5 Buah-buahan Pengganti Cairan Tubuh Selama Berpuasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Buah-buahan Pengganti Cairan Tubuh Selama Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi buah-buahan menjadi salah satu hal yang cukup penting setelah kamu seharian berpuasa. Selain karena buah-buahan mengandung pemanis alami yang baik untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, ada juga beberapa jenis buah-buahan yang ternyata mengandung kadar air yang cukup tinggi dan sangat baik untuk mengganti cairan tubuh selama kamu menjalani ibadah puasa. Pasalnya, saat menjalani puasa, kekurangan cairan atau dehidrasi sangat mungkin terjadi.

Nah, jangan lewatkan beberapa buah di bawah ini dari menu buka puasa atau pun sahur kamu ya.

 

  • Semangka

 

Semangka memang termasuk salah satu buah-buahan yang mengandung air cukup banyak. Dalam satu buah semangka, nyatanya memiliki tingkat hidrasi 92 persen dibandingkan dengan air biasa. Selain mengandung air, dalam satu buah semangka juga terkandung 12 gram karbohidrat yang bisa membantu tubuh untuk menyerap cairan. Selain itu, semangka juga mengandung 173 miligram potasium yang bisa membuat tubuh kamu tetap terhidrasi.

 

  • Jeruk

 

Jeruk juga merupakan salah satu buah-buahan yang cukup banyak mengandung air. Biasanya, setelah kamu mengonsumsi jeruk saat berbuka puasa, rasa haus akan segera hilang karena kandungan air pada buah jeruk sebanyak 87 persen. Selain memiliki manfaat untuk mengurangi dehidrasi pada tubuh, jeruk ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker pada tubuh karena mengandung zat limonoid.

Vitamin C yang banyak terkandung pada jeruk juga bisa menjaga kesehatan kulit kamu selama kamu menjalankan ibadah puasa. Kulit kamu tetap lembap dan terhindar dari kulit kering. Selain itu, tingginya kandungan serat pada jeruk juga bisa menjaga sistem pencernaan kamu tetap baik selama menjalankan ibadah puasa.

 

  • Air Kelapa

 

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang cukup dicari oleh masyarakat saat berbuka puasa. Air kelapa sendiri merupakan cairan yang paling higienis dan memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Air kelapa memiliki tingkat hidrasi sebanyak 95 persen. Air kelapa mengandung sodium dan juga karbohidrat. Tentu akan menyegarkan sekali jika kamu berbuka puasa dengan air kelapa.

 

  • Mentimun

 

Siapa sangka mentimun menjadi buah yang banyak manfaatnya, salah satunya untuk mengurangi dehidrasi pada tubuh. Hampir seluruh daging mentimun terdiri dari air. Kadar air pada buah mentimun mencapai 96 persen, sehingga saat kamu berbuka puasa dan menikmati es mentimun, dijamin rasa haus atau dehidrasi kamu pasti langsung hilang.

Selain untuk menghilangkan rasa haus dan dehidrasi, mentimun juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan kamu. Air mentimun nyatanya juga bisa menghilangkan racun yang ada pada tubuh kamu. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada mentimun bisa menjaga sistem pencernaan kamu. Buah mentimun juga bisa mengurangi risiko gagal ginjal jika kamu mengonsumsi buah mentimun secara rutin.

 

  • Melon Kuning

 

Pasti segar sekali setelah seharian berpuasa dan kamu berbuka dengan menikmati melon kuning. Selain memiliki manis alami yang baik untuk kesehatan kamu, melon kuning juga memiliki kadar air sebanyak 90 persen. Nyatanya, buah ini sangat baik untuk mengganti cairan dalam tubuh kamu yang baru selesai berpuasa selama kurang lebih 12 jam. Tidak hanya mengandung air yang cukup tinggi, melon kuning juga mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mata kamu pada saat puasa.

(Baca juga: 6 Tips Atasi Kulit Kering & Kusam Selama Berpuasa)

Jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai buah-buahan pengganti cairan tubuh dan cara lainnya untuk mengembalikan cairan tubuh selama menjalani ibadah puasa, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!