Begini Penanganan untuk Gangguan Metabolik

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Begini Penanganan untuk Gangguan Metabolik

Halodoc, Jakarta - Keseimbangan tubuh harus senantiasa dijaga. Pasalnya, kamu mungkin saja mengalami gangguan yang disebabkan suatu zat yang terlalu tinggi jumlahnya, sehingga menimbulkan penyakit. Beberapa contoh zat yang tinggi dan dapat menyebabkan penyakit adalah gula darah dan kolesterol yang tinggi.

Ternyata, kamu dapat mengalami kedua kelainan tersebut yang disebabkan oleh gangguan metabolik. Dalam tahap yang parah, kamu mungkin mengalami penyakit pada pembuluh darah dan jantung. Maka dari itu, penanganan dini terhadap gangguan metabolik sangat penting untuk dilakukan. Berikut cara mengobati penyakit tersebut!

Baca juga: Bisakah Gangguan Metabolik Dicegah?

Perawatan Gangguan Metabolik

Gangguan metabolik adalah suatu kondisi yang menyebabkan tubuh kamu mengalami masalah metabolisme. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan faktor risiko, seperti lemak perut, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, serta kadar kolesterol yang tidak sehat.

Hal tersebut dapat menyebabkan kamu mengalami beberapa penyakit, dan pada tahap yang parah bisa menyebabkan kematian. Beberapa penyakit yang dapat terjadi tersebut adalah penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Walau begitu, seseorang yang terserang salah satu kondisi ini belum tentu mengidap gangguan metabolik.

Gangguan ini semakin umum terjadi di masyarakat. Hal ini dapat disebabkan oleh gaya hidup yang menyebabkan terlalu banyaknya zat-zat yang tidak dibutuhkan masuk ke tubuh. Maka dari itu, jika kamu mengalami gangguan ini, pengobatannya harus segera dilakukan. Berikut penanganan gangguan metabolik, yaitu:

  1. Berolahraga

Salah satu cara untuk menangani gangguan metabolik adalah dengan rutin berolahraga. Cara ini akan efektif jika dilakukan secara rutin, maka harus terus dilakukan meski belum merasakan dampaknya. Kamu juga dapat menurunkan tekanan darah, mengontrol kadar kolesterol, dan meningkatkan resistensi insulin dengan hal ini.

Kamu juga dapat melakukan lebih banyak aktivitas fisik sehingga badan kamu terus bergerak. Kamu dapat melakukannya secara bertahap dan jangan terlalu ambisius. Hal yang terpenting adalah melakukannya secara rutin. Menemukan olahraga yang sesuai dengan minat kamu juga dapat membuat lebih bersemangat.

Baca juga: Ini Cara Mengobati Gangguan Metabolik

  1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Dengan menerapkan pola diet dan mengonsumsi makanan yang sehat, kamu dapat mengatasi gangguan metabolik. Hal ini dapat meminimalisir risiko yang dapat disebabkan oleh penyakit yang membahayakan tubuh kamu tersebut. Selain itu, kamu juga dapat menurunkan berat tubuh dengan cara ini.

Beberapa diet seperti konsumsi rendah lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol, dapat membantu kamu menjaga tekanan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Hal yang harus diperhatikan adalah menjaga keseimbangan karbohidrat dan protein agar tubuh kamu tetap sehat.

  1. Menurunkan Berat Badan

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menangani gangguan metabolik adalah penurunan berat badan. Seharusnya jika kamu rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat, berat badan juga ikut menurun. Dengan menurunnya beban tubuh, risiko terkena penyakit yang disebabkan kelainan metabolisme tersebut dapat menurun.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan tersebut, dokter dari Halodoc dapat menjawab kebingungan kamu tersebut. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemeriksaan fisik terkait metabolisme tubuh kamu di rumah sakit dengan memesannya melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: 6 Penyakit Akibat Kekurangan Enzim

  1. Berhenti Merokok

Semua orang tahu merokok adalah suatu kegiatan yang dapat menyebabkan dampak buruk. Hal tersebut karena seseorang yang merokok dapat meningkatkan risiko terhadap gangguan pembuluh darah dan penyakit jantung. Maka dari itu, kamu harus segera berhenti dari kebiasaan tersebut.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Metabolic syndrome
WebMD. Diakses pada 2019. How Do You Treat Metabolic Syndrome?