju sebenarnya bersifat terapeutik alias menenangkan.

"Penelitian menunjukkan bahwa bertinju membantu melepaskan stres pada fisik dan mental, serta tekanan pada setiap pukulannya. Bertinju bisa menurunkan hormon stres seperti kortisol, sekaligus meningkatkan endorfin (endorfin merupakan zat yang memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu rasa senang, tenang atau bahagia). Bertinju juga akan mendongkrak mood kamu secara alami, yang pada akhirnya menghilangkan stres," jelas Kalu.

Hal ini dikarenakan ketika kamu memukul sand sack atau sparing bersama teman tinju dapat membantu kamu mengelola emosi dengan cara yang lebih sehat. Dengan bertinju, kamu bisa meluapkan emosi atau amarah yang terpendam di dalam hati. Emosi atau beban pikiran yang dibiarkan menumpuk dan menjadi masalah di kemudian hari.

Melatih Kekuatan dan Keseimbangan Tubuh

Manfaat tinju yang melatih kekuatan otot inti juga dapat membantu membentuk postur tubuh yang baik. Mendapatkan fleksibilitas dan stabilitas otot perut, punggung, dan tulang belakang lewat bertinju juga mengurangi keausan tulang belakang serta mengasah keterampilan motorik halus.

Ini membuat kamu bisa bereaksi lebih cepat dan tetap seimbang pada permukaan yang tidak stabil atau ketika merespon gerakan yang tiba-tiba. Pada akhirnya, postur dan keseimbangan tubuh yang baik dapat mencegah kamu dari risiko cedera.

Nah, itulah manfaat tinju bagi wanita. Namun, jika kamu mendapatkan masalah kesehatan dalam mempraktekkan olahraga tersebut. Kamu bisa langsung Chat, Voice/Video Call dengan dokter ahli dengan men-download aplikasi Halodoc. Selain itu, Halodoc juga menyediakan layanan Apotek Antar bagi kamu yang membutuhkan obat secara cepat tanpa keluar rumah. Yuk, download aplikasinya segera!

Baca juga: