17 April 2018

9 Kiat Mengatasi Anak yang Sulit Makan

9 Kiat Mengatasi Anak yang Sulit Makan

Halodoc, Jakarta – Terkadang mengatasi anak susah makan amat menyulitkan untuk sebagian ibu. Namun, namanya juga anak-anak, wajarlah kalau mereka suka memilih makanan tertentu. Alih-alih memaksanya untuk makan, sebaiknya ibu perlu memutar otak untuk menyiasati kondisi ini. Misalnya, menyajikan menu baru atau membuat suasana makan jadi lebih menyenangkan.

Nah, berikut tips untuk mengatasi anak yang sulit makan.

  1. Ajak Anak Menyiapkan Makanannya

Cobalah untuk ajaknya ketika ibu memasak atau menyiapkan makanan. Dengan membuatnya terlibat, mulai dari belanja hingga menyiapkan makanan tersebut, bisa timbul “rasa memiliki” pada makanan tersebut.

  1. Siapkan Jadwal Camilan

Kebanyakan anak menyukai rutinitas. Jika mereka tau akan mendapatkan makanan pada waktu-waktu tertentu, mereka  akan makan ketika ibu memberinya. Oleh sebab itu, ibu perlu menyiapkan makanan ringan yang menyehatkan untuk buah hati. Misalnya, tawarkan Si Kecil biskuit gandum utuh atau potongan apel dan yoghurt rendah lemak.

  1. Jangan Paksa Untuk Menghabiskan Makanannya

Melansir American Heart Association, memaksa anak untuk menghabiskan makannya bukanlah cara terbaik untuk mengatasi anak susah makan. Cabutlah aturan tersebut. Mereka akan berhenti dengan sendirinya kok ketika merasa kenyang. Yang perlu ibu ketahui, aturan tersebut hanya membuat asupan kalori anak jadi berlebih.

  1. Variasikan Warna Pada Menu Makannya

Cara ini bisa diterapkan pada anak-anak yang terbilang masih kecil. Caranya, kamu bisa menyiapkan menu makanan dengan warna-warna yang mereka sukai. Contohnya, bila anak menyukai warna merah jambu, kamu bisa menambahkan stroberi dalam menu hariannya.

  1. Berikan Makanan Favoritnya

Sudah sewajarnya anak kecil menyukai makanan manis seperti es krim. Bila dikonsumsi secara rutin, tentu enggak baik bagi kesehatannya. Namun, memberi satu sendok es krim lengkap dengan biskuit kesukaannya sesekali enggak masalah kok. Pasalnya, bila ibu melarangnya untuk mengonsumsi makanan kesukaannya, mereka akan makan secara berlebihan bila mendapatkannya.

  1.  Jadilah Teladan yang Baik

Yang satu ini bisa menjadi cara terbaik untuk mengatasi anak susah makan. Singkat kata, cara terbaik untuk memengaruhi anak-anak adalah dengan memberikan contoh. Misalnya, jangan berharap mereka akan memakan bayam jika diri ibu atau ayah sendiri tidak memakannya.

  1. Perkenalkan Menu Baru

Enggak sedikit anak-anak yang hanya memilih makanan tertentu untuk di makan. Nah, untuk mengatasinya, ibu bisa memperkenalkan menu makanan yang baru secara perlahan pada sang buah hati. Biasanya, setelah disajikan beberapa kali, mereka akan tertarik untuk mengonsumsinya.

  1. Selalu Sediakan Camilan Meyehatkan

Bagi anak yang gemar mengonsumsi makanan cepat saji, cara ini bisa menjadi alternatifnya. Pertama-tama, janganlah menyimpan makanan cepat saji di rumah. Sebagai gantinya, kamu bisa menyediakan camilan yang menyehatkan seperti yoghurt lengkap dengan buah-buahan. Contoh lainnya, kamu bisa menyajikan ubi yang dikukus sebagai pengganti kentang goreng kesukaannya.

(Baca juga: Waspadai Hipertensi Pada Anak Sejak Dini)

  1. Buat Suasana Menyenangkan

Bagi anak-anak, makanan merupakan proses pembelajaran dan eksplorasi. Nah, untuk membantu selera makanan bagi mereka yang susah makan, cobalah ciptakan suasana yang menyenangkan. Misalnya, mengadakan acara makan keluarga dengan rutin. Biarlah Si Kecil melihatmu mengonsumsi dan bereaksi positif pada berbagai jenis makanan.

Kalau kamu mau tahu lebih jauh tentang kiat mengatasi anak susah makan,  kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc dengan fitur Contact Doctor untuk mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.