• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Alasan Meriang Sebabkan Tubuh Dingin Meski Tidak Demam
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Alasan Meriang Sebabkan Tubuh Dingin Meski Tidak Demam

5 Alasan Meriang Sebabkan Tubuh Dingin Meski Tidak Demam

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 November 2022

“Meriang menyebabkan tubuh kedinginan disertai dengan demam, tapi perasaan menggigil nyatanya bisa muncul tanpa demam. Hal itu bisa disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari berolahraga dalam cuaca dingin hingga perasaan takut atau cemas.”

5 Alasan Meriang Sebabkan Tubuh Dingin Meski Tidak Demam5 Alasan Meriang Sebabkan Tubuh Dingin Meski Tidak Demam

Halodoc, Jakarta – Meriang merupakan istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi buat kamu. Istilah tersebut digunakan untuk menunjukkan kondisi tidak enak badan yang ditandai dengan demam ringan dan perasaan kedinginan hingga menggigil.

Menggigil atau perasaan kedinginan memang biasanya terjadi bersamaan dengan demam. Namun, seseorang juga bisa mengalami kedinginan meskipun tidak demam, lho. Lantas, apakah penyebabnya? Cari tahu jawabannya di sini.

Alasan Meriang Tanpa Demam

Pernahkah kamu menggigil kedinginan, tapi ketika diperiksa, suhu tubuh ternyata normal dan kamu tidak sedang demam. Meski membingungkan, nyatanya kondisi tersebut bisa terjadi. Ini alasan meriang tanpa demam:

1. Olahraga intensif dalam cuaca dingin

Bila kamu melakukan latihan intensif saat cuaca dingin, kamu mungkin akan merasa kedinginan saat selesai melakukan latihan tersebut. Hal itu karena tubuh menghasilkan panas ketika kamu berolahraga. Nah, ketika kamu berhenti berolahraga, suhu tubuh akan menurun, sehingga kamu akan merasa kedinginan, apalagi bila tidak menggunakan pakaian yang cukup tebal untuk menghangatkan tubuh setelah selesai berolahraga.

Melakukan olahraga intensif juga bisa mengganggu kemampuan seseorang untuk mengatur suhu tubuhnya. Ini berarti mereka bisa merasa kedinginan lebih dari yang seharusnya.

Jadi, segera ganti pakaian yang basah setelah berolahraga dengan pakaian yang bersih dan kering. Kenakan juga lapisan ekstra saat cuaca dingin agar badan tetap hangat.

2. Anemia

Meriang tanpa demam juga bisa disebabkan oleh anemia. Ini adalah kondisi kesehatan yang terjadi ketika seseorang tidak memiliki zat besi yang cukup dalam darahnya. Gejalanya yang paling umum, antara lain kelelahan, tampak pucat dan selalu merasa kedinginan. 

Anemia bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak baik, penyakit kronis atau pengobatan. Dibanding pria, wanita lebih berisiko mengalami kondisi ini. Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi atau suplemen zat besi bisa membantu mengatasi anemia.

3. Gula darah rendah

Hipoglikemia atau gula darah rendah juga bisa menjadi alasan di balik tubuh meriang tanpa demam. Pasalnya, saat tubuh tidak memiliki cukup gula, ia akan mencari cara lain untuk mendapatkan energi dan mengaktifkan berbagai hal.

Salah satu hal yang diaktifkan adalah sistem saraf simpatik. Ketika saraf ini aktif, bisa menghasilkan gejala seperti kedinginan, berkeringat, jantung berdebar, dan penglihatan kabur.

4. Malnutrisi

Malnutrisi terjadi ketika tubuh kekurangan nutrisi yang diperlukan. Seseorang bisa mengalami kondisi tersebut bila tidak mengonsumsi makanan yang bergizi dalam jumlah yang cukup. Hal ini bisa disebabkan akibat baik  tubuh tidak bisa menyerap nutrisi makanan dengan baik, atau akibat gangguan makan seperti anoreksia. 

anpa keseimbangan nutrisi yang tepat, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Akibatnya, sejumlah gejala bisa terjadi, termasuk kelelahan atau mengantuk, sulit berkonsentrasi, kulit pucat, meriang, pusing hingga pingsan.

5. Ketakutan atau kecemasan

Meriang juga bisa terjadi akibat reaksi emosional yang mendalam atau intens terhadap situasi. Emosi yang bisa menyebabkan kedinginan meski tidak demam adalah ketakutan atau kecemasan.

Mengigil juga bisa disebabkan oleh pengalaman yang sangat menyentuhmu secara positif, seperti mendengarkan nyanyian yang sangat indah atau kata-kata yang menginspirasi. Jenis reaksi emosional ini mungkin disebabkan oleh mekanisme neurobiologis yang memicu pelepasan dopamin yang merupakan neurotransmitter.

Itulah alasan-alasan di balik kondisi menggigil kedinginan meski tidak demam. Kalau meriang terjadi karena kamu sakit, kamu bisa cek obat dan vitamin yang kamu butuhkan untuk mengatasi penyakit tersebut melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Why do I have chills without a fever?.
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Causes for Chills Without Fever and Tips for Treatment.
Men’s Health. Diakses pada 2022. Why You Have Chills but No Fever