• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Perlu Diketahui tentang Kanker Lidah

Hal yang Perlu Diketahui tentang Kanker Lidah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kanker lidah memang penyakit yang jarang terjadi, seperti kanker payudara. Namun, efek sampingnya bisa sangat membahayakan bagi pengidapnya. Penyakit ini terjadi ketika adanya pertumbuhan sel-sel abnormal dari jaringan lidah dan ditandai dengan banyak sariawan, bercak merah atau putih pada lidah, serta sakit tenggorokan parah. Berikut hal-hal yang perlu kamu waspadai!

Baca juga: Waspadai Kanker Lidah Bisa Menyerang Tanpa Disadari

Kenali Faktor Pemicu Kanker Lidah

Meski kanker lidah terbilang jarang terjadi, kamu tak boleh menganggap enteng masalah kesehatan yang satu ini. Hingga saat ini, penyebab pasti kanker lidah memang belum diketahui. Namun, ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu munculnya kanker pada lidah.

1. Merokok

Bukan hanya menjadi pemicu dari kanker lidah saja, rokok memang sudah dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehatan lain. Mulai dari kanker, serangan jantung, hipertensi, hingga masalah kesuburan. Diketahui setidaknya 85 persen kanker di area kepala dan leher disebabkan oleh merokok.

2. Alkohol

Selain merokok, terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga menjadi pemicu dari kanker lidah. Apalagi, jika kamu sering mengonsumsi alkohol yang dibarengi dengan merokok. Hati-hati, kanker lidah bisa saja menyerangmu kapan saja.

Baca juga: Kenali Warna Lidah untuk Menentukan Kondisi Kesehatan

3. Kebersihan Mulut yang Tidak Terjaga dengan Baik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kanker lidah dapat terjadi karena adanya luka pada mulut (sariawan) yang tidak kunjung sembuh. Luka ini dapat disebabkan oleh patahan gigi yang melukai bagian mulut, tergesek gigi, atau tergigit saat makan. Jika kamu tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik, luka ini tidak akan sembuh dengan cepat, sehingga dapat menjadi pemicu dari kanker lidah.

Tiga hal tersebut adalah faktor-faktor yang kerap kali terjadi pada pengidap kanker lidah. Selain tiga hal tersebut, beberapa hal dapat menimbulkan pertumbuhan sel-sel abnormal pada bagian lidah, seperti pola makan yang buruk, mengunyah sirih, mengidap HPV, memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah, atau mengidap sifilis. Untuk mencegah faktor pemicunya, selalu perhatikan kesehatan dan kebersihan mulutmu, ya!

Tanda dan Gejala yang Perlu Diperhatikan

Kamu dapat menemui dokter di rumah sakit terdekat ketika menemukan sejumlah tanda dan gejala berikut ini:

  • Sariawan pada area gusi, lidah, atau lapisan mulut. Sekilas terlihat sepele, tapi jika terjadi selama lebih dari seminggu. Kamu perlu mewaspadainya.

  • Benjolan atau pembengkakan pada lidah yang akan terasa nyeri ketika tersenggol.

  • Rasa nyeri di bagian rahang. Waspadai jika rasa sakitnya telah menyebar ke area kepala dan bagian wajah, ya!

  • Sakit tenggorokan yang tak kunjung membaik. Awalnya orang akan mengira ia terkena radang tenggorokan. Namun, jika kondisi ini berlangsung selama beberapa minggu, segera temui dokter.

  • Lidah terasa kaku dan kelu yang terjadi selama berminggu-minggu.

  • Rasa sakit saat menelan yang tak kunjung membaik.

  • Terjadi perdarahan pada area lidah tanpa sebab yang jelas.

Baca juga: 5 Fungsi Lidah yang Perlu Diketahui

Jangan keburu panik, ya! Kanker lidah dapat kamu cegah dengan mengurangi konsumsi alkohol, berhenti merokok, selalu menjaga kebersihan mulut dan lidah, melakukan vaksinasi HPV, lakukan hubungan seks dengan aman, serta konsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan mulut dan gigi sebanyak 2 kali dalam setahun untuk mencegah penyakit berbahaya lainnya, ya!

Referensi:

NIH. Diakses pada 2020. Cancer Stat Facts: Oral Cavity and Pharynx Cancer.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are The Early Signs of Tongue Cancer?
WebMD. Diakses pada 2020. Tongue Cancer Facts.