• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Mencegah Asam Lambung

4 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Mencegah Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Semua orang memiliki sistem pencernaan yang berguna untuk mengolah makanan yang dikonsumsi. Ketika kamu mempunyai kebiasan mengonsumsi banyak, tubuh juga akan menyesuaikan dengan memproduksi lebih banyak asam lambung. Cairan tersebut berguna untuk mencerna makanan ketika masuk ke lambung.

Ketika kamu mengonsumsi makanan yang lebih sedikit, maka asam lambung akan lebih banyak, sehingga menyebabkan gangguan pada perut. Maka dari itu, kamu harus benar-benar mengelola gangguan asam lambung tersebut. Berikut adalah kebiasaan untuk mencegah asam lambung tinggi pada tubuh, sehingga tidak menyebabkan dampak negatif!

Baca juga: 7 Makanan Sehat Bagi Pengidap Asam Lambung

Cegah Asam Lambung dengan Mengubah Kebiasaan

Jika kamu merasakan mulas dan sensasi terbakar pada perut yang menjalar ke dada, kemungkinan besar kamu mengalami penyakit pencernaan. Gangguan ini disebabkan dari suatu kondisi yang disebut juga dengan penyakit asam lambung. Hal ini dapat menyebabkan cairan tersebut naik ke tenggorokan yang dapat membahayakan.

Penyakit asam lambung tersebut terjadi disebabkan oleh melemahnya kerongkongan bagian bawah dan lambung. Walau begitu, terdapat banyak kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko untuk mengalami hal tersebut, seperti gangguan pada lambung, mengalami obesitas, merokok, hingga efek samping obat tertentu.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengubah kebiasaan sehari-hari kamu sebagai cara mencegah asam lambung. Kamu dapat mengatasi hal ini dengan beberapa cara sederhana tanpa harus pergi ke dokter. Umumnya, kebanyakan orang akan sembuh setelah melakukan kebiasaan ini. Berikut cara mencegah asam lambung melalui kebiasaan sederhana:

  1. Melakukan Diet Tinggi Serat

Serat adalah kandungan pada makanan yang dapat memudahkan proses pencernaan di dalam tubuh. Lebih banyak mengonsumsi serat dapat membuat produksi asam lambung menjadi lebih rendah. Kandungan tersebut juga dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat yang berada di usus, sehingga pencernaan kamu lebih sehat.

Beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi agar dapat meningkatkan serat adalah biji-bijian, terutama yang masih utuh. Selain itu, kamu dapat mengganti beras putih dengan beras merah yang memang mengandung lebih banyak serat dan menyehatkan. Dengan itu, kamu juga dapat mengatasi kembung, diare, dan ketidaknyamanan pada pencernaan lainnya.

Baca juga: Ketahui Perbedaan antara Asam Lambung dan Maag

  1. Makan dengan Porsi Lebih Sedikit dan Lebih Sering

Cara lainnya untuk mencegah asam lambung tinggi adalah dengan menerapkan pola makan yang lebih sedikit tetapi menjadi lebih sering. Ketika kamu terbiasa makan terlalu banyak dalam satu waktu, tubuh lebih sulit untuk mencegah asam lambung untuk naik ke kerongkongan. 

Maka dari itu, cobalah untuk makan enam kali sehari dengan porsi kira-kira separuh dari biasanya. Selain itu, kamu dapat mengonsumsi makanan dengan protein rendah lemak dan serat agar pencernaan lancar dan kadar asam lambung normal. Hal ini juga dapat menurunkan berat badan dan mengurangi gejala asam lambung.

  1. Makan dengan Perlahan

Kamu juga harus merubah ritme makan menjadi lebih pelan sebagai cara untuk mencegah gangguan asam lambung. Dengan makan secara perlahan, produksi asam lambung akan lebih sedikit dibanding dengan orang yang makan dengan cepat. Hal tersebut dapat menyehatkan sistem pencernaan dan dapat menurunkan lingkar pinggang. Cobalah untuk merubah kebiasaan konsumsi makanan dengan waktu sekitar 20-30 menit tiap makan.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait cara mencegah asam lambung, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Bukan Cuma Mag, Ini Penyebab Asam Lambung Naik

  1. Pastikan Tetap Berdiri setelah Makan

Seseorang yang mempunyai kebiasaan berbaring setelah makan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan asam lambung. Maka dari itu, salah satu cara mencegah asam lambung tinggi adalah dengan memastikan kamu tetap dalam posisi berdiri sekitar 30 menit setelah makan.

Maka dari itu, pastikan kamu tidak berbaring setelah makan setiap harinya terkecuali memang diharuskan. Jika kamu lakukan, mungkin kamu merasakan sensasi terbakar pada dada. Cobalah untuk berjalan sedikit setelah makan agar makanan yang dikonsumsi tercerna dengan baik yang menurunkan risiko dari asam lambung.

Referensi:
Spark People. Diakses pada 2019. 12 Healthy Habits That Can Reduce Heartburn Pain
Health.harvard.edu. Diakses pada 2019. 11 stomach-soothing steps for heartburn