15 February 2019

Awas, 4 Hal Ini Rentan Sebabkan Cacar Air

Awas, 4 Hal Ini Rentan Sebabkan Cacar Air

Halodoc, Jakarta – Munculnya ruam kemerahan yang berisi cairan pada kulit bisa menjadi tanda penyakit cacar air. Penyakit yang dalam istilah medis disebut varicella merupakan infeksi yang terjadi karena virus bernama Varicella zoster. Ruam kemerahan yang muncul pada kulit bisa menyebabkan seluruh tubuh terasa gatal dan sangat mengganggu.

Penyakit ini sangat mudah dan bisa dengan cepat menular dari orang yang terinfeksi ke orang sehat. Virus penyebab cacar air bisa menular melalui percikan ludah atau dahak melalui udara. Selain itu, virus juga bisa menular melalui kontak langsung dengan ludah, dahak, ataupun cairan yang berasal dari ruam di kulit pengidap cacar air. Penyakit ini paling sering menyerang anak-anak, namun orang dewasa juga berisiko terinfeksi penyakit ini.

Baca juga: Penyebab dan Kiat Atasi Cacar Air pada Anak

Ada berbagai hal yang bisa membuat seseorang rentan terserang virus penyebab cacar air. Di antaranya:

1. Belum Pernah Terkena Cacar Air

Ada kepercayaan yang menyebut bahwa seseorang pasti akan mengalami cacar air dalam hidup, namun hal itu tidak tepat. Nyatanya, cacar air terjadi karena adanya infeksi virus dan memang risiko penularannya sedikit meningkat pada orang yang belum pernah mengalami cacar air.

Risiko penularan menjadi lebih tinggi jika orang tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Selama sistem kekebalan baik dan kesehatan tubuh terjaga, maka tidak perlu terlalu khawatir meski belum pernah terkena cacar air sebelumnya.

Baca juga: Cacar Air Penyakit Sekali Seumur Hidup, Benarkah?

2. Melewatkan Vaksin Cacar

Risiko penularan dan infeksi virus menjadi lebih tinggi pada orang yang tidak pernah mendapat vaksin cacar. Pemberian vaksin bertujuan untuk mencegah virus varicella zoster menyerang tubuh. Vaksin ini terbuat dari virus yang sudah dilemahkan, lalu disuntikkan ke tubuh. Setelah mendapat suntikan vaksin, sistem kekebalan tubuh alias imunitas menjadi lebih baik dan mampu melawan virus varicella zoster.

3. Masalah Imun

Orang yang memiliki masalah dengan sistem imun alias kekebalan tubuh juga lebih rentan mengalami cacar air. Gangguan sistem imun sering terjadi pada orang yang mengidap HIV, sedang menjalani kemoterapi, serta mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu.

4. Bayi dan Anak-anak

Penyakit cacar air memiliki risiko lebih besar menyerang bayi yang baru lahir dan anak-anak. Risiko infeksi virus penyebab cacar air pada bayi yang baru lahir meningkat jika ibu yang melahirkan belum mendapat vaksin cacar sebelumnya.

Mencegah Cacar Air

Salah satu cara terbaik dan cukup efektif untuk mencegah cacar air adalah dengan menjalani vaksinasi cacar air. Pemberian vaksin dianjurkan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang belum pernah mendapat vaksin sebelumnya. Dosis dan waktu pemberian vaksin berbeda-beda antara bayi, anak-anak, serta orang dewasa.

Sedangkan pada orang yang sudah pernah mengalami cacar air, tidak perlu lagi menjalani vaksin. Sebab, sistem imun tubuh sudah melindungi dari virus ini sepanjang hidup. Seiring perkembangan vaksin, cacar air kini menjadi penyakit ringan dan tidak berbahaya. Meski begitu, kondisi ini bisa memicu komplikasi yang berbahaya pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Baca juga: 7 Jenis Vaksin yang Dibutuhkan Orang Dewasa

Cari tahu lebih lanjut seputar cacar air, penyebab, dan cara pencegahannya dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!