Ajarkan Anak Olahraga Sejak Dini, Kenapa Tidak?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mengajarkan olahraga pada anak

Halodoc, Jakarta – Olahraga sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, termasuk bagi anak dan orangtua. Bahkan semakin dini seseorang mengenal olahraga, ia akan semakin terbiasa melakukannya saat dewasa nanti. Lantas, seberapa pentingkah mengajarkan olahraga pada anak sejak dini? Cari tahu faktanya di sini, yuk!

Baca juga: 6 Cara Mengenalkan Olahraga pada Anak

Manfaat Olahraga bagi Si Kecil

Selain menyenangkan, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan Si Kecil. Berikut adalah beberapa manfaat olahraga bagi Si Kecil:

  • Meningkatkan kebugaran.
  • Memicu pertumbuhan tulang dan otot.
  • Meningkatkan koordinasi gerak dan keseimbangan tubuh.
  • Membantu membentuk postur tubuh anak yang ideal.
  • Menurunkan risiko obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Meningkatkan kemampuan sosial dan kedisiplinan.

Tips Mengajarkan Olahraga pada Anak

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengajarkan olahraga pada anak sejak dini:

1. Kenali Kebutuhan Fisiknya

Berbeda usia, berbeda juga kebutuhan fisik Si Kecil. Oleh sebab itu, ibu perlu mengenali kebutuhan fisik Si Kecil sesuai usia. Antara lain:

 

  • Usia TK

 

Si Kecil membutuhkan petunjuk olahraga yang singkat, jelas, dan sederhana. Olahraga hanya difokuskan untuk membantu perkembangan motoriknya. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan adalah lari, bermain bola, atau mengendarai sepeda roda tiga.

 

  • Usia Awal Sekolah

 

Ibu bisa mencari tahu minat dan bakat Si Kecil dalam berolahraga. Setelah mengetahuinya, ibu bisa membantu Si Kecil mendalami olahraga yang disukai. Misalnya, memasukkan Si Kecil ke klub olahraga tertentu atau mengajaknya berolahraga di luar rumah secara rutin.

 

  • Usia Remaja

 

Ibu bisa menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan Si Kecil untuk berolahraga. Ini dilakukan agar memotivasi Si Kecil untuk rutin berolahraga. Misalnya, menyediakan bola sepak, ring basket di halaman rumah, raket, kok, atau perlengkapan olahraga lain yang disukainya. Jangan lupa juga untuk memberikan arahan pada Si Kecil agar ia bisa berkomitmen untuk menyeimbangkan bidang akademik dan hobi olahraganya.

2. Kenalkan Berbagai Jenis Olahraga

Cara lain yang bisa ibu lakukan adalah dengan mengenalkan Si Kecil pada berbagai jenis olahraga, di antaranya melalui televisi, youtube, atau media lainnya. Ini dilakukan untuk memberikan referensi jenis olahraga yang bisa dilakukan Si Kecil. Selain itu, ibu juga bisa mengenalkan Si Kecil dengan figur sukses di cabang olahraga yang disukainya atau mengajak Si Kecil menonton kompetisi olahraga bersama. Cara ini dilakukan agar Si Kecil semakin termotivasi untuk berolahraga.

3. Jadikan Olahraga sebagai Rutinitas

Bantu Si Kecil untuk menjadikan olahraga sebagai rutinitas yang menyenangkan. Misalnya, ibu bisa membuat jadwal untuk Si Kecil berolahraga di luar rumah bersama keluarga, atau mengizinkannya untuk berolahraga bersama teman-temannya di luar rumah.

4. Beritahu tentang Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan

Ibu juga perlu mengajarkan Si Kecil untuk pemanasan dan pendinginan. Ini dilakukan agar Si Kecil terbiasa melakukannya saat ingin berolahraga. Sebab, kedua hal ini penting untuk dilakukan agar ia terhindar dari cedera saat berolahraga.

Baca juga: Tips Agar Olahraga Enggak Membosankan

Itulah empat tips mengajarkan olahraga pada anak sejak dini. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar manfaat olahraga bagi Si Kecil, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Ibu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!