• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Jaga Berat Badan Sehat setelah Melahirkan

Cara Jaga Berat Badan Sehat setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Saat hamil, tidak sedikit wanita yang mengalami peningkatan nafsu makan. Hal tersebut terjadi karena dorongan yang ditimbulkan oleh sang bayi. Hal tersebut juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang drastis sesaat setelah melahirkan.

Tidak sedikit wanita yang merasa khawatir dan stres karena peningkatan yang drastis pada berat tubuh. Selain itu, kebutuhan gizi untuk menyusui anak juga tidak sedikit, sehingga sulit untuk menjaga berat bada setelah melahirkan. Lalu, bagaimana cara ampuh menjaga berat badan yang sehat? Berikut ulasannya!

Baca juga: Waktu yang Tepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Jaga Berat Badan setelah Melahirkan, Ini Caranya

Memang hal yang wajar apabila wanita yang sehabis melahirkan akan mengalami peningkatan berat badan dibandingkan sebelum hamil. Ada ibu yang dapat menerima hal tersebut dan ada juga yang berusaha sekeras mungkin agar badannya kembali seperti sedia kala. Ibu tidak perlu khawatir, karena menjaga berat yang sehat setelah melahirkan bukanlah hal yang mustahil.

Namun, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah dampak yang dapat terjadi pada kondisi kesehatan Si Kecil jika membatasi asupan makanan. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan diet setelah melahirkan tanpa mengganggu gizi anak. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Jangan Melakukan Diet Terlalu Cepat

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk menjaga berat badan setelah melahirkan tanpa memengaruhi asupan gizi anak adalah dengan memilih waktu yang tepat. Tubuh perlu memulihkan diri dari persalinan. Maka dari itu, jangan terlalu cepat untuk menurunkan bobot tubuh. Cobalah untuk menunggu hingga enam minggu pasca-melahirkan sebelum melakukannya.

Seseorang yang memulai menurunkan berat badan terlalu cepat setelah melahirkan dapat membuat tubuh lebih sulit untuk pulih. Pasalnya, tubuh akan mengalami kelelahan. Selain itu, diperlukan penyesuaian diri dengan bayi yang baru lahir.

Baca juga: Ingin Diet setelah Melahirkan, Ini Waktu Terbaik

  1. Olahraga Teratur

Cara yang paling baik untuk menurunkan berat badan untuk ibu yang baru saja melahirkan adalah dengan berolahraga secara teratur. Diet setelah melahirkan terbilang sangat ampuh jika dilakukan bersamaan dengan latihan fisik. Saat ada waktu luang, cobalah untuk melakukan latihan yang dapat mengencangkan otot panggul. Cobalah untuk melakukan squat sebanyak 10 hingga 20 kali setiap hari.

Ibu juga dapat melakukannya sambil menggendong Si Kecil agar tidak menangis. Cukup dengan menggendongnya dan mengitari sekitar rumah agar dapat membakar lemak yang berlebih. 

Jika ibu mempunya pertanyaan lebih lanjut mengenai kesehatan pasca melahirkan, jangan ragu untuk menanyakannya pada dokter di Halodoc. Diskusi dengan dokter dapat dengan mudah ibu lakukan kapan dan di mana saja. Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

  1. Pola Makan Sehat

Saat seorang ibu harus menyusui, ia akan memiliki nafsu makan yang cukup tinggi. Maka dari itu, penting untuk menjaga asupan makanan yang sehat untuk tubuhmu dan Si Kecil. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjaga cairan tubuh supaya ibu dan Si Kecil tetap sehat.

Makanan yang diolah dengan cara direbus dan memiliki kadar gula yang rendah juga baik untuk dikonsumsi. Dengan pembatasan kalori yang masuk ke tubuh dan berolahraga secara rutin, berat badan yang sehat bisa ibu miliki. Perbanyak konsumsi buah-buahan sebagai camilan jika kerap merasa lapar.

Baca juga: 5 Cara Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai cara menjaga berat badan sehat setelah melahirkan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, diharapkan ibu bisa mendapatkan berat badan yang sehat dan ideal setelah melahirkan.

 

Referensi:
Baby center. Diakses pada 2020. Diet for healthy post-baby weight loss
Web MD. Diakses pada 2020. 8 Tips for Losing Weight After Pregnancy