24 July 2018

Begini Cara Tepat Mengolah Bayam

Bayam, mengolah bayam, cara tepat mengolah bayam

Halodoc, Jakarta - Bayam merupakan sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan dan enak untuk disantap. Sayuran ini pun dapat ditemui dalam berbagai masakan seperti urap, salad, keripik, dan masakan-masakan lainnya. Meskipun dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat, ternyata bayar memerlukan pengolahan yang tepat. Sebab, cara pengolahan yang tidak tepat dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Lalu, bagaimana cara tepat mengolah bayam? Berikut ulasannya!

Baca juga: Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan

Cara Tepat Menyiapkan dan Mengolah Bayam

  1. Cuci Hingga Bersih

Sebelum mengolah bayam menjadi masakan yang lezat, sebaiknya kamu juga perhatikan beberapa hal, salah satunya adalah cara pencuciannya. Pastikan kamu mencuci bayam hingga bersih sampai tidak ada kuman dan kotoran yang menempel di batang dan daun bayam. Caranya adalah dengan mencucinya di air yang mengalir, lalu usap seluruh bagian bayam termasuk daun dan batangnya. Kemudian, keringkan dengan handuk bersih atau tisu dapur sebelum diolah menjadi masakan.

Jika kamu tidak akan langsung mengolah bayam setelah dicuci, sebaiknya kamu juga perhatikan cara penyimpanan yang baik dan benar. Kamu bisa menyimpan bayam pada wadah yang bersih dan kedap udara. Kemudian, simpan di dalam kulkas supaya kesegarannya dapat terjaga dengan baik.

  1. Pastikan Kebersihan Alat Memasak

Selain cara mencuci dan menyimpan, ada baiknya juga kamu perhatikan kebersihan alat masak yang akan digunakan. Jangan lupa untuk selalu mencuci peralatan dapur dengan menggunakan sabun dan air. Pastikan alat dapur yang akan digunakan bebas dari kuman dan bakteri.

  1. Memasak dalam Waktu Singkat

Kamu bisa mengolah bayam menjadi masakan yang lezat dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis. Namun, jangan lupa untuk mengolahnya dalam waktu yang singkat. Sebab, memasak bayam dalam waktu yang terlalu lama akan menghilangkan kandungan nutrisi yang terdapat dalam bayam. Maka dari itu pastikan mengolah bayam dengan baik, karena dengan pengolahan yang baik akan meningkatkan kandungan vitamin A dalam bayam.

Selain waktu, sebaiknya kamu juga perhatikan suhu dan jumlah air yang digunakan saat mengolah bayam. Sama halnya dengan waktu yang terlalu lama, suhu yang terlalu tinggi dan cairan yang terlalu banyak dapat menghilangkan kandungan nutrisi yang terdapat dalam bayam.

Meskipun kamu bisa mengolah bayam dengan cara direbus, ditumis, atau dikukus, cara pengolahan terbaik yang bisa kamu pilih adalah dengan cara dikukus. Beberapa penelitian menemukan bahwa sayuran yang dimasak dengan cara dikukus dapat mempertahankan kandungan vitamin C hingga 80 persen.

  1. Segera Konsumsi Bayam setelah Diolah

Setelah mengolah bayam menjadi makanan yang lezat, sebaiknya kamu segera menghabiskannya. Hindari memanaskan kembali bayam yang telah kamu olah. Sebab, memanaskan kembali masakan berbahan dasar bayam dapat mengurangi kandungan gizi dan nutrisi dalam bayam, bahkan dapat menjadi racun. Selain itu, sebaiknya hindari mengonsumsi bayam yang sudah dimasak lebih dari 5 jam. Pasalnya, senyawa nitrat dalam bayam akan berubah menjadi nitrit jika terpapar udara dalam waktu yang lama, sehingga bayam akan berubah menjadi racun.

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara tepat mengolah bayam? Kamu bisa menghubungi dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat bertanya pada dokter mengenai berbagai masalah kesehatan melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!