• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada Bahaya Radiasi Gadget pada Pertumbuhan Remaja

Waspada Bahaya Radiasi Gadget pada Pertumbuhan Remaja

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Perkembangan teknologi membuat hampir semua orang terbuka dengan penggunaan gadget. Tidak terkecuali para remaja yang saat ini hampir semuanya memiliki gadget yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Tentunya, perkembangan teknologi memiliki manfaat untuk berkomunikasi.

Baca juga: WHO: Kecanduan Game Merupakan Gangguan Mental

Namun, penggunaan teknologi perlu pendampingan dari orangtua agar anak tidak mengalami dampak buruk dari perkembangan teknologi. Mulai dari gangguan fisik hingga psikologi bisa dialami remaja yang mengalami kecanduan gadget. Selain itu, paparan radiasi yang berasal dari gadget juga menyebabkan beberapa dampak buruk pada remaja. 

Bahaya Radiasi Gadget pada Remaja

Tentunya, dalam kehidupan sehari-hari penggunaan gadget menjadi salah satu hal yang kerap dilakukan baik oleh orang tua maupun anak remaja. Berbagai manfaat dari penggunaan gadget sudah dirasakan oleh banyak orang. Namun, penggunaan gadget yang tidak dibatasi dengan aturan juga meningkatkan risiko dampak buruk pada penggunanya, salah satunya anak-anak dan remaja.

Selain masalah sosial atau gangguan psikologis, penggunaan gadget yang tidak dibatasi juga meningkatkan risiko paparan radiasi pada penggunanya. Melansir First Cry Parenting, paparan radiasi yang berasal dari gadget menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan pada remaja, seperti penyakit kanker.

Gadget memiliki paparan radiasi non-ionizing yang dapat dialami saat menggunakan gadget tanpa batasan waktu. Kondisi ini meningkatkan anak mengalami gangguan penyakit lainnya. Pada tahun 2016, The US National Toxicology Program yang merupakan bagian dari Institutes of Health, melakukan penelitian dengan hasil paparan radiasi dari gadget yang cukup lama meningkatkan risiko munculnya tumor.

Baca juga: Anak Kecanduan Main Game, Hati-Hati Alami Gaming Disorder

Batasi Penggunaan Gadget pada Remaja

Selain risiko paparan radiasi yang mengganggu kesehatan serta tumbuh kembang anak, kebiasaan menggunakan gadget tanpa batasan dan aturan yang berlaku pada anak-anak dan remaja juga meningkatkan berbagai dampak buruk. Ketahui beberapa dampak buruk yang dapat dialami anak dari penggunaan gadget yang terlalu lama.

Terlalu banyak bermain gadget juga dapat membuat para remaja kesulitan untuk bersosialisasi. Bermain gadget dalam waktu yang cukup lama membuat anak berdiam diri pada satu tempat dan menyebabkan anak kurang kontak langsung dengan teman-teman sebayanya atau orang lain. Kondisi ini yang menyebabkan anak merasa tidak nyaman ketika berada di lingkungan baru. 

Terlalu banyak bermain gadget juga menyebabkan anak rentan alami gangguan tidur. Hindari anak bermain gadget saat menjelang waktu tidur karena bisa menyebabkan insomnia. Tentunya insomnia yang berkepanjangan pada anak-anak dapat berpengaruh pada kesehatan. 

Baca juga: Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak Milenial

Sebaiknya segera gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter ketika anak mengalami gangguan kesehatan. Selain itu, melansir Very Well Family, akan mengalami penurunan kondisi akademik. Mulai sekarang, tidak ada salahnya membatasi penggunaan gadget pada anak.

Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk membatasi para remaja menggunakan gadget dalam waktu yang cukup lama. Tidak ada salahnya untuk mengajak anak melakukan berbagai kegiatan positif yang menyenangkan, misalnya melakukan olahraga bersama.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. The Harmful Effects of Too Much Screen Time for Kids
First Cry Parenting. Diakses pada 2020. Parents Beware! This is How Gadgets Are Harming Your Little Children