02 May 2018

Obat yang Perlu Dibawa Saat Liburan

Obat yang Perlu Dibawa Saat Liburan

Halodoc, Jakarta – Musim liburan sebentar lagi tiba, ini merupakan waktu yang tepat untuk pergi bersama keluarga, teman, atau pasangan. Agar liburanmu nanti semakin mengesankan, kamu harus memperhatikan betul-betul urusan transportasi, penginapan, dan destinasi. Namun, ada satu hal yang biasanya terabaikan, yaitu kondisi kesehatan yang prima.

Enggak mau kan liburan jadi terganggu bahkan batal karena kamu sakit? Makanya siapkan kesehatanmu juga ya! Tidak ada salahnya juga kamu mempersiapkan obat-obatan, multivitamin, atau suplemen makanan lain untuk menjaga kesehatanmu saat liburan nanti. Selain itu, kamu juga harus memastikan penginapanmu nanti dekat dengan akses layanan kesehatan seperti rumah sakit atau klinik.

Karena tidak selamanya traveler menemukan hal-hal yang menyenangkan, berikut ini terdapat beberapa obat yang perlu dibawa saat perjalanan jauh demi memperlancar liburan kamu!

(Baca juga: Tips Pilih Makanan Sehat Saat Liburan)

Cairan Antiseptik

Kamu harus tetap menjaga kebersihan kamu selama traveling. Gunakan selalu cairan antiseptik sebelum menyantap makanan dan setelah BAB. Cairan ini berfungsi untuk memberangus kuman-kuman yang ada di tangan, kuku, dan sela-sela jarimu. Periksa terlebih dahulu kandungan antiseptik tersebut sebelum berangkat dan pastikan agar mengandung 60 persen kadar alkohol agar kuman benar-benar hilang.

Vitamin & Madu

Meski destinasi wisatamu tidak begitu jauh, tidak ada salahnya untuk menyediakan dua hal ini. Kamu dapat membawa vitamin C dalam bentuk apa pun yang kamu mau, entah itu dalam bentuk cair, obat hisap, atau tablet. Siapkan juga madu yang dapat merawat kesehatan tubuhmu dan juga sebagai penunda lapar. Karena memiliki rasa yang manis, kamu dapat mencampurnya dengan teh atau susu, untuk dikonsumsi saat sarapan atau sebelum tidur.

Obat Anti Mabuk

Apabila kamu adalah tipe orang yang sulit beradaptasi dengan kendaraan atau tidak tahan berlama-lama dalam kendaraan umum, kamu harus menyiapkan obat anti mabuk ke mana pun kamu pergi.

Obat Demam

Kamu tidak bisa memastikan saat libuan nanti cuaca akan selalu bersahabat. Perubahan cuaca akan membuat kamu merasa meriang dan demam. Saat kondisi seperti ini, kamu harus segera mengonsumsi obat penurun demam, agar kondisimu segera membaik dan liburanmu tetap berjalan menyenangkan.

Obat Mag

Saat berada di tempat wisata, kamu akan merasakan beragam makanan khas tempat wisata tersebut. Namun, apabila kamu tipe pemilih makanan, jangan sampai hal ini membuatmu telat makan dan mengakibatkan terserang penyakit mag. Karena rasa sakitnya luar biasa mengerikan, maka kamu perlu mengonsumsi obat mag sesegera mungkin. Namun, apabila hal ini tidak kunjung menghilangkan rasa sakit tersebut, kamu disarankan untuk segera menghubungi dokter terdekat.

Obat Diare

Sama seperti sebelumnya, berada di tempat wisata membuat kamu banyak mengonsumsi makanan khas di sana. Makanan tersebut biasanya memiliki cita rasa yang berbeda, sehingga kamu penasaran untuk mencobanya. Namun, apabila kondisimu tidak dalam kondisi fit, makanan tersebut malah bisa membuatmu terserang diare. Kamu wajib membawa obat diare saat bepergian atau jika tidak ada kamu bisa meracik air hangat dicampur dengan gula dan garam sebagai obat sementara sampai kamu mendapatkan obat diare.

Krim Kulit

Krim Kulit yang perlu kamu bawa selama liburan yaitu krim gatal dan tabir surya. Krim gatal akan menghilangkan gatal yang disebabkan oleh serangga, sementara tabir surya dengan kandungan minimal SPF 15 dapat melindungimu dari panas sinar matahari agar tidak terkelupas  dan terbakar.

Jangan lupa nikmati liburanmu dengan tetap makan-makanan sehat, ya. Jika kamu punya keluhan dengan kesehatan, kamu bisa konsultasi ke dokter melalui aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk download aplikasinya di App Store atau Google Play.

(Baca juga: Yang Harus Diperhatikan Saat Liburan Bareng Lansia)