Ini 5 Pilihan Obat Panas Dingin yang Manjur di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Januari 2024

“Panas dingin yang terjadi bisa tubuh menjadi pertanda dari berbagai masalah kesehatan. Redakan dengan beberapa jenis obat, seperti Panadol, Tolak Angin Cair Plus Madu, Tolak Angin Flu, Antangin JRG, dan Sanmol Forte.”

Ini 5 Pilihan Obat Panas Dingin yang Manjur di ApotekIni 5 Pilihan Obat Panas Dingin yang Manjur di Apotek

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Panas Dingin di Apotek


Halodoc, Jakarta – Panas dingin adalah kondisi terjadinya perubahan suhu yang cepat atau kontras. Pengidap kondisi ini akan merasakan suhu panas pada tubuhnya, kemudian berubah menjadi dingin atau sebaliknya. 

Panas dingin dapat disebabkan oleh faktor lingkungan seperti perubahan cuaca atau paparan suhu yang berbeda secara tiba-tiba. Sensasi panas dingin juga juga bisa menjadi respons tubuh terhadap penyakit tertentu.

Ketahui beberapa rekomendasi obat panas dingin yang bisa kamu coba di bawah ini!

Pilihan Obat Panas Dingin di Apotek

Panas dingin dapat terjadi akibat virus, infeksi, dan penyakit lainnya. Saat kedinginan, otot-otot menjadi rileks dan berkontraksi. Gerakan tak sadar ini bertujuan untuk menghangatkan tubuh. 

Panas dingin sering kali terjadi bersamaan. Namun tidak semua orang yang mengalami demam juga akan menggigil. Jika hal ini terjadi, di bawah ini rekomendasi obat yang bisa kamu coba:

1. Panadol 500 mg 10 Kaplet

Rekomendasi obat panas dingin di apotek yang pertama adalah panadol. Obat ini mengandung paracetamol yang mampu meringankan rasa sakit yang menjadi pemicu panas dingin pada tubuh.

Panadol bekerja dengan di area pusat pengatur suhu otak (hipotalamus) untuk menurunkan suhu tubuh dan menghambat sintesis prostaglandin. Pada akhirnya, nyeri ringan hingga sedang dapat teratasi.

Setiap kaplet Panadol mengandung 500 mg paracetamol yang bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Namun, sebaiknya konsumsi sesudah makan jika kamu memiliki masalah pada pencernaan.

Rentang harga: Rp12.700 – Rp14.000 per strip.

Dapatkan Panadol 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Tolak Angin Cair Plus Madu 15 ml 5 Sachet

Tolak Angin Cair Plus Madu adalah sejenis obat panas dingin herbal yang mengandung kombinasi berbagai bahan herbal alami. Salah satu kegunaannya, yakni meringankan gejala masuk angin yang memicu panas dingin.

Tolak angin juga bermanfaat untuk membantu memelihara atau menjaga daya tahan tubuh. Obat ini bisa kamu minum saat perjalan jauh, kelelahan, dan kurang tidur, ketika kondisi masuk angin rentan terjadi.  

Rentang harga: Rp19.100 – Rp26.200 per box.

Dapatkan Tolak Angin Cair Plus Madu 15 ml 5 Sachet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Tolak Angin Flu 12 Sachet

Tolak Angin Flu 12 Sachet merupakan herbal terstandar yang diformulasikan khusus untuk mengatasi gejala-gejala flu, termasuk panas dingin. Selain itu juga dapat meringankan masuk angin dan memelihara daya tahan tubuh.

Tolak angin flu mengandung Oryza sativa 20%, Foeniculli fructus 10%, Isorae fructus 10%, Caryophylli folium 10%, dan Menthae arventis herba 10 %. Obat  panas dingin ini sebaiknya diminum setelah makan atau dicampur dengan air hangat.

Rentang harga: Rp46.400 – Rp56.100 per box.

Dapatkan Tolak Angin Flu 12 Sachet di Toko Kesehatan Halodoc.

Jika hanya mengalami demam saja, ini beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu konsumsi untuk meredakannya: Pilihan Obat Penurun Demam yang Ampuh untuk Orang Dewasa

4. Antangin JRG 4 Tablet

Antangin JRG adalah tablet herbal yang digunakan untuk membantu meredakan panas dingin akibat masuk angin, meriang, rasa mual, perut kembung, capek dan pusing serta melegakan tenggorokan.

Kandungan utamanya adalah jahe, royal jelly, dan ginseng. Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang berguna untuk membantu meredakan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sementara itu, royal jelly di dalamnya membantu meningkatkan energi dan stamina. Sedangkan ekstrak ginseng pada obat efektif meningkatkan energi, fokus, dan daya tahan tubuh.

Rentang harga: Rp3.400 – Rp4.100 per strip.

Dapatkan Antangin JRG 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Sanmol Forte 4 Table

Sanmol Forte 4 Tablet adalah pilihan obat panas dingin terakhir yang bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Obat ini mengandung 650 mg paracetamol sebagai bahan aktif pereda demam.

Sanmol Forte bekerja pada pusat pengatur suhu di hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh (antipiretik), serta menghambat sintesis prostaglandin sehingga dapat mengurangi nyeri ringan sampai sedang (analgetik).

Rentang harga: Rp2.900 per strip.

Dapatkan Sanmol Forte 4 Table di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu bisa mendapatkan rekomendasi obat-obatan di atas dengan praktis dan cepat melalui Toko Kesehatan Halodoc

Pastikan juga untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Why do I have chills without a fever?
Healthline. Diakses pada 2024. 7 Causes for Chills Without Fever and Tips for Treatment.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan