30 May 2018

4 Makanan dan Minuman untuk Darah Rendah

4 Makanan dan Minuman untuk Darah Rendah

Halodoc, Jakarta - Darah rendah atau dalam istilah medis disebut dengan hipotensi, adalah keadaan dimana tensi seseorang 90/60 mmHg atau lebih rendah dari itu. Penyebabnya dapat beragam dari mulai dehidrasi karena kurang cairan sampai pada keadaan yang mengancam nyawa.

Tanda dan gejala yang dirasakan oleh orang dengan tekanan darah rendah antara lain pusing, pandangan berkunang-kunang atau gelap, kelelahan, lemas, mual, pingsan, keringat dingin, nafas tidak teratur, dehidrasi, jantung berdebar cepat. Kalau kamu merasakan salah satu dari gejala di atas, sebaiknya segera hentikan aktivitas dan beristirahat sejenak.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan di rumah jika kamu mengalami gejala tekanan darah rendah antara lain:

  • Cukupi asupan cairan minimal 2 liter sehari dan lebih banyak lagi saat mengalami diare, muntah, atau demam.
  • Pastikan jam istirahat cukup dan jika terlalu lama berdiri, segera duduk atau berbaring, karena berdiri terlalu lama juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Berikut ini adalah 4 makanan dan minuman untuk darah rendah, yaitu:

  1. Makanan yang mengandung natrium atau garam yang cukup tinggi seperti sarden, keju, maupun daging asap. Garam dapat membantu meningkatkan tekanan darah dan mengurangi keluhan.
  2. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Namun, sebaiknya jangan berlebihan juga karena dapat menimbulkan keluhan jantung berdebar.
  3. Makanan yang mengandung folat seperti pisang, alpukat, brokoli, dan bayam juga dapat membantu menaikkan tekanan darah.
  4. Makanan yang tinggi kandungan vitamin B12 seperti ikan salmon, tuna, salmon, kepiting, kerang, daging sapi, daging ayam, susu, dan telur. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia yang dapat memicu terjadinya tekanan darah rendah.

Selain mengonsumsi makanan dan minuman untuk darah rendah, kamu juga perlu melakukan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi gejala tekanan darah rendah, seperti:

  1. Bergerak perlahan ketika ingin mengubah posisi dari berbaring ke duduk dan dari duduk ke berdiri. Perubahan posisi yang cepat dan mendadak dapat menyebabkan turunnya tekanan darah.
  2. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dengan menambahkan bantal kepala.
  3. Hindari bertahan pada suatu posisi dalam waktu lama, misalnya berdiri terlalu lama atau duduk diam terlalu lama.
  4. Hindari mandi atau berendam dalam air hangat karena air hangat dapat melebarkan pembuluh darah yang berakibat turunnya tekanan darah.
  5. Berolahraga rutin untuk membantu melancarkan aliran darah dan menguatkan jantung.

Nah, kalau ingin tahu lebih banyak mengenai makanan dan minuman untuk darah rendah, yuk tanyakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!