22 October 2018

5 Cara Mengatasi Selulit

5 Cara Mengatasi Selulit

Halodoc, Jakarta – Munculnya selulit di kulit bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Meskipun lekukan (dimple) yang muncul di bawah kulit alias subkutan ini hanya berisi lemak, tapi banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya. Mulai dari cara alami hingga dengan prosedur medis.

Selulit sering muncul di bagian-bagian tubuh yang memiliki tumpukan lemak, seperti perut, pinggul, bokong, paha, dan tungkai bawah. Semakin banyak lemak yang berada di bawah kulit maka semakin besar kemungkinan selulit muncul. Dengan kata lain, selulit sangat rentan muncul di tubuh orang yang memiliki berat badan berlebih. Tapi pada dasarnya, bagaimanapun ukuran badan seseorang maka selulit akan tetap ada.

Kebanyakan wanita memiliki selulit di beberapa bagian tubuh, sekalipun orang yang memiliki tubuh langsing. Untuk mengusir selulit dari kulit pun bukan perkara mudah, tapi kamu bisa mencoba beberapa cara untuk menghilangkan garis-garis tersebut, lalu membuat kulit kembali terlihat mulus. Bagaimana caranya?

1. Berolahraga

Salah satu faktor pemicu selulit adalah lemak yang berlebih di bagian bawah kulit, maka cara menghilangkannya adalah dengan membuang sedikit tumpukan lemak tersebut. Cara paling aman dan ampuh untuk menghilangkan tumpukan lemak adalah dengan berolahraga. Tak hanya itu, rutin berolahraga juga bisa membuat otot tubuh menjadi kencang dan kulit pun menjadi lebih kencang. Dengan demikian, selulit akan berkurang dan kulit terlihat lebih mulus.

Salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk menghilangkan selulit adalah yoga. Yoga dengan melatih area tertentu. Namun, kamu tetap bisa mengombinasikan yoga dengan jenis olahraga lain untuk menjaga kebugaran tubuh dan menyamarkan tampilan selulit.

2. Makan Berserat dan Air Putih

Selain berolahraga, menghilangkan selulit juga bisa dilakukan dengan mengubah pola makan. Jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk mengatasi selulit adalah makanan sehat dan mengandung banyak serat. Sebuah studi menyebut bahwa orang yang mengonsumsi makanan sehat cenderung memiliki selulit lebih sedikit dibanding yang tidak makan sehat.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi lebih banyak adalah sayuran dan buah, seperti pisang, kiwi, stroberi, bayam, wortel, brokoli. Selain itu, rutin minum air putih juga bisa menjadi cara yang ampuh mengusir selulit di kulit.

3. Menggunakan Krim

Penggunaan krim juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini. Cobalah untuk mengoleskan krim yang memiliki kandungan retinol ke kulit. Krim yang mengandung retinol dapat memperbaiki tampilan dan tekstur kulit serta mengusir selulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, rutinlah mengoleskan krim ini setidaknya selama 6 bulan. Retinol akan membantu memperkuat lapisan luar kulit serta menutup bagian yang bergelombang di bawahnya. Agar lebih aman dan efektif, pastikan untuk selalu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan krim.

4. Penggunaan Laser

Salah satu prosedur yang bisa dilakukan untuk menghilangkan selulit adalah penggunaan laser atau frekuensi radio (RF). Tujuannya untuk menghangatkan kulit dari luar sehingga membuat permukaan yang memiliki selulit terlihat lebih halus. Namun, kamu perlu merogoh kocek lebih dalam jika ingin melakukan perawatan ini.

5.Operasi Cellulaze

Cara ini dilakukan untuk menangani selulit langsung ke sumbernya. Operasi cellulaze dilakukan untuk mengecilkan sel-sel lemak dan memotong bagian keras yang menyebabkan gumpalan selulit. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur ini, pastikan untuk melakukan diskusi dan pilihlah dokter bedah plastik yang bersertifikat.

Cari tahu lebih lanjut mengenai selulit di kulit dan cara mengatasinya dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan informasi kesehatan terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: