5 Buah yang Membuat Kulitmu Semakin Mulus

5 Buah yang Membuat Kulitmu Semakin Mulus

Halodoc, Jakarta – Wanita mana sih yang enggak kepingin tampil cantik dengan kulit yang mulus? Sebenarnya, untuk mendapatkan kulit mulus enggak hanya melalui obat-obatan (krim kulit) saja kok. Ada juga cara alami yang bisa kita coba dan lebih menyehatkan. Contohnya, dengan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit. Pertanyaannya, apa saja sih buah yang bisa membuat kulit mulus?

Baca juga: Mau Wajah Mulus Tanpa Komedo? Ini Rahasianya!

1. Citrus

Citrus merupakan salah satu buah yang membuat kulit mulus. Lemon, jeruk, jeruk nipis, dan grapefruit, merupakan kelompok citrus yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit. Buah citrus kaya akan vitamin C yang menghaluskan dan mengencangkan kulit.

Enggak percaya? Buktinya vitamin C merupakan bahan utama yang sering digunakan pada krim kecantikan.  Menariknya lagi, vitamin ini juga bisa membantu memproduksi kolagen yang umumnya akan berkurang ketika kamu berusia 35 tahun. Berkurangnya kolagen inilah yang menimbulkan berbagai masalah pada kulit.

2. Labu

Buah yang satu ini mengandung beta carotene yang membuat buah ini berwarna orange. Nah, zat inilah yang bisa melindungi kulit dari sinar UV. Beta carotene sendiri juga bisa diubah tubuh menjadi vitamin A. Dengan kata lain, bukan cuma kulit saja yang merasakan manfaatnya, sebab vitamin A juga mampu menjaga kesehatan mata, tulang, dan sistem imun.

Baca juga:  5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Wajah Mulus dan Cerah

3. Stroberi

Menurut sebuah riset dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makanan yang kaya vitamin C, seperti stroberi, bisa membantu kulit memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat penuaan. Vitamin yang terkandung dalam stroberi ini juga bisa melembapkan kulit. Selain itu, ia juga bisa menetralkan radikal bebas akibat sinar UV, dan mendorong proses sintesis kolagen. Alhasil, elastisitas kulit pun semakin terjaga.

4. Jambu Biji

Kandungan bahan aktif dalam jambu biji, seperti vitamin dan antioksidan bisa membantu tubuh dalam proses regenerasi kulit dan menjaga keindahannya. Bila kita rutin mengonsumsi jambu biji secara teratur, kulit bisa menjadi lebih halus dan membuatnya jadi awet muda. Kok bisa?

Pasalnya, kandungan vitamin C dalam buah biji amat tinggi, bahkan jumlahnya empat kali lebih banyak dari satu buah jeruk. Enggak cuma itu, jambu biji juga mengandung vitamin A yang 10 kali lebih banyak daripada satu buah lemon. Selain vitamin A dan C, buah yang dapat menghaluskan kulit ini juga mengandung vitamin E yang bersifat sebagai antioksidan.

5. Tomat

Tomat mengandung lycopene (zat karotenoid yang membuat tomat berwarna merah) yang baik bagi kulit. Zat ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Seseorang yang mengonsumsi setidaknya 350 militer jus wortel setiap hari selama 10–12 minggu, memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami iritasi kulit akibat paparan sinar UV.

Nah, sudah tahu kan buah-buahan yang bisa membuat kulit jadi semakin mulus. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Baca juga: 7 Manfaat Rutin Menggunakan Masker Wajah

Nah, bagi kamu yang lebih tertarik menggunakan bahan alami ketimbang krim kecantikan untuk memperhalus kulit, bisa lho mengonsumsi buah-buahan di atas.

Mau tahu lebih jauh cara membuat kulit semakin mulus? Atau memiliki pertanyaan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!