Waspadai 3 Penyebab Gangguan Metabolik Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
waspadai-3-penyebab-gangguan-metabolik-ini-halodoc

Halodoc, Jakarta – Kamu tentunya sudah sering mendengar tentang metabolisme tubuh. Istilah tersebut biasanya dikaitkan dengan berat badan. Misalnya, remaja dan orang-orang yang masih muda cenderung memiliki badan yang langsing, karena metabolisme tubuh mereka masih bekerja dengan cepat. Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh akan semakin melambat, sehingga orang yang sudah berumur cenderung mudah gemuk. Enggak hanya bisa melambat, fungsi metabolisme juga bisa terganggu atau mengalami kelainan. Kondisi ini disebut gangguan metabolik. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab gangguan metabolik? Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Apa yang Dimaksud dengan Metabolisme?

Agar bisa memahami gangguan metabolik, kamu perlu mengetahui dulu apa itu metabolisme. Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi di dalam tubuh untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi bahan bakar yang memampukan kamu beraktivitas sehari-hari.

Nutrisi yang ada di dalam makanan meliputi protein, karbohidrat, dan lemak. Nah, zat-zat tersebut dipecah melalui proses metabolisme untuk kemudian dibawa ke sel-sel tubuh di mana mereka bisa menggunakannya sebagai bahan bakar. Tubuh akan menggunakan zat-zat ini atau menyimpannya di hati, lemak tubuh, dan jaringan otot untuk digunakan nanti.

Apa yang Dimaksud dengan Gangguan Metabolik?

Gangguan metabolik terjadi ketika proses metabolisme di dalam tubuh terganggu, sehingga gagal memproduksi energi yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Dengan kata lain, gangguan metabolik adalah gangguan dalam proses metabolisme tubuh. 

Gangguan metabolik sendiri bisa terjadi dalam berbagai bentuk, antara lain:

  • Adanya reaksi kimia abnormal yang menghambat proses metabolisme.

  • Hilangnya enzim atau vitamin yang diperlukan untuk proses kimia penting.

  • Kekurangan gizi.

  • Mengidap penyakit yang menyerang hati, pankreas, kelenjar endokrin, ataupun organ lain yang terlibat dalam metabolisme.

Baca juga: Begini Penanganan untuk Gangguan Metabolik

Penyebab Gangguan Metabolik

Berikut ini beberapa penyebab seseorang bisa mengalami gangguan metabolik:

1. Kelainan Genetik

Dari sekian banyak jenis gangguan metabolik yang ada, sebagian besar disebabkan oleh kelainan genetik yang diturunkan dalam keluarga. Kelainan genetik ini kemudian memengaruhi fungsi kelenjar endokrin dalam menghasilkan enzim yang digunakan dalam proses metabolisme. Akibatnya, metabolisme tidak bisa berfungsi dengan baik karena jumlah enzim yang dibutuhkan tersebut berkurang atau tidak diproduksi sama sekali.

Baca juga: 6 Penyakit Akibat Kekurangan Enzim

2. Ras Tertentu

Menurut Institusi Kesehatan Nasional (NIH), kelompok ras atau etnis tertentu lebih berpotensi menurunkan mutasi gen sebagai kelainan bawaan pada bayi sejak lahir. Berikut adalah ras-ras yang berisiko mengalami gangguan metabolik:

  • Gangguan metabolik seperti anemia sel sabit sering terjadi pada ras Afrika-Amerika.

  • Gangguan metabolik fibrosis kistik sering menimpa orang-orang keturunan Eropa.

  • Sedangkan penyakit Maple Syrup Urine (MSUD) lebih sering ditemukan di komunitas Mennonite.

  • Penyakit Gaucher sering terjadi pada orang Yahudi dari Eropa Timur.

  • Sedangkan hemochromatosis terjadi pada ras Kaukasia di Amerika Serikat.

3. Penyakit pada Organ Metabolisme

Kamu juga bisa mengalami gangguan metabolik bila organ-organ yang terlibat dalam proses metabolisme, seperti pankreas atau hati terganggu. Gangguan jenis ini bisa disebabkan oleh genetika, kekurangan hormon atau enzim tertentu, terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu, ataupun sejumlah faktor lainnya.

Itulah 3 faktor yang bisa menjadi penyebab gangguan metabolik. Bila kamu memiliki kondisi di atas yang bisa meningkatkan risiko kamu mengalami gangguan metabolik, sebaiknya periksakan diri ke dokter dan diskusikan tindakan pencegahan yang bisa dilakukan. 

Baca juga: Bisakah Gangguan Metabolik Dicegah?

Kamu juga bisa bertanya-tanya tentang gangguan metabolik lebih lanjut pada dokter di Halodoc. Hubungi dokter melalui fitur Chat to A Doctor untuk bertanya-tanya seputar kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Nutrition and Metabolism Disorders.