4 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Bagi Pengidap Limfadenitis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Bagi Pengidap Limfadenitis

Halodoc, Jakarta - Meski dipengaruhi oleh banyak hal, dapat dikatakan makanan adalah faktor utama yang memengaruhi kesehatan. Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari, beberapa kandungan makanan juga memberikan efek negatif pada tubuh. Oleh karena itu, adalah suatu keharusan untuk menjaga asupan makanan setiap hari, terlebih bagi yang sedang mengidap penyakit. Salah satu penyakit yang bisa dialami semua orang adalah limfadenitis atau radang pada kelenjar limfa yang mengalami infeksi.

Limfadenitis adalah reaksi mikroorganisme yang terbawa oleh limfa dari daerah yang terinfeksi ke kelenjar limfa regional. Beberapa gejala klinis yang timbul pada pengidap limfadenitis adalah demam, nyeri tekan, dan tanda radang. Selain itu, kulit di atas kelenjar getah bening biasanya terlihat merah dan terasa hangat, pembengkakan akan menyerupai daging tumbuh atau disebut tumor.

Sebetulnya memang belum ada aturan yang baku tentang pantangan dan anjuran makanan serta minuman untuk pengidap limfadenitis. Namun, sebaiknya jika pengidap penyakit ini mengikuti beberapa anjuran makan yang bertujuan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Secara garis besar, makanan yang dianjurkan adalah makanan yang kaya antioksidan, sebab zat ini melindungi sistem imun dari kerusakan akibat radikal bebas atau faktor lainnya. Selain itu, makanan yang memiliki karbohidrat, protein dan lemak perlu diperhatikan guna memenuhi nutrisi harian. Jika kamu atau orang terdekatmu adalah pengidap limfadenitis, berikut ini jenis makanan yang dianjurkan:

  • Kunyit

Rempah ini adalah jenis herbal yang sering ditemukan dalam makanan Indonesia. Biasanya kunyit digunakan sebagai bahan pemberi warna pada kari atau makanan lainnya. Makanan ini mengandung kurkumin yang efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker dan mampu meredakan risiko inflamasi atau peradangan pada pengidap limfadenitis. Rempah ini juga mampu mengencerkan darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Kunyit Bisa Atasi Kanker, Begini Hasil Risetnya

  • Sayuran Hijau

Tidak hanya mampu memenuhi vitamin dan mineral harian, sayur-sayuran berwarna hijau juga baik untuk para pengidap kelenjar getah bening karena makanan ini mengandung klorofil. Klorofil dalam sayuran hijau mampu menjaga kesehatan darah serta cairan kelenjar getah bening. Klorofil berguna sebagai pendetoks tubuh. Kamu bisa memasukkan beberapa jenis sayuran hijau ke dalam makanan harian seperti brokoli, lobak hijau, bayam, kangkung, atau sawi.

  • Bawang Putih

Banyak orang yang tidak menyukai bawang putih karena aromanya yang kurang sedap. Padahal, tidak hanya dapat menyedapkan sajian, bawang putih adalah rempah yang memiliki sifat antioksidan tinggi dan mampu meningkatkan fungsi sistem daya tahan tubuh. Bawang putih mampu melawan mikroba berbahaya bagi tubuh dan memperlancar sirkulasi darah. Bahan alami ini bisa menjadi penolong dalam mengeluarkan toksin atau racun dari dalam tubuh kita. Jadi, tidak ada salahnya untuk lebih sering konsumsi bawang putih untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit yang berkaitan dengan kelenjar getah bening.

  • Makanan Sumber Lemak Sehat

Bagi pengidap limfadenitis atau yang terkena limfoma, sebaiknya konsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak sehat. Lemak sehat atau lemak tak jenuh tunggal adalah kandungan paling baik sebagai asupan harian demi memelihara sel-sel tubuh serta mengembangkannya. Tidak hanya sebagai nutrisi harian, asam lemak omega 3 di dalam lemak sehat juga mengatur sistem kardiovaskular. Pastikan memasukkan beberapa sumber lemak sehat setiap hari. Kamu bisa mendapatkannya melalui minyak zaitun, ikan salmon, biji rami, ikan tuna, kacang macadamia, ikan herring, almond, ikan sarden atau walnut.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Itulah beberapa makanan yang baik untuk penderita limfadenitis. Sedangkan untuk mengurangi gejala peradangan, kamu dapat mengompres kelenjar yang bengkak dengan air hangat. Untuk beli obat-obatan yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play!