Lakukan 6 Hal Ini untuk Cepat Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Lakukan 6 Hal Ini untuk Cepat Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta - Untuk mendapatkan berat badan yang idealnya sebenarnya enggak sulit kok. Namun, dibutuhkan usaha dan komitmen yang tinggi untuk menggapainya. Sebab, banyak hal yang mesti kita lakukan untuk menurunkan berat badan. Singkat kata, kita harus benar-benar disiplin dan menjalani pola hidup yang lebih teratur.

Cara menurunkan berat badan umumnya melibatkan tiga hal utama. Mulai dari asupan makanan, olahraga, dan istirahat. Nah, berikut beberapa cara menurunkan berat badan yang bisa kamu coba. 

Baca juga: Tips Turunkan Berat Badan dalam 30 Hari

1. Joging

Tanpa olahraga, menurunkan berat badan rasanya hampir mustahil. Nah, dari banyaknya olahraga yang bisa kamu coba, joging terbilang cukup efektif. Seseorang yang memiliki bobot 60 kilogram dapat membakar 80 kkal saat berlari selama 10 menit. Bila dilakukan selama 30 menit, artinya ia berhasil membakar kalori sebanyak 240 kkal.

Selain itu, menurut profesor klinis ilmu kesehatan di David Geffen School of Medicine di UCLA, ketika seorang berlari sejauh satu mil (1,6 kilometer), kira-kira kalori yang terbakar sebanyak 100 kalori. Namun, jumlah ini bergantung pada individu, seperti kecepatan dan berat badan yang dimilikinya. 

Joging bukan cuma menjadi cara menurunkan berat badan yang efektif. Olahraga ini juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, misalnya jantung. Olahraga ini bisa meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas tertinggi. Menariknya lagi, joging juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol. 

2. Diet Sehat

Diet bisa menjadi cara menurunkan berat badan yang cukup efektif. Banyak diet yang bisa kamu coba. Mulai dari diet keto, diet mediterania, hingga diet maya. Ambil contoh diet keto. 

Diet keto merupakan diet tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat. Goal dari diet ini mendapatkan lebih banyak kalori dari protein dan lemak daripada karbohidrat. Menurut  Journal of European Nutrition, kondisi ini bisa menguras simpanan gula sebagai sumber energi serta menggantinya dengan protein dan lemak. 

Meskipun populer untuk memangkas bobot tubuh, tetapi diet keto tergolong kontroversial. Pasalnya, bila tidak dilakukan dengan tepat mungkin saja membahayakan kesehatan.

Nah, bagi kamu yang ingin menerapkan diet keto, maka ada baiknya untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter spesialis gizi, agar diet ini berjalan dengan aman dan efektif. 

Baca juga: Berat Badan Cepat Turun, Cari Tahu Dulu Kekurangan Diet Karbo

3. Hindari Makanan Kemasan

Makanan kemasan umumnya banyak mengandung lemak, natrium, dan gula. Nah, terlalu banyak mengasup bahan makanan ini justru bisa membuat berat badan semakin meningkat. Oleh sebab itu, hindarilah makanan atau camilan, seperti keripik, biskuit, atau makanan kemasan lainnya. 

Sebagai alternatifnya, kamu bisa kok mengasup camilan sehat, seperti yoghurt dan beri segara, atau selai kacang alami dengan apel. Lebih sehat, bukan? 

4. Perbanyak Berjalan Kaki

Masyarakat Amerika Serikat menggunakan mobil untuk mobilisasi sehari-hari, bahkan hanya untuk menempuh perjalanan satu mil saja. Nah, lamanya waktu yang dihabiskan untuk mengemudi dikaitkan dengan peningkatan berat badan. Oleh sebab itu, alih-alih menggunakan kendaraan, cobalah berjalan kaki untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, bila jaraknya terbilang dekat. 

Menurut  Department of Health & Human Services, setidaknya orang dewasa harus melakukan aktivitas fisik sebanyak 150 menit tiap minggunya. 

5. Batasi Ngopi

Meski terbilang sederhana, tetapi membatasi konsumsi kopi bisa menjadi cara menurunkan berat badan yang cukup efektif. Ingat, secangkir kopi dengan sedikit susu dan gula, mengandung ratusan kalori. Oleh sebab itu, bagi kamu yang memiliki kebiasaan ini, cobalah batasi konsumsi kopi agar program menurunkan berat badan berjalan efektif. 

Baca juga: Berat Badan Bertambah? Ini yang Terjadi pada Tubuh

6. Tidur yang Cukup

Kurang tidur sering dikaitkan dengan meningkatkan bobot tubuh. Alasannya, ketika seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, mereka cenderung membuat pilihan yang tidak sehat sepanjang hari. Contohnya, mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula. 

Tak cuma itu saja, seseorang yang kurang tidur karena begadang atau lembur, umumnya memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi kalori. Nah, kebiasaan inilah yang bisa mengacaukan upaya penurunan berat badan.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019.  How Many Calories Do You Burn Running a Mile?
Prevention. Diakses pada 2019 15 Small Changes You Can Make to Lose Weight Faster, According to Health Experts.