13 February 2018

4 Alasan Lebih Pilih Wisata Alam untuk Liburan

4 Alasan Lebih Pilih Wisata Alam untuk Liburan

Halodoc, Jakarta – Liburan adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Sudah punya rencana mau pergi ke mana di akhir pekan ini?

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa liburan, setidaknya satu kali dalam setahun adalah hal yang dibutuhkan tubuh. Bahkan sejak saat merencanakan liburan, manfaatnya sudah dapat dirasakan yaitu membuat diri lebih bersemangat, bebas stres dan lebih sehat.

Biar lebih menyenangkan, memilih tempat tujuan wisata baiknya dilakukan dengan melibatkan seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak. Biasanya, masing-masing orang punya ide menarik dan tempat yang ingin didatangi. Nah, dari beberapa tempat yang sering dijadikan tujuan rekreasi, salah satu yang paling populer adalah pantai.

Sebagai satu destinasi wisata alam, liburan di pantai adalah hal yang seru dan ternyata bermanfaat  buat kesehatan tubuh, lho. Kok bisa?

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Environmental Psychology menyebut bahwa liburan di alam, terutama di pantai bisa memberi sederet manfaat bagi tubuh. Bahkan manfaat kesehatan yang bisa didapat dari liburan di pantai disebut lebih banyak ketimbang dari pusat kebugaran, lho.

Biar lebih jelas, yuk cari tahu manfaat apa saja yang akan kamu dan keluarga dapat saat berlibur! Apa saja?

  1. Tulang yang Kuat

Sinar matahari adalah sumber alami vitamin D terbaik. Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap kalsium yang membuat tulang kuat. Dan saat berlibur di pantai, kamu bisa mendapat vitamin D secara “gratis”.

(Baca juga: Kurang Vitamin D Risiko Miliki Anak Autisme Meningkat)

Namun saat berjemur tetap perlu memerhatikan beberapa hal, ya. Durasi berada di bawah sinar matahari hingga jenis pakaian yang digunakan saat berjemur. Sebab bukan lagi rahasia bahwa terlalu sering terpapar sinar matahari secara langung dapat mengganggu kesehatan kulit. Melansir Mayo Clinic, waktu yang aman untuk berjemur di bawah sinar matahari dan mendapat vitamin D yang cukup adalah 10 menit dalam satu hari.

  1. Anti stres

Menghabiskan waktu di pantai nyatanya ampuh untuk mengusir stres dan rasa cemas. Melakukan perjalanan dan keluar dari “rumah” nyatanya bisa memicu tubuh menghasilkan hormon yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran.

Berjalan di tempat baru juga bisa menyegarkan pikiran. Sehingga setelah pulang dari liburan, pikiran akan lebih jernih dan bisa menjalani hidup dengan lebih positif.

  1. Menguatkan Otot Kaki

Membuat istana pasir dan berlari-lari di pasir adalah hal yang tak boleh dilewatkan saat berlibur di pantai. Selain membuat mood baik dan lebih bahagia, kegiatan ini ternyata juga bisa menguatkan otot-otot kaki, lho.

(Baca juga: Agar Tetap Sehat dan Panjang Umur, Lakukan Hal Ini saat Liburan)

Biar lebih bermanfaat, cobalah untuk berjalan di atas pasir tanpa alas kaki sehingga otot akan lebih kuat. Selain itu, sejumlah ahli meyakini bahwa saat kulit telapak kaki menyentuh tanah, bisa mengantarkan energi positif dan membangkitkan mood. Namun tetap harus berhati-hati dan memastikan tempat yang kamu pijak bebas dari binatang laut atau hal membahayakan lain.

  1. Jantung sehat

Pastikan juga untuk tidak melewatkan berenang saat sedang main di pantai. Nyatanya berenang di air laut bisa memberi manfaat kesehatan, termasuk pada jantung. Ini karena olahraga renang dapat mmebantu menjaga kesehatan pernafasan dan jantung. Rutin berenang telah terbukti dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis dan bisa membuat tubuh lebih rileks dan tenang.

Download aplikasi Halodoc untuk menyelesaikan masalah kesehatan dan mendapat saran dari dokter terpercaya. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat untuk membicarakan masalah kesehatan dan dapatkan resep digital yang dapat dipesan melalui Halodoc. Pesanan dan obat akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Ada juga fitur Lab Service yang bisa memudahkan merencanakan pemeriksaan laboratorium.