4 Hal yang Perlu Diperhatikan Kalau Ajak Bayi Naik Pesawat

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Kalau Ajak Bayi Naik Pesawat

Halodoc, Jakarta – Media sosial tengah diramaikan dengan cuitan seorang model yang menceritakan pengalamannya saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Celotehannya tersebut menyedot perhatian karena ia memprotes keberadaan bayi di dalam pesawat yang sama.

Melalui media sosialnya, perempuan tersebut mengaku terganggu dan menyebut bahwa ia merasa lebih baik melakukan perjalanan dengan binatang peliharaan daripada harus mendengar bayi yang rewel.

Hal tersebut membuat banyak warganet merasa geram dan menyuarakan rasa tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Kamu termasuk orang yang setuju atau tidak dengan pendapatnya?

Baca juga: Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

Membawa bayi dalam perjalanan, terutama menggunakan transportasi umum, memang hal yang susah-susah gampang dilakukan. Belum lagi jika jarak yang harus ditempuh cukup jauh dan memakan waktu yang lama. Risiko Si Kecil merasa tidak nyaman serta rewel menjadi lebih tinggi.

Alhasil, banyak orangtua yang memutuskan untuk menunda rencana jalan-jalan, hingga anak dianggap cukup besar dan mandiri. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa diterapkan jika perjalanan dengan bayi tidak bisa ditunda. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan jika ibu ingin membawa Si Kecil melakukan perjalanan dengan pesawat terbang!

1. Perhatikan Usia

Umumnya, maskapai penerbangan memiliki aturan terkait usia minimum seorang bayi boleh ikut dalam perjalanan. Biasanya, bayi baru diperbolehkan ikut penerbangan pada usia 2–14 hari setelah dilahirkan.

Beberapa maskapai penerbangan mungkin menerapkan kewajiban untuk menyertakan surat dokter jika ingin membawa bayi. Selain berkaitan dengan aturan, memerhatikan usia juga bisa membantu mengurangi risiko anak rewel dan menangis selama perjalanan.

Jika tidak memungkinkan dengan pesawat terbang, ibu bisa memilih jenis transportasi lain yang tepat dan paling sesuai dengan kondisi Si Kecil. Sebelum menempuh perjalanan dengan pesawat terbang, lakukanlah survei kecil terlebih dahulu. Tanyakan apakah maskapai tersebut memiliki fasilitas yang mendukung untuk membawa bayi, misalnya adakah ruangan khusus untuk mengganti popok atau apa saja makanan bayi yang tersedia.

2. Jadwal Penerbangan  

Agar bayi tidak selalu rewel selama perjalanan, pastikanlah memilih waktu penerbangan yang tepat, misalnya, jangan lakukan perjalanan saat Si Kecil sedang sakit. Sebab, hal itu hanya akan membuat bayi rewel sepanjang perjalanan dan mungkin bisa mengganggu.

Tak hanya itu, membawa bayi yang sakit melakukan perjalanan jauh juga dikhawatirkan bisa memperparah kondisinya. Untuk menghindari rewel, ibu bisa memilih perjalanan pada jam-jam saat bayi tertidur, misalnya pada siang hari setelah makan atau pada sore menjelang malam.

Baca juga: Obat yang Perlu Dibawa Saat Liburan

3. Tempat Tidur Khusus Bayi

Jika perjalanan yang akan ditempuh memakan waktu panjang, ibu sebaiknya memilih pesawat yang menyediakan tempat tidur khusus atau stroller yang sudah tersertifikasi untuk digunakan di pesawat. Dengan begitu, bayi akan merasa lebih nyaman untuk tidur di tempat yang memang sesuai dengan kebutuhan.

4. Perlengkapan Bayi

Rewelnya bayi selama perjalanan juga bisa diatasi dengan membawa semua kebutuhannya, tapi pastikan tidak berlebihan. Membawa terlalu banyak barang hanya akan membuat perjalanan menjadi lebih sesak dan menyulitkan. Hal itu juga akan membuat ayah dan ibu kesulitan untuk menjaga bayi dan barang bawaan.

Perlengkapan wajib yang harus dibawa adalah pakaian yang sesuai dengan lokasi yang akan dituju, popok secukupnya, susu, dan camilan kesukaan untuk menemani Si Kecil selama perjalanan. Pastikan juga untuk membawa cukup air minum untuk menghindari anak dari dehidrasi alias kekurangan cairan selama melakukan perjalanan.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Mudik dengan Kereta Bareng Si Kecil

Siapkan juga vitamin atau suplemen khusus untuk menjaga kebugaran tubuh bayi dan anggota keluarga lain yang ikut serta dalam perjalanan. Ibu bisa lebih mudah belanja vitamin dan produk kesehatan lain melalui aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam satu jam dan siap menemani perjalanan yang akan ditempuh bersama Si Kecil. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!