2 Kiat Puasa Sehat bagi Pengidap Tukak Lambung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
2 Kiat Puasa Sehat bagi Pengidap Tukak Lambung

Halodoc, Jakarta - Puasa adalah hal yang wajib bagi setiap muslim ketika memasuki bulan Ramadan. Seseorang yang berpuasa wajib menahan haus dan lapar di siang hari. Walau begitu, seseorang yang mengidap tukak lambung mungkin akan sulit untuk menjalankan puasa, karena gangguan tersebut mungkin saja dapat kambuh sewaktu-waktu.

Seseorang yang mengidap tukak lambung akan mengalami peningkatan kadar asam pada lambung apabila perutnya tidak mendapat asupan yang memadai selama berpuasa. Tukak lambung sendiri adalah sebuah gangguan pada lapisan perut yang menyebabkan luka. Gangguan tersebut umumnya terjadi pada duodenum yang merupakan salah satu bagian dari usus kecil.

Tukak lambung juga disebut dengan tukak gastritis atau tukak duodenum. Gangguan tersebut umumnya dapat kambuh apabila asam lambung mengiritasi lapisan lambung. Beberapa hal lainnya yang dapat menyebabkan tukak lambung untuk kambuh adalah:

  • Mengalami stres.
  • Mengonsumsi makanan pedas yang menyebabkan timbul bisul di usus.
  • Menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid dalam waktu yang lama.
  • Mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicopter pylori.

Baca Juga : Idap Tukak Lambung, Bolehkah Berpuasa?

Tips Puasa Sehat bagi Pengidap Tukak Lambung

Seseorang yang mengidap tukak lambung mungkin akan kesulitan untuk berpuasa, karena gangguan tersebut terbilang cukup mudah untuk kambuh. Walau begitu, kamu dapat melakukan beberapa cara yang dapat membantu kamu untuk menjalani puasa dengan baik dan gangguan tersebut pun tidak mudah untuk kambuh. Berikut adalah beberapa kiat puasa sehat untuk seseorang yang mengidap tukak lambung:

  1. Mengonsumsi Buah-Buahan

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan agar tukak lambung tidak mudah kambuh adalah dengan mengonsumsi buah-buahan berwarna cerah. Beberapa buah yang berwarna cerah mengandung flavonoid yang merupakan zat polifenol. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh untuk mengatasi tukak lambung.

Kandungan flavonoid dapat melindungi lapisan perut dari terjadinya pembentukan bisul pada usus. Selain itu, kandungan tersebut dapat melindungi lambung dengan cara meningkatkan produksi lendir pada lambung, sehingga menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bisul untuk tumbuh. Selain itu, buah-buahan tersebut juga dapat mencegah beberapa masalah pencernaan lainnya, seperti diare.

Berikut adalah beberapa buah yang dapat kamu konsumsi untuk mencegah tukak lambung dari kekambuhan, yaitu:

  • Apel.
  • Ceri.
  • Lemon.
  • Jeruk.

Baca Juga : Tips Lancar Berpuasa bagi Pengidap Tukak Lambung

  1. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Kandungan Probiotik

Salah satu cara untuk mengatasi kekambuhan pada tukak lambung adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan probiotik. Zat tersebut dapat berfungsi agar dapat menjaga keseimbangan bakteri di saluran pencernaan seseorang. Selain itu, probiotik juga dapat menjaga kesehatan usus dan membantu untuk mengobati luka yang terjadi pada dinding lambung disebabkan oleh tukak lambung.

Selain itu, makanan yang kaya akan kandungan probiotik dapat memberi dampak lebih maksimal jika dicampur dengan makanan yang menyehatkan lainnya. Salah satu dampak yang dapat terjadi adalah membunuh bakteri berbahaya yang terdapat di dalam tubuh.

Beberapa makanan yang kaya akan kandungan probiotik, sehingga dapat mencegah timbulnya tukak lambung adalah:

  • Makanan yang difermentasi.
  • Yoghurt.
  • Suplemen probiotik.

Baca Juga : Bisakah Tukak Lambung Disembuhkan Sebelum Ramadan Tiba?

Itulah beberapa kiat yang dapat dilakukan seseorang yang mengidap tukak lambung agar tidak kambuh ketika menjalani puasa. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!