31 December 2018

4 Makanan Sehat untuk Pengidap Hepatitis C

4 Makanan Sehat untuk Pengidap Hepatitis C

Halodoc, Jakarta - Hepatitis adalah salah satu penyakit hati yang disebabkan karena virus. Dari sekian banyak virus hepatitis yang ada, hepatitis C disinyalir cukup berbahaya. Pasalnya, jika tidak segera diobati, gangguan hati ini dapat menyebabkan kerusakan hati yang cukup serius dan berpotensi mengancam keselamatan.

Namun, sering terlupa, makanan bisa turut berpengaruh pada penyakit yang sedang menyerang tubuh. Bisa membuat lebih baik, tetapi bisa juga menjadikan penyakit yang diidap semakin memburuk. Meski tidak ada diet khusus untuk pengidap hepatitis C, tetap saja nutrisi yang masuk ke dalam tubuh perlu mendapatkan perhatian. Lalu, bagaimana mengatur diet yang tepat untuk pengidap hepatitis C?

Makanan Sehat untuk Pengidap Hepatitis C

Pada dasarnya, mendapatkan nutrisi yang tepat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, nutrisi yang tepat memiliki efek langsung pada manajemen berat badan. Penting untuk menjaga berat badan tetap pada kisaran proporsional, terutama jika kamu memiliki riwayat hepatitis C.

Baca juga: Risiko yang Bisa Ditimbulkan Oleh Hepatitis C

Kelebihan berat badan bisa memicu terjadinya steatosis hati, gangguan hati lanjutan yang terjadi karena penumpukan lemak berlebih pada organ hati. Kondisi ini bisa membuat hepatitis C yang kamu miliki semakin sulit dikendalikan. Pengidap hepatitis C memiliki risiko terkena diabetes tipe 2, jadi penting untuk memperhatikan asupan gula harian.

Atur pola makan dan asupan nutrisi harian kamu mulai sekarang. Berikut beberapa rekomendasi makanan sehat yang bisa dikonsumsi pengidap hepatitis C:

  • Sayur dan Buah-Buahan

Sayur dan buah menjadi menu wajib dalam pola diet sehat harian kamu. Pasalnya, sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang menunjang kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, dan serat. Cari tahu jenis sayur dan buah yang rendah karbohidrat, dan pastikan kamu menghindari garam dan gula berlebih saat membeli makanan kaleng.

Baca juga: 4 Fakta Penting Tentang Hepatitis C

  • Protein

Makanan yang mengandung protein sangatlah penting untuk pengidap hepatitis C. protein dapat membantu memperbaiki dan mengganti sel-sel hati yang rusak karena gangguan kesehatan ini. Makanan yang dianjurkan seperti ikan, makanan laut, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, telur, dan kedelai. Jumlah protein yang dikonsumsi bergantung pada usia, jenis kelamin, dan banyaknya aktivitas yang dilakukan.

  • Susu

Produk-produk hasil ternak seperti susu, yogurt, dan keju adalah sumber protein dan kalsium yang baik. Setidaknya, orang dewasa harus mengonsumsi sekitar 1-3 porsi susu setiap harinya, atau sekitar 2 ons keju olahan, atau 1,5 ons keju alami.

Baca juga: Hidup Sehat dengan Hepatitis C, Bisa!

  • Biji-Bijian

Biji-bijian merupakan sumber serat makanan yang baik. Nutrisi ini mendukung fungsi usus yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Makanan sumber biji-bijian meliputi gandum, beras cokelat, atau quinoa. Namun, apabila kamu juga memiliki riwayat penyakit Celiac, pilih biji-bijian bebas gluten.

Itu tadi jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh pengidap hepatitis C. Hindari makanan berlemak, kafein, dan makanan tinggi garam jika kamu tidak ingin terserang komplikasi lanjutan. Tanyakan pada dokter kalau kamu memiliki pertanyaan seputar diet untuk gangguan kesehatan ini. Pakai aplikasi Halodoc supaya tanya jawab kamu lebih mudah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!