Inilah Manfaat Minum Air Hangat yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
manfaat air hangat

Halodoc, Jakarta - Kebiasaan baik, yaitu minum air hangat bagi masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, merupakan sesuatu yang jarang sekali dilakukan. Mengapa demikian? Kondisi ini terjadi karena iklim Indonesia yang cenderung hangat. Selain itu, banyak orang yang terbiasa untuk mengonsumsi air dingin agar merasa lebih segar karena padatnya aktivitas harian yang dijalani, dan keluarnya keringat akibat terpapar panas matahari.

Konsumsi air putih memang sangat diperlukan tubuh agar metabolisme tubuh dapat bekerja dengan lancar. Apa saja manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi air hangat? Yuk, simak langsung penjelasannya berikut ini!

  • Membantu Mengatasi Akalasia

Akalasia merupakan suatu kondisi hilangnya kemampuan esofagus (kerongkongan) untuk mendorong makanan atau minuman dari mulut ke lambung.

  • Menjaga Kesehatan Usus dan Pencernaan

Selain baik untuk organ esofagus, air hangat juga bermanfaat untuk usus dan pencernaan. Apalagi jika kamu minum air hangat pada pagi hari, setelah bangun tidur. Air hangat dapat membantu makanan lebih mudah pecah dalam usus, dan jadi lebih mudah untuk mengirim makanan ke organ pencernaan berikutnya. Kondisi ini dapat mencegah masalah sembelit.

Air hangat memiliki efek vasodilator yang dapat melebarkan pembuluh darah dan menstimulasi aliran darah menuju usus. Jika kamu minum air hangat pada saat sedang makan, suhu air hangat dapat mengemulsi lemak, sehingga lebih mudah untuk dicerna.

  • Membuat Tubuh Menjadi Lebih Relaks

Selain banyak manfaat bagi kesehatan organ di dalam tubuh, air hangat juga mampu untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang. Jika air hangat dikonsumsi pada pagi hari, kebiasaan tersebut dapat memberikan efek psikologis yang menenangkan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Saluran pencernaan akan terbantu dengan kamu mengonsumsi air hangat, sehingga nutrisi pada makanan pun akan lebih cepat diserap. Bagi kamu yang sedang diet, mengonsumsi air hangat pada pagi hari ternyata dapat membantu penurunan berat badan dengan cara merusak timbunan lemak yang ada dalam tubuh.

  • Membantu Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Selain menurunkan berat badan, air hangat juga dapat menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Hilangnya racun dalam tubuh dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Mengonsumsi air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan menghasilkan keringat. Selain itu, racun dalam tubuh pun akan keluar bersamaan dengan keluarnya keringat.

  • Meredakan Nyeri Akibat Menstruasi

Minum air hangat dapat merelaksasi otot yang sedang kram.  Minum air hangat dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh untuk menahan cairan dalam tubuh. Kondisi ini dapat membuat nyeri haid akibat kembung dapat berkurang.

Banyak sekali manfaat dari mengonsumsi air hangat, tapi kamu perlu membiasakan kebiasaan tersebut. Kamu bisa belajar dengan mengonsumsi air hangat saat bangun tidur pada pagi hari. Kamu juga bisa mencampurkan perasan lemon atau jeruk nipis pada air hangatmu.

Apakah kamu pernah terbangun dan merasa lapar di tengah malam? Nah, kamu bisa mengonsumsi air hangat sebelum tidur untuk mencegah kamu dari rasa lapar. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kesehatan maupun kecantikan dengan aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!

Baca juga: