10 April 2018

5 Cara Mengencangkan Lengan Paling Praktis

5 Cara Mengencangkan Lengan Paling Praktis

Halodoc, Jakarta – Lengan adalah salah satu bagian yang paling seksi baik bagi wanita maupun pria. Untuk wanita, lengan yang kencang tidak bergelambir akan memberikan rasa percaya diri mengenakan baju tanpa lengan ataupun yang ngepas di badan. Beberapa survei juga mengatakan lengan pria yang kencang dan seksi salah satu bagian dari tubuh pria yang paling seksi menurut wanita.

Supaya mendapatkan bentuk lengan idaman, ada baiknya kamu membaca cara mengencangkan lengan di bawah ini. Ada beberapa latihan ataupun jenis olahraga praktis yang efektif mengencangkan lengan.

  1. Push Up

Latihan push up memang menyasar pada pembentukan tubuh bagian atas tetapi juga dapat memberikan efek yang dramatis buat lengan dan bahu kalau kamu melakukannya dengan rutin. Lakukan 2-3 kali seminggu selama 5-7 menit untuk hasil efektif dan konstan. Kamu bisa melakukan variasi untuk push up-mu dengan cara kedua jari membentuk diamond kemudian lakukan push up seperti biasa.

Latihan ini akan memberikan penekanan pada otot lengan bagian dalam sehingga membentuk dan mengencangkannya. Hanya saja untuk mendapatkan hasil maksimalkan, tumpukan berat badan di lengan jangan di kaki.

  1. Plank

Plank adalah latihan yang tidak menggunakan alat melainkan berat tubuh dan menjadikannya sebagai beban untuk melatih otot badan. Selain membentuk postur badan, plank juga dapat menjadi salah satu cara mengencangkan lengan yang efektif.

Ada beberapa kombinasi plank yang bisa kamu coba untuk lengan yang kencang secara menyeluruh. Mulai dari straight plank yaitu kamu meluruskan lengan saat melakukan plank. Plank jenis ini akan mengencangkan otot bagian depan dan juga bahu. Sedangkan side plank  (posisi plank menyamping) akan mengencangkan otot dalam lengan.

  1. Arm Circle

Cara mengencangkan lengan yang paling praktis lainnya adalah dengan melakukan arm circle. Kamu cukup berdiri dengan kedua kaki terbuka sebahu lalu sejajarkan kedua tangan dengan bahu lalu putar 360 derajat dan lakukan selama 3-5 menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan beban dengan memegang dumbbell 3 kilogram di kiri-kanan tangan.

Kamu bisa melakukan gerakan kombinasi misalnya dengan duduk dan menahan kedua kaki tidak menyentuh lantai sembari menggerakkan lengan 360 derajat. Semakin banyak variasi gerakan yang kamu lakukan sembari melatih lengan maka semakin besar juga energi yang dikeluarkan untuk membentuk otot lengan.

  1. Dumbbell Exercise

Salah satu cara mengencangkan lengan paling praktis lainnya adalah dengan berlatih menggunakan dumbbell yang dilakukan bervariasi. Bisa dimaju-mundurkan ke dada atau diangkat menjauhi kepala, untuk melatih lengan bagian dalam dapat dilakukan dengan mengangkat dan menurunkan dumbbell di belakang kepala. Lakukan gerakan ini 2-3 kali pengulangan selama 3 menit untuk hasil yang maksimal.

  1. Triceps Dips

Kamu membutuhkan kursi untuk melakukan latihan ini. Caranya adalah berdiri membelakangi kursi lalu letakkan tangan di dudukan kursi lalu naik-turunkan badan dengan menumpukan berat badan pada lengan. Ketika melakukan gerakan naik-turun ini, pastikan bokong dan punggung berada di posisi 90 derajat. Ulangi 2-3 menit dalam setiap pengulangannya. (Baca juga: 3 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga)

Kalau kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengenai olahraga yang tepat untuk pembentukan badan dan kesehatan, tanyakan saja langsung di Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.