Waspada, Limfedema Dapat Sebabkan Komplikasi Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Waspada, Limfedema Dapat Sebabkan Komplikasi Ini

Halodoc, Jakarta – Terkadang aktivitas yang terlampau padat dapat menyebabkan tubuh kamu merasakan lelah terus menerus. Sebaiknya jangan sepelekan kondisi lelah yang dirasakan dan disertai dengan pembengkakan pada bagian lengan khususnya jari dan tungkai karena bisa jadi kamu mengalami gejala limfedema. Tidak ada salahnya untuk mengetahui penyakit ini lebih jauh agar dapat mengatasi kondisi ini lebih dini dan dapat menghindari komplikasi yang disebabkan oleh penyakit limfedema.

Baca juga: Ini Gejala Limfedema yang Perlu Diwaspadai

Apakah Limfedema Berbahaya?

Limfedema adalah kondisi pembengkakan pada tungkai dan lengan yang disebabkan adanya gangguan pada sistem limfatik. Lebih jelasnya begini, sistem limfatik berpengaruh pada sistem imun dalam tubuh sehingga kondisi tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuhmu. Limfedema umum terjadi pada wanita yang sedang menjalani perawatan kanker payudara.

Kondisi limfedema terjadi ketika kelenjar getah bening terhambat dan tidak mampu membuang zat-zat yang berbahaya dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan zat yang berbahaya dapat berkumpul pada bagian tungkai dan lengan. Inilah mengapa pembengkakan terjadi pada bagian tersebut.

Kenali gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami kondisi limfedema agar penanganan dapat dilakukan sejak dini. Gejala utama adalah pembengkakan pada bagian lengan dan tungkai yang terasa nyeri ketika disentuh. Pengidap limfedema juga lebih sulit bergerak dan merasa lebih berat serta kaku.

Demam disertai meriang menjadi salah satu gejala yang dialami pengidap limfedema. Pada bagian yang mengalami infeksi muncul kondisi memar meskipun tidak terjadi benturan. Pengerasan serta penebalan kulit menjadi tanda penyakit limfedema. Jangan sepelekan luka atau kulit yang kering, nyatanya ini juga menjadi tanda penyakit limfedema.

Baca juga: Perbedaan Limfedema Primer dan Sekunder

Inilah Komplikasi dari Limfedema

Kondisi limfedema bisa dicegah dengan melakukan beberapa langkah pencegahan, seperti menjaga lengan atau tungkai dari luka maupun infeksi. Tidak ada salahnya untuk menutup bagian tubuh yang luka dengan kassa steril atau perban. Hindari juga penggunaan pakaian yang ketat pada bagian yang terluka.

Gunakan air hangat ketika kamu akan membersihkan atau merawat luka.Jangan lupa untuk mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter mengenai gejala lain yang akan dialami pengidap limfedema. Caranya mudah dan kamu tak perlu keluar rumah, caranya cukup download aplikasi Halodoc dan pilih fitur Tanya Dokter

Kondisi limfedema yang tidak segera diatasi menyebabkan komplikasi kesehatan, seperti:

1. Infeksi

Limfedema dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi pada bagian tubuh kamu yang lain. Misalnya, infeksi bagian kulit atau selulitis dan limfangitis. Kondisi ini bertambah parah ketika bagian yang terinfeksi mengalami luka.

2. Lymphangiosarcoma

Penyakit ini adalah salah satu jenis kanker jaringan yang sangat jarang terjadi. Kondisi ini menyebabkan kulit mengalami perubahan warna menjadi kebiruan atau keunguan seperti kulit lebam.

3. Pertumbuhan Tumor

Pertumbuhan tumor dapat terjadi ketika seseorang mengalami kondisi limfedema dan tidak segera diatasi. Tumor pada tubuh menyebabkan terhambatnya aliran cairan limfa dan menyebabkan pembengkakan.

4. Napas Pendek

Limfedema dapat menyebabkan kondisi napas yang menjadi lebih pendek dibandingkan kondisi normal.

5. Tindakan Amputasi

Ketika infeksi menyebar pada beberapa bagian tubuh, penyakit ini dapat menyebabkan tindakan amputasi.

Tidak ada salahnya untuk selalu mengontrol kesehatan kamu secara rutin agar kamu dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, ya. 

Baca juga: 4 Jenis Pemeriksaan untuk Deteksi Limfedema