10 August 2018

Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Tepat

mengolah sayuran yang tepat, cara mengolah sayuran hijau, sayuran hijau

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menikmati sayuran adalah dengan memasaknya. Meskipun sebenarnya ada beberapa sayuran yang memang sudah enak disantap secara mentah, seperti lalapan. Selain memiliki banyak mineral, sayuran juga memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi dengan segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kamu.

Baca juga: Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan

Untuk mendapatkan nutrisi dan gizi dari sayuran hijau, tentu kamu perlu tahu cara mengolah sayuran hijau yang tepat. Terkadang, terlalu lama mengolah sayuran hijau membuat nutrisi dan gizi yang ada pada sayuran hijau akan berkurang atau bahkan hilang. Padahal, tidak semua sayuran dapat diolah dengan cara yang sama.

Sebelum mengolah sayuran hijau, kamu perlu tahu cara mengolah sayuran hijau agar tektur, rasa, serta vitamin yang terkandung tidak hilang.

1. Gunakan Sayuran yang Masih Segar

Untuk mengonsumsi sayuran hijau, sebaiknya pilihlah sayuran hijau yang masih segar. Dengan memilih sayuran yang masih segar, tentu setelah dimasak warna sayuran juga tidak akan berubah. Sehingga, masakan akan lebih menarik untuk dikonsumsi.

Jangan gunakan sayuran hijau yang sudah disimpan dalam kulkas maupun freezer selama berhari-hari. Biasanya sayuran yang tidak segar, kandungan nutrisi dan gizinya juga sudah berkurang.

2. Cuci Sayuran dengan Air Mengalir

Saat mencuci sayuran, sebaiknya gunakan air yang mengalir. Jangan merendam sayuran dalam air ketika akan dibersihkan. Mencuci sayuran dengan air yang mengalir akan membuat kuman atau bakteri lebih cepat hilang dibandingkan kamu merendam sayuran dalam air.

Dengan merendam sayuran dalam air, kamu akan membuat kandungan nutrisi dan gizi dalam sayuran berkurang. Ada beberapa kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat rentan terhadap air dan juga udara.

3. Potong Sayuran dalam Ukuran yang Besar

Perlu kamu ingat, kamu harus mencuci sayuran terlebih dahulu sebelum memotong sayuran. Dengan begitu, nutrisi yang terkandung tidak akan terbuang. Kamu juga disarankan untuk memotong sayuran dalam ukuran yang besar. Hal ini menghindari nutrisi atau vitamin yang terbuang selama proses memasak sayuran.

Semakin kecil potongan sayur yang kamu buat, semakin banyak kandungan nutrisi yang akan hilang. Kamu bisa memotong sayuran lebih kecil setelah sayuran selesai kamu olah dan siap makan.

4. Perhatikan Waktu saat Mengolah Sayuran Hijau

Sayuran termasuk dalam makanan yang mudah matang. Jika terlalu lama mengolah sayuran, dikhawatirkan akan mengubah tekstur, rasa, serta kandungan vitamin dalam sayuran hijau tersebut.

5. Pilih Cara Memasak yang Paling Baik

Pada saat memasak, sebaiknya kamu perhatikan cara masak yang baik. Misalnya, saat merebus sayuran hijau. Terlalu banyak air nyatanya akan lebih banyak menghilangkan kandungan nutrisi dan vitamin dalam sayuran hijau.

Sebaiknya kamu gunakan sedikit air saat merebus sayuran hijau. Selain itu, angkat sayuran sebelum air mendidih. Dengan begitu, kandungan vitamin dan nutrisi masih tersimpan baik dalam sayuran.

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

Jika kamu ingin tahu lebih banyak lagi mengenai pengolahan sayuran hijau yang baik dan manfaat sayuran hijau untuk kesehatan, kamu bisa bertanya pada dokter langsung. Langsung saja download aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui fitur Contact Doctor, disini kamu bisa melakukan Video/Voice Call atau Chat dengan dokter. Kamu bisa menemukan aplikasi Halodoc pada App Store atau Google Play.