20 February 2019

Ketahui 4 Makanan yang Bisa Membantu Meringankan Gejala Psoriasis

Ketahui 4 Makanan yang Bisa Membantu Meringankan Gejala Psoriasis

Halodoc, Jakarta - Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang mudah muncul dan kemudian hilang. Sel-sel kulit pada pengidap psoriasis bereproduksi cepat sehingga menumpuk dan membentuk bercak keperakan pada permukaan kulit, yang umumnya muncul di area lutut dan siku.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari cedera ringan, stres, infeksi, iklim yang dingin dan kering, obesitas, dan penyakit autoimun lainnya. Terkadang, psoriasis bisa terjadi tanpa alasan yang jelas.

Gejala pengidap psoriasis juga berbeda-beda, namun gejala yang umum terjadi adalah bercak merah pada kulit disertai dengan adanya sisik keperakan, bintik-bintik kecil (lebih sering muncul pada anak-anak), kulit kering, kulit pecah-pecah yang bisa berdarah, sensasi gatal yang disertai rasa terbakar atau nyeri, kulit menebal, kuku menjadi kasar, sendi bengkak dan kaku.

Untuk mencegah penyakit ini, kamu bisa konsumsi obat-obatan yang diberikan dokter, berjemur di bawah sinar matahari yang lembut, serta menjaga kebersihan kulit dengan baik. Cara membantu mencegah atau meringankan gejala psoriasis dilakukan dengan konsumsi makanan-makanan berikut ini:

  • Bayam. Sayuran satu ini memiliki kadar lutein yang tinggi. Senyawa ini berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Saat membeli bayam, coba pilih bayam yang berada di tumpukan paling atas atau paling banyak terkena cahaya matahari. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bayam yang disimpan di bawah cahaya setidaknya 3 hari menunjukkan peningkatan kadar vitamin C, K, dan E, asam folat karotenoid lutein, serta zeaxanthin sehingga baik untuk pengidap psoriasis.

Baca Juga: Begini Cara Tepat Mengolah Bayam

  • Teh Hijau dan Matcha. Dalam teh hijau dan matcha terdapat senyawa katekin, yakni antioksidan kuat yang dikenal memiliki khasiat antiradang dan antikanker yang menguntungkan. Teh hijau memiliki efek antirematik dengan melindungi dari peradangan. Matcha adalah teh hijau bubuk yang memiliki manfaat kesehatan lebih banyak lagi. Tidak seperti teh tradisional, daun matcha dikonsumsi secara fisik, bukan hanya direndam dalam air.

  • Pepaya. Buah sehat satu ini adalah sumber sempurna lainnya dari vitamin C. Vitamin C melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari dengan cara memperbaiki DNA yang telah rusak akibat paparan sinar UV. Makanan sehat yang kaya vitamin C selain pepaya adalah brokoli dan sayuran berwarna hijau lainnya, jadi untuk kamu yang mengidap psoriasis, disarankan untuk memasukkan pepaya ke dalam menu harian.

  • Salmon. Menurut studi pada tahun 2009 dari The American Journal of Clinical Nutrition, kandungan asam lemak omega-3 DHA dan EPA dalam salmon terbukti mampu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV. Selain itu, mereka yang memakan lebih dari 5 ons ikan salmon setiap minggunya dapat mengurangi hingga 30 persen risiko gejala kanker kulit.  

Baca Juga: Program Diet Paleo Bisa Sembuhkan Psoriasis, Benarkah?

Punya keluhan pada kulit? Atau mengalami gejala-gejala psoriasis? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!